Advertorial

Lowongan Kerja Paling Dicari Tahun 2019

Kompas.com - 13/12/2018, 17:39 WIB
- -

Dunia kini tengah menyambut industri 4.0. Dimana teknologi informasi serta inovasi menjadi kebutuhan utama bergeraknya industri.

Terdapat lima teknologi utama yang menjadi penopang penerapan industri 4.0, yaitu Internet of Things, Artificial Intelligence, Human-machine interface, teknologi robotik dan sensor serta teknologi 3D printing.

Indonesia sendiri kini optimis untuk mengembangkan masyarakat serta teknologi dalam revolusi industri 4.0. Meskipun memang masih banyak aspek atau teknologi yang belum terjamah di Indonesia, namun kesiapan kita tetap penting.

Bicara industri, kira-kira profesi apa saja sih yang menjadi lowongan kerja yang paling dicari di era serba digital ini? Lalu lowongan kerja dengan profesi apa sajakah yang diprediksi akan mewarnai tahun 2019?

Full Stack Developer

Seorang Full Stack Developer adalah gabungan dari kedua posisi, yaitu Back End dan Front End. Seorang Full Stack Developer harus memahami kedua aspek tersebut untuk menciptakan suatu produk yang baik.

Lowongan kerja Full Stack Developer akan menjadi salah satunya yang paling dicari. Perusahaan startup adalah salah satunya yang selalu mencari Full Stack Developer. Jadi, kalau kamu tertarik bekerja dengan atmosfir yang lebih santai namun kerja cepat, bersiaplah! Karena kamu bisa jadi salah satunya!

Tapi apa saja ya yang harus disiapkan untuk menjadi Full Stack Developer?

Pada bagian Front End seorang Full Stack Developer harus menguasai HTML, CSS, dan JavaScript. Pada bagian Back End seorang Full Stack Developer harus menguasai LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP) atau MEAN (MongoDB, Express.js, AngularJS, Node.js)

Data Scientist

Lowongan kerja Data Scientist kian meningkat dari tahun 2018 hingga menyambut 2019 ini. Peran seorang Data Scientist sangatlah krusial dalam pengelolaan data bank suatu perusahaan. Namun sayangnya permintaan tenaga kerja Data Scientist tidak sejalan dengan adanya talenta Data Scientist itu sendiri di Indonesia.

Apa saja sih yang dilakukan seorang Data Scientists?

Data Scientists adalah seseorang yang dapat memanfaatkan kemampuan menganalisa, pemrograman dan statistikal untuk menafsirkan sebuah data dalam jumlah besar.  Ada beberapa hard skill yang harus dimiliki, seperti halnya; kemampuan menggunakan bahasa pemrograman (R, Python, SQL, dsb), pola pikir analitikal dan juga solutif, kemampuan membuat data architecture, dll

Digital Marketer

Trend ini sudah berlangsung cukup lama dan masih menjadi salah satu lowongan kerja yang paling dicari - Digital Marketer adalah jawabannya. Profesi ini membutuhkan seseorang lifetime learner yang selalu update dengan trend serta lanskap dari Digital Marketing itu sendiri (terutama di Indonesia) mampu berpikir analitis serta kreatif serta mampu menggunakan sejumlah tools digital.

Seorang Digital Marketer bertanggung jawab dalam merancang, mengimplementasikan dan mengelola berbagai kampanye marketing. Tools yang biasanya digunakan seorang Digital Marketer dalam melakukan analisa kampanye adalah Google Analytics.

Mobile Developer

Kamu tentu paham kalau saat ini generasi kita memiliki ketergantungan dengan penggunakan aplikasi mobile dalam smartphone. Jadi ‘gak heran juga kalau profesi ini menjadi salah satu lowongan kerja paling dicari pada tahun 2019. Tugas seorang Mobile Developer tentunya adalah untuk merancang suatu aplikasi mobile dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Seperti; C++, Python, Java, dsb

Product Designer

Nah, kalau tadi kita udah bahas dari segi pemrograman suatu aplikasi, tentunya tidak akan luput dari desainnya juga. Profesi ini mungkin masih kurang terdengar gaungnya di Indonesia, tapi akan menjadi salah satu lowongan kerja yang akan tapi kalau kamu tahu soal UI/UX - Product Designer bukanlah profesi yang asing lagi.

Product Designer sendiri belum memiliki definisi yang masih sangat dinamis, namun salah satu tugas utamanya adalah untuk merancang suatu aplikasi sehingga user nyaman dengan aplikasi tersebut, pernah dengar istilah user friendly? Eits, tidak hanya itu saja, seorang Product Designer juga harus memiliki kemampuan untuk paham dari segi bisnis, yang mencakup development costs hingga customers dan investor.

Dan masih banyak lagi lowongan kerja lainnya yang akan menjadi trend dari aspek teknologi. Apakah kamu sudah membekali dirimu sendiri untuk berkarir pada tahun 2019? Kalau saat ini kamu masih mencari pekerjaan kamu bisa cek ke #JobSearchisSelfLove. Dengan mencari lowongan kerja dan melamar di sana, kamu berkesempatan untuk mendapat hiring bonus sebesar IDR 500.000. Wah sepertinya patut dicoba ya!