Advertorial

Boleh Saja Ajukan Pinjaman Online, asal Berada dalam 5 Kondisi Ini

Kompas.com - 26/12/2018, 14:10 WIB

Pinjaman dana tunai tanpa jaminanmerupakan salah satu produk finansial yang cukup diminati. Selain karena nasabah tidak perlu memberikan aset untuk diagunkan, proses pencairannya yang cepat dan mudah juga menjadi alasan mengapa produk satu ini banyak dicari.

Semakin dewasa nanti, semakin beragam pula kebutuhan seseorang. Tak menutup kemungkinan, akan ada saatnya kamu harus mengajukan pinjaman dana tunai tanpa jaminan, baik melalui lembaga konvensional seperti bank, maupun melalui fintech yang kini sedang menjamur di Indonesia, seperti Kredivo salah satunya.

Namun, sebelum itu pastikan terlebih dahulu bahwa keputusan finansial yang diambil sudah tepat. Artinya, alasan yang mendasari kamu mengajukan pinjaman harus logis dan masuk akal. Jangan sampai pinjaman tersebut digunakan untuk kebutuhan konsumtif, yang ujungnya malah bisa merugikan dirimu sendiri.

Jika kamu berada dalam lima kondisi seperti di bawah ini, maka sah-sah saja untuk mengajukan pinjaman dana tunai tanpa jaminan:

Biaya pernikahan masih kurang

Pesta pernikahan memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Meskipun sudah seharusnya biaya resepsi pernikahan dipersiapkan dari jauh-jauh hari, tapi tak jarang terjadi, modal yang sudah terkumpul belum menutupi keperluan yang ada.

Apalagi biaya pernikahan kerap meningkat seiring dengan naiknya harga kebutuhan lain. Untuk mengatasi ini, tak masalah jika memanfaatkan fasilitas pinjaman untuk menambal kekurangan dana. Namun, hitung kembali cicilan yang harus dibayar, serta pastikan kamu mampu membayarnya setelah pesta digelar.

Anggota keluarga mendadak jatuh sakit

Sakit bisa menghampiri siapa saja tanpa diprediksi sebelumnya. Apabila sakit yang diderita membutuhkan tindakan seperti operasi, pastinya akan memakan biaya besar. Apalagi jika pihak yang sakit tidak dilindungi asuransi kesehatan. Dalam keadaan mendesak seperti ini, memanfaatkan pinjaman dana tunai tanpa jaminan sangat disarankan.

Modal bisnis masih kurang

Besar atau kecil usaha yang mau dibangun, modal berupa dana merupakan satu hal yang tak bisa dilupakan. Jika tak ada modal, maka bisa-bisa rencana bisnis tak kunjung dijalankan. Apabila kamu terkendala dana, maka sah-sah saja untuk menambah modal dari pinjaman dana tunai tanpa jaminan. Namun, sebelum mengajukan pinjaman buat perhitungan yang matang dengan proyeksi arus. Dari sana, kamu bisa mengetahui berapa jumlah dana yang bisa dipinjam, dan kapan kamu bisa mengembalikan dana tersebut.

Rumah harus segera direnovasi

Rumah mulai bocor di sana-sini? Di musim hujan seperti ini, kebutuhan tersebut tidak bisa ditunda lagi. Bukan hanya karena mengganggu, air yang merembes ke dinding juga bisa merusak bangunan rumahmu. Jika hal ini terjadi ketika kondisi keuanganmu sedang tidak mendukung, maka tak ada masalah untuk mengajukan pinjaman tunai.

Membantu biaya pendidikan

Pendidikan merupakan sebuah barang mahal di Indonesia, terutama untuk jenjang perguruan tinggi. Memang, ada beasiswa yang bisa menjadi solusi, tetapi tak semua orang bisa mendapatkannya. Jangan sampai karena kekurangan dana, kamu harus menunda untuk mengenyam pendidikan. Untuk mengatasinya, gunakan fasilitas pinjaman tunai sebagai solusi yang tepat.

Kredivo, layanan pinjaman tunai untuk segala kebutuhan

Salah satu perusahaan yang bisa memberikan layanan pinjaman tunai tanpa jaminan adalah Kredivo. Melalui fasilitas pinjaman tunai Kredivo, kamu bisa mendapatkan pinjaman tanpa perlu memberikan jaminan apapun. Proses pengajuan pun hanya memakan waktu satu hari.

Untuk mengajukan pinjaman tunai di Kredivo, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah terdaftar sebagai pengguna akun Cicilan Kredivo. Berikut cara pendaftarannya:

  1. Install aplikasi Kredivo melalui Google Play Store atau App Store
  2. Pilih opsi “Cicilan”
  3. Unggah foto KTP (pastikan foto jelas dan bisa terbaca)
  4. Sambungkan akun e-commerce dengan riwayat transaksi
  5. Sambungkan akun internet banking sebagai bukti penghasilan (jika memilih Cicilan Express)
  6. Atau unggah foto KK & STNK serta slip gaji & rekening koran (jika memilih Cicilan Reguler)
  7. Tunggu konfirmasi approval paling lambat dalam 1×24 jam.

Apabila sudah terdaftar, maka kamu bisa langsung mengajukan pinjaman tunai. Terdapat dua jenis pinjaman pada fitur Pinjaman Tunai yang bisa dipilih:

- Mini: limit mulai Rp 500.000 – Rp 3.000.000 dengan tenor 30 hari

- Jumbo:limit mulai Rp 1.000.000 – Rp 30.000.000 dengan tenor 3 & 6 bulan

Jangan khawatir, seluruh bunga dan biaya yang dikenakan akan diperlihatkan pada simulasi pinjaman nantinya. Jadi, tidak ada biaya yang disembunyikan. Jika dibandingkan dengan bunga pinjaman online lainnya yang bisa mencapai 1 persen per hari, bunga Kredivo adalah yang paling rendah.

Setelah akun Cicilan disetujui, kamu bisa langsung mengajukan pinjaman tunai melalui aplikasi Kredivo. Nantinya, dana akan dikirimkan ke rekening dalam waktu satu hari kerja setelah pengajuan pinjaman dilakukan.

Setelah mendapatkan dana pinjaman, pastikan kamu menjaga kedisiplinan dalam membayar angsuran. Pastikan juga besaran cicilan tidak lebih dari 30 persen dari pendapatanmu setiap bulan agar nantinya tidak menjadi beban yang tidak mampu terselesaikan. Nah, tunggu apalagi? Yuk, daftar Kredivo sekarang! (Adv)

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.