Advertorial

Peringati Hari AIDS Sedunia, BKKBN Adakan Seminar Nasional di Jayapura

Kompas.com - 10/12/2018, 19:16 WIB
-- -

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengadakan seminar nasional di Jayapura (22/11/2018) dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) yang diperingati setiap 1 Desember.

Seminar ini merupakan rangkaian pelaksanaan kegiatan kampanye promotif dan pereventif yang terintegrasi dengan Keluarga Berencana (KB) kepada masyarakat, meliputi keluarga, remaja, serta kader KB, sesuai panduan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIT ini bertemakan “Saya Berani, Saya Sehat” dan bertujuan meningkatkan pengetahuan, kesadaran, serta perilaku masyarakat tentang kesehatan reproduksi, terutama HIV AIDS.

Seminar ini juga melibatkan para kader yang mana diharapkan ke depannya akan semakin mampu memberikan informasi kesehatan reproduksi, terutama HIV AIDS kepada masyarakat.

Penyampaian itu bisa dilakukan melalui kelompok kegiatan seperti Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera, dan Pusat Informasi Konseling Remaja di sekitarnya.

Wujudkan three zero tahun 2030

-- -

Acara ini ditujukan untuk pencegahan dan pengendalian HIV Aids guna mewujudkan target three zero pada 2030. Target itu yakni tidak ada lagi penularan HIV, tidak ada lagi kematian karena AIDS, dan tidak ada stigma dan diskriminasi pada orang dengan HIV AIDS (ODHA).

Para remaja dan masyarakat akan mendapat tambahan pengetahuan dan informasi tentang kesehatan reproduksi, yakni risiko tertular HIV dan AIDS melalui penggunaan narkoba serta seks bebas.

Informasi yang tidak kalah penting adalah pentingnya menunda usia perkawinan dan KB sebagai landasan dalam menekan laju pertumbuhan penduduk serta membangun keluarga sekaligus menciptakan SDM berkualitas.

Apabila kekayaan alam Indonesia yang melimpah dikelola oleh SDM unggul dan berkualitas, tentunya Indonesia yang adil, makmur, serta sentosa akan dapat diwujudkan.

Topik seminar pertama adalah situasi terkini HIV AIDS di Indonesia dan upaya pencegahannya. Narasumber pada topik ini adalah KPA Provinsi. Kemudian topik kedua seputar HIV AIDS dengan narasumber Enok Henos Rumansara.

Sementara itu topik seputar perencanaan kehamilan bagi ODHA dengan narasumber Lily Wanane. Narasumber dari tokoh agama selanjutnya mengisi acara pada topik peran agama dalam pencegahan HIV AIDS.

Rangkaian acara peringatan Hari AIDS sedunia oleh BKKBN di Jayapura berlanjut pada hari selanjutnya, Jumat (23/11/2018). Bertempat di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi, digelar Senam Yosin Pancar dan Pelayanan KB MKJP dan Tes PAP Smear.