Advertorial

Agar Tagihan Listrik Tetap Hemat, Ini Tips Memilih AC untuk Rumah Tangga Baru

Kompas.com - 17/12/2018, 11:14 WIB
- -

Saat memulai berumah tangga, sudah pasti rumah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindari. Meski belum membeli rumah baru, sudah pasti pasangan suami-istri baru harus mandiri dan keluar dari rumah orangtua mereka. Selain membeli rumah, menyewa apartemen atau menyewa rumah mungil pun dapat menjadi solusinya.

Dengan pindah ke hunian yang baru, tentu saja pengeluaran akan tinggi. Hal ini dikarenakan Anda mulai mengisi rumah dengan berbagai kebutuhan rumah tangga termasuk alat elektronik. Salah satu yang harus dan pasti dibeli adalah air conditioner (AC).

Sebelum memutuskan membeli AC, tips berikut dapat jadi panduan untuk mendapatkan pilihan paling sesuai :

  1. Tentukan besaran PK secara tepat

    Coba Anda ukur berapa luas ruangan yang akan dipasang AC di rumah. Tentu saja ini berkaitan dengan ukuran PK yang tepat. Jika ruangan luas tentu membutuhkan PK yang besar, sebaliknya dengan ruangan yang kecil cukup dengan PK kecil. Jika terbalik, tentu akan membuang energi listrik dengan sia-sia.

    Dalam menentukan besaran PK, Anda dapat mengacu pada British Termal Unit (TBU). Caranya kalikan panjang dan lebar ruangan dalam satuan meter dengan 500 (besaran baku BTU). Contohnya kamar berukuran 3x4 meter, 3 x 2 x 500 = 3.000 BTU.

    Jika hasil penghitungan di bawah 5.000 BTU, tandanya AC dengan ½ PK ialah yang ideal. ¾ PK ideal untuk 7.000 BTU, 1 PK untuk 9.000 BTU, 1 ½ PK untuk 12.000 BTU, dan 2 PK untuk 18.000 BTU.

  2. Pilih AC inverter yang hemat listik

    AC inverter kini semakin menjadi pilihan bagi para pasangan muda. Ini dikarenakan AC dengan teknologi ini mampu menghemat listrik dibandingkan AC dengan kompresor biasa.

    AC jenis lain atau biasa disebut AC standard menggunakan kompresor yang menyala dan mati berulang kali setiap pemakaian untuk menjaga tingkat kesejukan. Saat suhu mencapai yang ditetapkan, kompresor akan otomatis mati.

    Ketika suhu ruang beranjak naik pada derajat tertentu, kompresor kembali menyala. Biasanya hal ini mudah dikenali dengan bunyi khas pada AC. Proses nyala dan mati berulang ini menyebabkan AC mengkonsumsi listrik lebih besar tiap kali menyalakan kembali kompresornya.

    Beda dengan AC inverter, kompresornya terus menyala. Saat mencapai suhu yang ditetapkan, kecepatan geraknya saja yang melambat. Ketika suhu ruang beranjak naik pada derajat tertentu, kompresor kembali menyesuaikan kecepatan geraknya untuk mempertahankan suhu ruang.

    Sistem kerja inilah yang membuat penggunaan listrik lebih hemat. Dengan menggunakan AC inverter di rumah, Anda mampu menekan tagihan listrik rumah tangga karena secara otomatis AC ini menjalankan mode hemat energi. Keuntungan tambahannya, AC inverter cenderung lebih senyap.

  3. Hitung daya listrik rumah

    Poin yang tak kalah penting, perhatikan kapasitas daya listrik hunian. Dengan terbatasnya kapasitas daya listrik, Anda harus lebih bijak dalam menggunakan alat elektronik, termasuk AC. Misalnya dengan bergantian menggunakan perangkat elektronik. Seperti saat AC menyala, mungkin Anda harus menunda kegiatan menonton TV atau pun mencuci pakaian.

    Memang hal ini menimbulkan keribetan tersendiri. Tak jarang, soal prioritas kegiatan mana yang harus didahulukan jadi pilihan sulit untuk dibuat.

    Untuk mengatasi hal ini, AC LG DUAL COOL with Watt Control bisa menjadi pilihan solusinya. Hadir dari sebagai AC inverter terbaru LG, AC ini dilengkapi fitur unik bernama Watt Control.

    Wujudnya berupa empat opsi besaran daya listrik yang digunakan untuk mengoperasikannya. Anda dapat mengatur AC LG DUAL COOL with Watt Control dengan konsumsi daya listrik 100 persen, 80 persen, 60 persen, hingga beroperasi hanya dengan 40 persen kebutuhan listrik seharusnya.

    Misalnya Anda memiliki AC LG DUAL COOL with Watt Control 1/2 PK dengan daya listrik 495 Watt. Menyetelnya untuk aktif dengan 80 persen daya listrik, cukup dengan satu kali tekan pada tombol khusus di remote control, akan membuat Anda mampu menghemat daya sebesar 76 watt. Penghematan ini setara dengan kebutuhan bagi 1 unit TV LED 32 inci.

    Sementara mengaturnya pada konsumsi watt 60 persen, akan membuat AC LG DUALCOOL with Watt Control menyala dengan 312 watt. Penghematan 183 watt setara dengan rata-rata daya listrik yang dibutuhkan pada mesin cuci top loading berkapasitas 7 kilogram.

    Mengoptimalkan penghematan listrik pun dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan perubahan suhu lingkungan. Saat suhu sekitar cenderung sejuk atau ketika malam hari menjelang tidur misalnya.

    Mengatur AC LG DUALCOOL with Watt Control untuk aktif dengan daya listrik lebih rendah akan memberi kenyamanan setara dengan mengaktifkannya dengan 100 persen daya listrik. Hasilnya, tanpa mengorbankan kenyamanan, Anda tetap dapat menghemat listrik.

    Penasaran dengan AC LG DUAL COOL with Watt Control? Silakan klik tautan berikut untuk detail lengkap berikut dengan penawaran spesialnya. (ADV)