Advertorial

Interact: Platform Canggih Signify, Pengubah Cahaya Menjadi Data

Kompas.com - 12/12/2018, 13:52 WIB
- -

Sebagai pemimpin industri pencahayaan di dunia, Signify terus menunjukkan komitmennya dalam berinovasi untuk memberikan nilai tambah kepada konsumen. Pada era disrupsi ini misalnya, Signify ingin mengubah persepsi publik mengenai lampu.

Melalui teknologi IoT, perusahaan ini mampu menerjemahkan cahaya menjadi data yang berguna bagi konsumen sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas hidup.

Perusahaan yang dulunya bernama Philips Lighting ini resmi berganti nama menjadi Signify sejak Mei 2018. Nama baru yang dimiliki memungkinkan perusahaan untuk fokus pada IoT yang cepat atau lambat akan merebak di seluruh dunia.

“Sejak dulu kala, kita menggunakan cahaya untuk berkomunikasi, misalnya saja tanda SOS. Konsep itulah yang dihadirkan kembali ke produk-produk kami dengan memanfaatkan teknologi IoT dan jaringan pencahayaan yang ada,” ujar Country Manager Signify Indonesia, Sau Hong Lim pada pembukaan pameran City of Light di Senayan City, Jakarta (03/12/18).

Ia melanjutkan, dengan demikian definisi cahaya bukan hanya penerangan semata, tetapi lebih dari itu. Cahaya adalah bahasa pintar yang baru di era ini. Menurutnya Signify memiliki tiga layer sebagai acuan pengembangannya yakni produk, sistem, dan servis.

Tiap layer memiliki elemen tersendiri yang pada akhirnya terintegrasi dan menjadi sebuah ekosistem dari Signify. Ketiga layer ini memungkinkan Signify untuk dapat melakukan optimalisasi terhadap nilai-nilai yang dapat diberikan kepada konsumen.

Melalui platform bernama Interact, pengguna dapat mengakses dan melakukan manajemen data secara cepat dan praktis. Isu keamanan pun dijadikan prioritas pada Signify dalam menjamin data para pengguna.

Sejauh ini, Interact telah menghadirkan enam layanan esensial yang terdiri dari Interact Office, Interact Industry, Interact Landmark, Interact City, Interact Retail, Interact Sport, dan Interact Hospitality.

Manfaat layanan Interact

Misal pada layanan Interact Office, para pengguna mendapatkan insight dalam memprediksi cara seseorang menggunakan ruang kantor. Informasi mendalam itu nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan bagi sebuah kantor untuk melakukan penghematan energi.

Caranya penghematan itu adalah dengan mengoptimalkan penggunaan ruang kantor yang ada serta mendukung desain bangunan yang lebih baik. Dengan demikian, efisiensi dan efektivitas proses bisnis pun dapat tercapai.

Selain itu, data dari pihak ketiga yang diotorisasi juga dapat dianalisis melalui platform Interact.

Otoritas kota, artikel berita, hingga unggahan media sosial yang berbicara mengenai pemasangan pencahayaan di ruang publik pun dapat dianalisis dan disajikan secara komprehensif dalam dasbor Interact untuk merangkum sentimen masyarakat.

Di sisi lain, Interact Hospitality memiliki kegunaan tersendiri bagi manajemen hotel untuk meningkatkan pengalaman yang diterima oleh pengunjung, dan meningkatkan efisiensi pekerja.

Dasbor dari Interact akan memberikan informasi yang relevan bagi manajemen misalnya mengenai status kamar tamu, permintaan binatu dari tamu, hingga ke pengaturan suhu kamar.

- -

Terobosan Signify tidak hanya sebatas penggunaan data yang dihasilkan oleh lampu, tetapi juga produk Light Fidelity. LiFi adalah teknologi pencahayaan LED yang dapat menyediakan koneksi internet broadband melalui gelombang cahaya.

Teknologi nirkabel ini memiliki kecepatan tinggi dan lebih bermanfaat dibanding WiFi karena dapat digunakan pada tempat yang sensitif terhadap gelombang radio seperti rumah sakit. Bahkan jangkauan LiFi lebih kuat ketika digunakan pada ruangan bawah tanah.

Untuk menyajikan informasi lebih lanjut seraya merasakan pengalaman nyata bagaimana teknologi Interact memengaruhi kualitas hidup, Signify mengadakan pameran City of Light di Senayan City, Jakarta.

Pameran yang dibuka sejak tanggal 1 Desember 2018 hingga 13 Januari 2019 ini akan memukau pengunjung dengan permainan cahaya yang ditampilkan oleh berbagi stan ekshibisi dari Interact.