Advertorial

Menengok Sedihnya Laut yang Tercemar Lewat Akuarium Sampah Sea World Ancol

Kompas.com - 27/12/2018, 09:41 WIB
- --

Air merupakan faktor penting dalam kehidupan makhluk hidup di muka bumi. Sebanyak 70,8 persen permukaan bumi pun tertutupi oleh air dalam bentuk lautan. Namun sayangnya, kini kondisi laut semakin tercemar akibat ulah manusia.

Penggunaan plastik adalah salah satu penyebab utama pencemaran laut. Menurut data PBB, setiap tahunnya sebanyak 5 triliun kantong plastik digunakan di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 13 ton berakhir sebagai sampah plastik yang mencemari lautan. Akibatnya, diperkirakan 100 ribu hewan laut terbunuh setiap tahunnya.

Kondsisi ini semakin mengkhawatirkan mengingat sampah plastik waktu hingga 100 tahun agar sampah plastik dapat terurai. Sebuah sumber bahkan menyebutkan pada tahun 2050 mendatang akan ada lebih banyak plastik daripada ikan di lautan. Menanggapi hal ini, Sea World Ancol sebagai salah satu tempat rekreasi edukasi bertema kelautan mengajak para pengunjungnya untuk menyadari bahaya sampah plastik bagi kehidupan laut lewat instalasi dan pertunjukan di akuariumnya.

-- -

Para pengunjung bisa melihat instalasi bertema akuarium sampah ini di Sea World Ancol. Tak seperti akuarium lain yang ada, akuarium ini diisi dengan sampah yang biasa ditemui di lautan. Kantong, plastik, botol plastik, hingga kaleng bekas pun menghiasi akuarium yang harusnya berisi biota laut itu. Hal ini menggambarkan kondisi laut yang begitu memprihatinkan akibat ulah manusia yang tak bertanggung jawab.

-- -

Selain akuarium sampah, Sea World Ancol pun memanfaatkan sampah plastik sebagai dekorasi. Sampah plastik itu disulap menyerupai hewan ubur-ubur yang seringkali tersamar oleh sampah plastik. Sebagai bagian dari rantai makanan, ubur-ubur merupakan makanan dari berbagai jenis hewan laut. Namun sayangnya, kini laut telah tercemar oleh sampah plastik yang mirip dengan ubur-ubur. Akibatnya, banyak hewan laut pemangsa ubur-ubur yang memakan sampah plastik dan akhirnya mati.

-- -

Para pengunjung pun bisa menikmati pertunjukan khusus di akuarium utama Sea world yang menampilkan aksi para diver. Mengangkat isu pencemaran laut, para diver menghadirkan aksi Raja laut yang menumpas Monster Sampah dan mencegahnya merusak lautan. Dengan pertunjukan ini, para pengunjung bisa belajar tentang pentingnya menjaga lautan dengan cara yang menghibur. Kunjungi Sea World Ancol untuk berekreasi sekaligus menumbuhkankepedulian akan lingkungan dan makhluk hidup lainnya.