Advertorial

Teknologi dari Microsoft Bantu Bisnis F&B Saat Musim Liburan

Kompas.com - 27/12/2018, 19:16 WIB

Pada triwulan pertama tahun 2018, industri makanan dan minuman telah menunjukkan peningkatan sebesar 12,7 persen. Hal ini tak lepas dari antusiasme konsumen dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Tren positif serupa pun terjadi jelang liburan Natal dan tahun baru. Tahun ini industri makanan dan minuman diprediksi bakal tumbuh sebesar 8 hingga 9 persen sampai akhir tahun 2018.

Kondisi ini tentu membuka peluang manis bagi para pengusaha di bidang makanan dan minuman. Kecenderungan konsumen untuk berkumpul dan makan di luar bersama kerabat dan keluarga saat momen liburan membuat permintaan terus naik. Tak hanya itu, hobi ‘nongkrong’ dan menyetok makanan pun berkontribusi dalam pertumbuhan ini.

Di sisi lain, meningkatnya permintaan ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pengusaha makanan dan minuman. Menjaga agar permintaan terus terpenuhi tanpa mengorbankan kualitas hanyalah satu dari sekian banyak konsekuensi yang harus dihadapi.

Beruntungnya, perkembangan bisnis ini berjalan beriringan dengan kemajuan teknologi informasi.  Nyatanya, bisnis makanan dan minuman pun dapat memanfaatkan sistem teknologi berbasis cloud. Beberapa bentuk layanan yang banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis makanan dan minuman saat ini adalah Office 365 yang sudah dilengkapi fitur-fitur yang membantu kegiatan operasional sehari-hari.  Sebut saja Office 365 Business Premium yang memberikan layanan aplikasi Microsoft Office berbasis cloud berupa Word, Excel, PowerPoint, OneNote dan Access (untuk PC). Paket layanan ini juga sudah termasuk Outlook mailbox sebesar 50 GB, OneDrive dengan kapasitas hingga 1 TB, SharePoint, dan Microsoft Teams.

Dengan berlangganan Office 365 Business Premium, pelaku bisnis makanan dan minuman akan mendapatkan aplikasi kolaborasi terbaru dari Microsoft yaitu Microsoft Kaizala yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dan memantau pekerjaan karyawan baik di dalam atau di luar restoran. Layanan Office 365 Business Premium tersedia dengan harga Rp 156.400 per pengguna (maksimal 300 pengguna) setiap bulan dengan komitmen berlangganan selama satu tahun.

Sebagai pemilik bisnis makanan dan minuman, Anda dapat menyimpan resep rahasia makanan dan minuman Anda dengan aman di OneDrive. Selain itu, aplikasi seperti PowerPoint juga dapat memudahkan Anda untuk mendesain buku menu Anda. Perencanaan pun semakin mudah dengan Digital Notebook atau OneNote yang dapat digunakan untuk mencatat dan meracik menu baru restoran Anda.

Di era yang serba cepat dan penuh persaingan ini, pemanfaatan teknologi digital dalam bisnis adalah hal yang mutlak dilakukan. Dengan aplikasi berbasis cloud yang bisa digunakan di tablet dan smartphone, teknologi modern dari Microsoft membantu bisnis makanan dan minuman untuk berinovasi dan mengantisipasi melonjaknya permintaan saat musim liburan agar bisnis tetap berjalan dengan lancar. Inilah solusi Microsoft yang hadir lewat paket Microsoft Office 365 untuk membantu para pelaku UKM di Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com