Advertorial

Traveling Tanpa Khawatirkan Bujet, Ini 5 Cara Gampangnya

Kompas.com - 27/12/2018, 11:54 WIB

Punya mimpi traveling ke tempat-tempat eksotis di Indonesia? Atau punya mimpi jalan-jalan bareng keluarga ke tempat seru? Semua mimpi itu tentu sangat menyenangkan bila terwujud.

Sayangnya, tidak semua orang punya kesempatan untuk memenuhi impian itu. Namun untungnya, impian tersebut bisa dicapai tanpa menguras bujet dengan mengikuti 5 cara berikut ini:

1. Freelance pemandu wisata

Menjadi pemandu wisata freelance merupakan salah satu profesi yang cukup menjanjikan bagi para milenial. Betapa tidak, kamu justru akan dibayar untuk traveling.

Namun menjadi pemandu wisata freelance perlu persiapan. Kamu tidak bisa serta merta menjadi pemandu jika minim pengetahuan. Oleh karena itu, coba dalami proses riset soal destinasi wisata. Caranya mudah, cukup gabung ke forum traveling online saja.

2. Hangout dengan para traveler

Riset secara online saja tidak cukup. Kamu juga perlu bergabung dengan komunitas traveler untuk mendalami pengetahuan. Jangan ragu dan jangan takut untuk bertanya banyak hal kepada para traveler. Termasuk cara menekan budget saat traveling.

Dengan hangout bersama para traveler, bukan tidak mungkin kamu mendapatkan job sebagai pemandu wisata freelance. Kamu bisa saja diajak untuk berbagi akomodasi saat traveling yang tentunya sangat menekan bujet.

3. Cari tahu promo kartu kredit

Kartu kredit memang punya banyak fungsi. Satu hal yang paling menarik minat traveler untuk memiliki kartu kredit adalah banyaknya penawaran promo. Seringkali tiket perjalanan yang dibeli memakai kartu kredit akan dikenai diskon sebesar 10-20 persen.

Hotel dan atraksi wisata pun demikian. Sayangnya, kartu kredit juga punya beberapa kekurangan. Contohnya, tidak semua orang memenuhi syarat untuk memilikinya.

4. Nikmati layanan keren di aplikasi pemesanan tiket

Saat ini, kamu bisa menggunakan aplikasi pemesanan tiket untuk mendapatkan berbagai layanan menarik, salah satunya adalah aplikasi Traveloka. Aplikasi satu ini memang sering mengadakan promo-promo menarik dengan harga yang menggiurkan.

Tak hanya itu, kini Traveloka juga menyediakan layanan yang memanjakan kamu ketika tanggal tua. Kamu sekarang bisa menikmati pinjaman online dari Traveloka PayLater.

Lewat fitur PayLater, kamu bisa membeli tiket pesawat, atraksi wisata, dan hotel tanpa perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu. Kamu pun bisa mencicil biaya traveling tanpa perlu apply kartu kredit terlebih dahulu.

Cukup ajukan ke permohonan ke Traveloka. Apabila disetujui, maka kamu sudah bisa langsung traveling. Soal pembayaran, kamu hanya perlu transfer setiap bulan saja. Mudah bukan?

Fitur ini akan sangat berguna bagi mereka yang tidak ingin atau tidak bisa memiliki kartu kredit. Jika tidak ingin merusak rencana tabungan, layanan PayLater juga akan sangat bermanfaat.

5. Rajin mengikuti Travel Fair

Travel Fair semakin hari semakin menarik untuk dikunjungi. Ratusan tenant yang terdiri dari travel operator dan travel agent itu terus menawarkan berbagai paket wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Beberapa maskapai bahkan menawarkan harga yang terlalu menggiurkan. Jadi, kalau kamu ingin menekan bujet, wajib hukumnya untuk datang ke Travel Fair. Hanya saja, jangan lupa datang sejak awal karena kamu harus berjibaku untuk menjadi yang pertama.

Itu lah lima cara yang bisa dilakukan agar dapat traveling dengan bujet minim. Tidak perlu sungkan atau gengsi karena yang terpenting adalah kebahagiaan di atas segalanya. Jadi, mau traveling ke mana akhir tahun ini?

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com