Advertorial

5 Panduan Mudah Beli Tiket Kereta Api untuk Liburan Tahun Baru

Kompas.com - 20/12/2018, 10:09 WIB

Sampai hari ini, peminat kereta api untuk perjalanan liburan tahun baru terus meningkat. Moda transportasi ini tetap menjadi andalan orang-orang yang mengutamakan efisiensi biaya, namun tak ingin mengorbankan kenyamanan dan ketepatan waktu perjalanan.

Guna menyambut tahun baru yang akan tiba kurang dari 30 hari lagi, mari bekali diri dengan panduan berikut demi kemudahan lebih saat beli tiket kereta api.

1. Tetapkan destinasi

Inilah langkah pertama yang harus Anda ambil sebelum menyiapkan hal lainnya. Tetapkan dulu destinasi yang ingin Anda kunjungi dalam liburan tahun baru kali ini, termasuk destinasi alternatifnya. Hal ini penting untuk memudahkan Anda menentukan hari keberangkatan dan persiapan lainnya. Dengan mengetahui destinasi pasti, Anda juga bisa menentukan titik keberangkatan terbaik, termasuk pilihan kelas kereta yang ingin digunakan. Untuk destinasi yang terbilang dekat dari kota asal, misalnya, Anda bisa beli tiket kereta api kelas Ekonomi saja demi menghemat biaya.

2. Cek jadwal dan harga tiket kereta api di OTA

Setelah mengetahui pasti destinasi impian Anda, segera lakukan pengecekan jadwal dan harga tiket kereta melalui OTA yang ada. Traveloka bisa menjadi rujukan yang baik karena OTA lokal ini menawarkan layanan tiket kereta api yang mudah digunakan, lengkap, serta praktis. Anda dapat melakukan pengecekan tersebut dalam hitungan detik tanpa harus berpindah tempat. Apalagi Traveloka sudah tersedia dalam bentuk aplikasi ponsel, Traveloka App. Pengecekan pun bisa Anda lakukan kapan saja, di mana saja, dalam genggaman sendiri.

3. Beli tiket dari sekarang

Dari hasil pengecekan jadwal dan harga tiket kereta api, tentu Anda sudah bisa menentukan waktu terbaik untuk melakukan perjalanan. Jika demikian, langsung saja beli tiket kereta api dari sekarang. Pemesanan tiket kereta api memang tersedia sejak H-90 keberangkatan. Namun, karena tahun baru sudah tinggal beberapa minggu lagi, maka hari ini adalah waktu terbaik untuk membelinya agar tiket tidak keburu habis atau naik harga. Kalaupun tidak sekarang, lakukan pembelian selambat-lambatnya H-7.

4. Pertimbangkan kereta lanjutan

Apabila tiket kereta yang diinginkan sudah habis, harganya tidak sesuai bujet, atau jadwal perjalanannya tidak tersedia, Anda bisa memilih kereta lanjutan. Kereta lanjutan akan mencapai tujuan yang sama dengan menggunakan jalur, jumlah kereta, dan jadwal berbeda. Sisi baiknya, perjalanan dengan kereta lanjutan memberikan Anda kesempatan untuk singgah sejenak di beberapa kota lain (untuk berganti kereta) sebelum tiba di tujuan akhir. Saat ini, tiket kereta lanjutan juga sudah tersedia di Traveloka.

5. Maksimalkan fitur canggih yang ada di OTA

OTA populer biasanya menyediakan berbagai fitur canggih untuk memudahkan pembelian tiket. Traveloka pun demikian. Ada banyak fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat proses beli tiket kereta api menjadi lebih praktis, bahkan berharga murah. Fitur tersebut antara lain Passenger Quick Pick, Notifikasi Kursi, My Card, TravelokaPay, dan PayLater. Beberapa fitur yang tersedia hanya dapat digunakan oleh pemilik akun Traveloka. Karenanya, pastikan Anda sudah membuat akun sebelum beli tiket kereta api di Traveloka.

Dengan lima langkah mudah di atas, Anda bisa membuat persiapan liburan tahun baru menjadi lebih cepat, terarah, dan efektif. Selanjutnya, Anda tinggal menanti hari tersebut tiba untuk menikmati momen berharga bersama orang-orang terdekat. Sekarang momennya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.