Advertorial

Pentingnya Teknologi Pengelolaan Data di Era Revolusi Industri 4.0

Kompas.com - 30/12/2018, 15:32 WIB

Indonesia kini telah memasuki era Revolusi Industri 4.0 seiring peluncuran Roadmap Making Indonesia 4.0” yangsecara resmi disampaikan Kementerian Perindustrian dengan salah satu inisiatif lintas sektornya, yakni pembangunan infrastruktur digital nasional.

Industri di Indonesia pun harus bersiap menghadapi momen yang lekat hubungannya dengan era digital tersebut. Satu hal kunci yang harus selalu ditingkatkan oleh setiap industri adalah kemampuan manajemen data yang aman dan tepat, sesuai aturan yang berlaku.

Guna semakin meningkatkan kemampuan itu, tak hanya diperlukan pengembangan kemampuan dari pihak pekerja TI. Diperlukan pula teknologi yang mendukung pengembangan manajemen data tersebut.

Salah satu teknologi yang paling cepat perkembangannya di dunia adalah komputasi cloud. Saat ini banyak industri yang beralih ke cloud guna meningkatkan fleksibilitas dan melakukan inovasi secara lebih cepat.

Pesatnya perkembangan teknologi cloud seolah menyatakan bahwa 2019 merupakan tahun cloud. Dengan teknologi tersebut, manajemen data akan semakin aman dengan tetap menganut prinsip kepatuhan dalam pengembangan bisnis.

Tanpa teknologi cloud, kemungkinan industri akan semakin tertinggal jauh dari mereka yang menggunakan teknologi itu. Tanpa cloud, akan sulit untuk melakukan manajemen data dan berinovasi lebih jauh.

Hybrid Cloud Azure Stack

Seiring perkembangan zaman, cloud pun semakin canggih. Kini telah hadir hybrid cloud dari Microsoft sebagai komitmen guna mendukung industri untuk memulai transformasi digital melalui teknologi yang dinamakan Azure Stack.

Teknologi hybrid cloud Azure Stack itu memang memiliki berbagai keunggulan, yakni:

  • Productive – Teknologi hybrid cloud memungkinkan industri untuk lebih produktif karena implementasi cloud mendorong untuk terus bereksprerimen dan berinovasi
  • Consistent – Satu-satunya hybrid cloud yang konsisten, menawarkan solusi manajemen data yang aman namun tetap menganut prinsip kepatuhan terhadap regulasi 
  • Intelligent – Memberikan layanan platform AI untuk setiap developer dan setiap skenario
  • Trusted – Memiliki lebih banyak sertifikasi, baik berskala global, industri, maupun regional

Keempat keunggulan itu meungkinkan bisnis untuk menerapkan intelligent cloud. Hal itu tentunya menawarkan berbagai solusi kepada industri untuk melakukan manajemen data yang aman dengan tetap menganut prinsip kepatuhan dalam pengembangan bisnis.

Selain itu, Azure Stack menawarkan pengalaman cloud paling konsisten berupa hybrid yang merupakan lintas infrastruktur digital, aplikasi, dan data untuk memungkinkan dilakukannya inovasi aplikasi.

Hal itu jelas merupakan semacam game changer bagi industri atau organisasi yang terikat dengan peraturan industri, permasalahan laten, atau konektivitas. Selain itu, Microsoft Azure Stack juga merupakan platform hybrid cloud yang aman dan sesuai aturan.

Keberhasilan Asian Games 2018

Salah satu kesuksesan penerapan nyata hybrid cloud di Indonesia adalah ketika penyelenggaraan Asian Games 2018 Agustus lalu yang dikelola Asian Games Organizing Committee (INASGOC).

Pesta olah raga terbesar se-Asia itu menjadi studi kasus tentang bagaimana teknologi hybrid cloud Azure Stack berkontribusi dalam keberhasilan Asian Games.

Berkat teknologi tersebut, tim IT Asian Games 2018 yang terdiri dari 27 tenaga ahli dari berbagai asosiasi dan komunitas IT, dan dibantu relawan IT mampu melaksanakan tugas untuk mengamankan sistem informasi selama acara  berlangsung.

Dalam acara itu, Microsoft melalui Azure mampu menyediakan sistem komputasi cloud untuk menangani trafik data dan diseminasi informasi secara sistematis dan andal.

Asian Games 2018 pun menjadi pertama kali dalam sejarah yang menerapkan komputasi cloud. Keberhasilan sistem tersebut pun membuktikan kemampuan Microsoft Azure menjalankan tanggung jawabnya.

Komitmen Microsoft untuk transformasi digital

Saat ini di Indonesia, Microsoft telah berkolaborasi dengan enam mitra penyedia data center lokal, yakni Telkom, Telstra, CBN Cloud, ViBiCloud, Visionet (VidiaCloud), Datacomm, dan Angkasa.

Seiring berkembangnya teknologi digital, Microsoft Azure hadir untuk mengatasi kebutuhan dan harapan pelanggan yang berubah cepat. Itulah pentingnya hybrid cloud Azure Stack yang sangat penting bagi perkembangan indusri di era revolusi industri 4.0 ini.

Microsoft pun selalu berkomitmen mengajak industri memulai transformasi digital melalui solusi strategis, salah satunya dengan hybrid cloud untuk manajemen data.

Selain itu, Microsoft juga telah menginventasikan lebih dari 15 miliar dollar Amerika dalam pengembangan infrastruktur komputasi cloud secara global. Sebesar 1 miliar dollar Amerika juga diperuntukkan bagi pengembangan kemanan siber selama bertahun-tahun.

Inilah bentuk komitmen besar Microsoft dalam membantu industri seluruh dunia, termasuk di Indonesia untuk terus berinovasi menciptakan cara kerja yang baru. Info lengkap tentang Microsoft Azure dan Azure Stack, kunjungi https://azure.microsoft.com/id-id/.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com