Advertorial

Manfaat Membeli Bagasi saat Liburan Menggunakan Pesawat Citilink dan Lion Air

Kompas.com - 15/01/2019, 13:58 WIB
-- -

Sejak awal tahun 2019 ini, beberapa maskapai penerbangan bertarif rendah seperti Citilink, Lion Air, dan Wings Air tidak lagi memberlakukan layanan free baggage allowance (FBA).

Bagi Anda yang senang membawa banyak oleh-oleh saat berlibur untuk waktu yang cukup lama, hal ini tentunya perlu jadi perhatian. Ketentuan yang akan berlaku bagi seluruh penerbangan domestik ini sedikit banyak akan berpengaruh pada perjalanan Anda.

Jika Anda punya kebutuhan untuk membawa banyak barang saat berlibur, persiapkan rencana yang lebih matang. Meski terbang dengan maskapai bertarif rendah, membeli bagasi saat liburan bisa jadi lebih efisien dan bermanfaat. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Perencanaan Biaya yang Lebih Efisien

Kebijakan baru dari maskapai Citilink, Lion Air dan Wings Air ini sangat penting untuk diperhatikan. Bagi Anda yang suka melakukan traveling, pilihan untuk berlibur mungkin biasa dilakukan secara spontan. Beberapa orang memang lebih menyukai cara ini karena tidak mau repot.

Banyak orang yang merasa akan lebih menghemat biaya ketika memilih untuk backpacking. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda malah menghabiskan lebih banyak biaya akibat hal-hal tidak terduga, salah satunya kelebihan bagasi.

Perlu diperhatikan juga bahwa biaya kelebihan bagasi setiap maskapai berbeda-beda. Tidak hanya itu, semakin jauh jarak perjalanan dan semakin lama durasi penerbangan, biaya kelebihan bagasi juga semakin tinggi.

Jika sudah mempersiapkan biaya kelebihan bagasi, hitungan biaya bisa dilakukan dengan lebih matang. Kebijakan baru dari Citilink, Lion Air, dan Wings Air akan mengharuskan penumpang untuk melakukan prepaid baggage setidaknya 6 jam sebelum penerbangan. Oleh karena itu, perhitungan semua biaya bisa diperkirakan sebelum Anda melakukan perjalanan.

2. Mempercepat Waktu Check-in di Bandara

Pernah tidak sengaja kelebihan bobot barang bawaan saat check-in di bandara? Hal ini seringkali membuat rencana Anda terganggu. Anda mungkin pernah kehilangan waktu untuk membeli segelas kopi hangat sebelum penerbangan di pagi hari karena mengurus kelebihan bagasi.

Hal ini tentunya akan lebih efektif ketika Anda sudah memiliki prepaid baggage bersama pembelian tiket. Penyedia layanan perjalanan (travel agent) sudah dihimbau untuk memperhatikan hal ini dari surat edaran yang kabarnya sudah dikeluarkan maskapai.

Bagaimana jika Anda melakukan perjalanan pribadi? Anda bisa melakukan penambahan layanan extra baggage ketika melakukan pemesanan tiket lewat Traveloka. Anda hanya perlu memilih fasilitas tambahan untuk membeli bagasi ekstra sesuai dengan kebutuhan.

Tahapan ini bisa dilakukan dengan mudah setelah Anda mengisi data diri pada saat membeli tiket perjalanan. Jadi, Anda bisa langsung membawa bukti pembayaran kelebihan bagasi bersama tiket ketika check-in di bandara. Hal ini akan lebih mempercepat proses administrasi di bandara.

3. Kenyamanan Perjalanan yang Terencana

Tidak masalah jika Anda ingin melakukan perjalanan secara spontan, terutama jika Anda memang ingin rehat dari kesibukan. Meski begitu, penting untuk melakukan pembelian tiket, reservasi penginapan, hingga perhitungan biaya kelebihan bagasi agar rencana liburan lebih nyaman.

Perjalanan Anda tidak harus sepenuhnya terencana karena beberapa orang justru menemukan hal menarik dari rencana yang spontan. Setiap melakukan perjalanan, Anda pasti mengalokasikan biaya tak terduga. Namun, lain cerita jika biaya tak terduga ini malah lebih mahal ketimbang tiket pesawat.

Membeli bagasi untuk berjaga-jaga tentu bisa membuat perjalanan lebih nyaman. Anda tidak perlu khawatir jika ingin membawa oleh-oleh yang tidak bisa dibawa ke dalam bagasi kabin. Anda sudah punya bagasi ekstra untuk tetap bisa menyimpan oleh-oleh untuk orang tersayang. Selain itu, biayanya juga sudah dibayar sebelum perjalanan.

Hanya dengan satu proses pembelian tiket secara online, mulai dari pembelian tiket, pemilihan tempat duduk, hingga kelebihan bagasi. Semua rencana liburan jadi lebih mudah dan efisien tanpa harus memikirkan barang bawaan. Jadi, tak masalah jika harus membeli bagasi guna mendapatkan kenyamanan saat terbang.