Advertorial

Memahami Gangguan Ketenagalistrikan Melalui Life On The Line

Kompas.com - 10/12/2018, 13:52 WIB
- -

“Kami memperbaiki kabel saat badai, tornado, hujan, angin, dan terik matahari. Kami harus melindungi jaringan listrik, meskipun nyawa taruhannya. Kami adalah pekerja di bidang ketenagalistrikan, itu adalah tugas kami. Moto kami adalah kau jaga saudaramu,” buka Beau Ginner yang diperankan oleh John Travolta di film Life On The Line.

Yap, film yang mengambil setting tempat di Amerika ini berkisah tentang sebuah perjuangan pekerja di bidang ketenagalistrikan. Mereka harus memperbaiki jaringan listrik, apapun kondisinya. Kalau di Indonesia semacam PLN gitu lah ya.

Ketika cuaca buruk, tidak jarang kita mengalami padam listrik. Seperti yang diceritakan dalam film ini. Mereka berusaha memperbaiki jaringan listrik yang terganggu akibat hujan badai. Nah, ini yang dinamakan dengan padam tidak terencana akibat gangguan.

Tentu tidak ada yang menginginkan hal itu terjadi. Perusahaan listrik di negara manapun pasti akan berusaha memperbaiki gangguan secepat mungkin. Tetapi, tentu melihat juga seberapa parah kerusakan jaringan listriknya.

Tetapi ketika cuaca baik-baik saja kadang kala terjadi padam listrik juga. Apa dong penyebabnya?

Yap, ketika cuaca baik tetapi terjadi padam listrik, berarti perusahaan listrik sedang mematikan jaringan listrik di daerah itu. Mereka melakukan perawatan dan perbaikan jaringan listrik. Ketika hal itu sedang dilakukan, para pekerja tentu harus dalam kondisi aman dong, maka dari itu jaringan listrik harus dimatikan. Hal itu yang dinamakan dengan gangguan terencana.

Sama seperti barang yang  kita miliki, tentu kita akan merawatnya agar bisa bertahan lama. Begitu juga dengan jaringan listrik yang harus selalu dirawat dan diperbaiki. Jadi, tidak ada salahnya ya kalau kita memberi sedikit waktu untuk para pekerja ketenagalistrikan memperbaiki jaringan listrik.

Nah, kalau di negara kita nih ya, apabila ada gangguan ketenagalistrikan, kita nggak perlu bingung-bingung lagi kemana harus melapor. PLN sudah mengakomodir segala jenis gangguan melalui PLN Mobile (bisa diunduh di Play Store dan App Store), Contact Center (kode area) 123, Website www.pln.co.id, Twitter @pln_123, Instagram @pln_id, dan Facebook PLN 123. Laporkan kejadian gangguan ketengalistrikan disekitar kita, yang tentu akan segera di respon oleh pegawai PLN.