4 Cara Merawat Mobil Ketika Musim Hujan Tiba - Kompas.com
Advertorial

4 Cara Merawat Mobil Ketika Musim Hujan Tiba

Kompas.com - 10/12/2018, 15:13 WIB
-- -

Semua orang tentu ingin agar mobilnya selalu awet. Jika mobil sampai rusak, maka mobilitas akan terganggu. Selain itu untuk memperbaiki mobil rusak, dibutuhkan biaya yang menguras rekening sehingga tentunya merepotkan.

Perawatan mobil menjadi lebih intensif ketik musim hujan tiba. Itu karena air hujan mengandung banyak garam yang bisa merusak mobil jika tidak dilakukan perawatan dengan semestinya.

Berikut ini adalah 4 cara untuk merawat mobil ketika musim hujan tiba:

1. Bilas mobil setelah kehujanan

Setelah menerjang hujan, jangan biarkan mobil tidak dibilas begitu saja.Air hujan yang mengandung garam dapat menyebabkan cat keropos atau menimbulkan karat.

Oleh karena itu, segera bilas mobil setelah menerjang hujan. Dengan begitu kandungan garam di air hujan akan segera meluruh sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada mobil.

2.Masukkan mobil kedalam garasi

Saat kemarau, mungkin tidak masalah jika menaruh mobil di luar garasi, asalkan kondisi lingkungan aman dari pencurian.Namun berbeda dengan musim hujan karena Anda harus memasukkan mobil kedalam garasi jika tidak dipakai.

Tentu merupakan kerugian jika mobil sudah dibersihkan kemudian kembali kehujanan karena tidak dimasukkan kedalam garasi. Jika mobil sudah ada di dalam garasi, tak perlu khawatir jika terjadi hujan deras tiba-tiba.

3. Cek mobil secara berkala

Pengecekan komponen mobil haruslah lebih sering dilakukan pada mobil yang kerap menerjang hujan. Beberapa bagian mobil yang tidak boleh terkena air bisa saja basah karena air bisa masuk kecelah-celah sempit sekalipun.

Oleh karena itu sebelum menimbulkan kerusakan, segera periksa bagian-bagian penting mobil setelah melewati hujan.

4. Beri karpet dalam kabin

Meski terlindung dari hujan, bukan berarti kabin mobil terlindung dari basah. Air masih bisa masuk kedalam, terutama dari alas kaki yang digunakan untuk berjalan menerjang hujan.

Maka dari itu, karpet dibutuhkan agar bagian kabin mobil tidak semakin basah karena alas kaki. Jangan lupa jemur dan keringkan karpet mobil jika cuaca sedang cerah untuk mencegah jamur.

Dengan menerapkan 4 cara perawatan tersebut, mobil akan semakin awet, terutama di musim hujan. Agar mobil semakin aman, lengkapi perlindungannya dengan asuransi.

Musim hujan yang identik dengan banjir sering membuat hati resah, Namun ternyata ada banjir yang tidak perlu Anda khawatirkan, yakni BANJIR BONUS dari BCA Finance, yaitu tambahan benefit asuransi gempa, banjir, dan Tanggung Jawab Hukum (TJH) sebesar Rp 10 juta

Promo BANJIR BONUS ini hanya berlaku untuk pengambilan mobil baru dibulan Desember dan berlaku untuk Asuransi Compreshenisve di tahun pertama.

Info selengkapnya, di website BCA Finance www.bcafinance.co.id dan sosial media Instagram @mybcaf atau kunjungi dealer dan kantor BCA Finance terdekat.