Advertorial

Tips Cerdas Packing Koper saat Naik Pesawat Lion Air atau Citilink

Kompas.com - 14/01/2019, 14:48 WIB
- -

Maskapai bertarif rendah sekarang sudah memberlakukan tarif bagasi untuk setiap penumpangnya. Sebut saja Lion Air, Wings Air, dan Citilink yang sudah memberlakukannya mulai Januari 2019 ini. Hal ini membuat Anda mungkin harus mengeluarkan uang lebih jika memang membawa barang yang banyak.

Baik kala liburan atau business trip, kadang Anda harus membawa banyak barang, apalagi jika perjalanan Anda lebih dari satu minggu. Mau tidak mau, Anda harus melakukan trik khusus untuk bisa membawa semua barang pergi dan pulang.

Sayangnya, semua maskapai menerapkan peraturan yang sama terkait batas maksimal bobot tas di kabin pesawat. Hal inilah yang sering jadi masalah buat para traveler atau Anda yang sering melakukan business trip selama berhari-hari.

Sering kali, banyak orang yang akhirnya mengakalinya dengan tidak membawa perlengkapan mandi dan membelinya di sana. Lalu, meninggalkannya supaya tidak menambah bobot pas perjalanan pulang.

Itu juga trik yang bagus di samping trik-trik lainnya yang juga bisa Anda pakai. Mau tahu juga trik lain supaya tidak kelebihan bagasi saat melakukan penerbangan? Simak tipsnya di bawah ini!

1. Hanya membawa baju berwarna netral

Biarpun kamu suka warna merah atau biru cerah, ada baiknya tidak membawa pakaian berwarna tersebut saat bepergian. Warna-warna tersebut butuh perpaduan warna yang sejenis supaya cocok saat dipakai. Artinya, kamu harus membawa celana pasangannya dan menambah bawaan kamu.

Memilih warna hitam, putih, dan biru dongker saat kamu traveling. Warna-warna tersebut pastinya bisa masuk dengan lebih banyak warna. Jadi, kamu bisa bawa satu celana yang cocok dipakai dengan berbagai macam baju dan sepatu.

2. Menggulung, bukan melipat

Melipat baju dan memasukkannya ke dalam koper akan memakan banyak ruang apalagi saat kamu membawa celana berbahan jeans. Salah satu teknik untuk para traveler yang tidak ingin kelebihan beban bagasi adalah menggulung bajunya. Dengan begitu, Anda bisa memasukkan lebih banyak baju dan barang bawaan lainnya ke dalam satu koper.

Ada berbagai teknik melipat yang bisa Anda lakukan. Pertama, melipatnya kecil-kecil dan memasukkannya mulai dari sudut koper. Ada juga teknik menyatukan baju dengan baju lainnya, lalu diikat menjadi sebuah bentuk kecil.

3. Mencuci baju dan memakainya kembali

Jika memang pergi lebih dari lima hari, ada baiknya Anda membawa tiga pasang untuk setiap jenis pakaian. Jadi, satu setel untuk dipakai, satu lainnya untuk dicuci, dan sisanya untuk dijemur. Anda pun bisa lebih berhemat dalam membawa pakaian dan tentu saja mengurangi jumlah pakaian kotor di saat pulang nantinya.

4. Memilih oleh-oleh yang tepat

Oleh-oleh juga sering jadi masalah yang buat koper pulang kelebihan bobot. Bagian ini yang harus kamu perhitungkan dengan baik. Ingat, tidak semua orang dalam pertemananmu harus diberikan oleh-oleh. Cukup satu atau dua oleh-oleh untuk orang yang benar-benar spesial. Sisanya, kamu bisa membelikan sebuah benda yang bisa digunakan beramai-ramai.

Kamu bisa membelikan makanan atau minuman khas untuk rekan-rekan di kantor. Dengan begitu, koper kamu tidak kelebihan bobot saat mau masuk ke dalam pesawat.

5. Membayar bagasi dengan aplikasi Traveloka

Bukan tidak mungkin dalam satu perjalanan, ada dua koper besar yang harus dibawa dan itu artinya Anda harus beli bagasi dalam penerbangan. Tenang, Traveloka bisa memudahkan Anda melakukan penambahan layanan extra baggage kala memesan tiket.

Pertama-tama, Anda diminta untuk menentukan bandara asal dan tujuan, kamu pun akan diminta untuk mengisi data diri. Setelah itu, Anda akan diberikan fasilitas tambahan untuk membeli bagasi ekstra jika memang hendak membawa barang bawaan yang banyak.

Setiap maskapai punya variasi jumlah bagasi ekstra yang ditawarkan, begitu juga dengan harganya. Semua tergantung dari rute dan kelas penerbangan yang diambil. Jangan lupa untuk selalu memeriksa tiket Anda setelah melakukan pembayaran.

Sekarang tidak perlu lagi pusing dengan masalah bagasi karena dengan Traveloka, buat perjalanan Anda jadi lebih nyaman dan praktis.