Advertorial

Ingin Siapkan yang Terbaik untuk Masa Depan Anak? Investasi Pada 3 Hal Ini!

Kompas.com - 28/01/2019, 13:51 WIB
- -

Setiap orangtua tentunya ingin melihat kesuksesan anak-anaknya dalam menjalani hidup di masa depan. Mengantar anak lulus dari sekolah terbaik, melihatnya sukses di bidang pekerjaan yang dipilih, dan mandiri secara finansial menjadi kebanggaan tersendiri. Namun, untuk menyiapkan masa depan terbaik untuk anak tidaklah mudah. Anda, sebagai orangtua harus menginvestasikan waktu dan tentunya dana yang dimiliki di berbagai aspek. Apa saja?

1.    Dana pendidikan

Sebagai orangtua Anda pasti ingin menyediakan semua yang terbaik untuk anak. Termasuk soal pilihan sekolah. Namun, biaya yang harus disiapkan untuk menjamin  anak mendaftarkan anak di sekolah berkualitas tidaklah kecil. Belum lagi data Badan Pusat Statistik mencatat bahwa setiap tahunnya biaya pendidikan meningkat 10-15 persen setiap tahunnya.

Oleh sebab itu jika orangtua ingin anaknya menempuh pendidikan di sekolah-sekolah berkualitas dana pendidikan anak harus disiapkan anak sejak dini. Tidak cukup dengan menabung, orangtua harus berinvestasi mengingat bunga tabungan tidak cukup besar dan tidak seimbang dengan laju inflasi.

2.   Pembentukan karakter

Pakar psikologi perkembangan Richard Rende dan konsultan komunikasi Jen Prosek dalam bukunya Raising Can-Do Kids: Giving Children to Thrive in a Fast-Changing World mengatakan bahwa di abad 21 ada beberapa karakter penting yang harus dimiliki anak. Beberapa di antaranya adalah inovatif, senang mengeksplorasi, optimis, berani mengambil risiko, berempati, dan mudah bergaul. Selain dana pendidikan orangtua juga perlu menginvestasikan waktu untuk membentuk karakter –karakter ini sejak dini.

3.   Skill di luar pendidikan formal

Selain pengetahuan yang diperoleh dari pendidikan formal di sekolah, anak sebaiknya juga dibekali dengan kemampuan lain, terutama kemampuan berbahasa Inggris. Menguasai bahasa yang digunakan secara global ini anak akan memiliki nilai lebih.

Anak sebaiknya diperkenalkan pada bahasa Inggris sejak usia dini. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1989, seperti dikutip dari jurnal Brain Mechanisms in Early Language Acquisition  mengatakan bahwa anak usia 3-10 tahun lebih mudah menyerap bahasa baru.

Pembelajaran bahasa Inggris dapat dilakukan dengan memberi stimulus-stimulus seperti menyanyi bersama, bercerita dengan media menarik, dan sering mengajaknya berbicara dengan bahasa Inggris. Orangtua juga bisa mengikutsertakan anak dalam program pembelajaran interaktif untuk anak usia 3-6 tahun seperti Small Stars yang dikembangkan oleh EF English Centers for Kids and Teens.

Bukan sekadar kursus bahasa Inggris, Small Stars juga membantu anak mengembangkan kemampuannya secara menyeluruh. Mulai dari motorik, kemampuan sosial, kepercayaan diri, dan pengetahuan umum, serta karakter-karakter positif yang dapat membantu anak sukses di masa depan.

Tidak perlu takut anak bosan atau takut untuk belajar karena suasana kelas Small Stars dibuat menyenangkan. Para pengajar profesional akan membantu anak mempelajari bahasa Inggris mulai dari pemahaman bunyi, penulisan huruf dan kata, hingga memperluas kosakata serta membentuk kalimat. Proses belajar menggunakan materi interaktif seperti tablet, lagu, video, boneka, hingga flash card. Selain itu juga diselingi dengan kegiatan-kegiatan yang seru.

Program Small Stars saat ini sudah dapat diikuti di seluruh EF English Centers for Kids and Teens. Jika melakukan pendaftaran hingga tanggal 11 Februari 2019, Anda akan memperoleh potongan biaya pembelajaran hingga Rp 2,3 juta dan merchandise eksklusif dari EF. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website resmi EF Kids & Teens di sini atau hubungi pusat informasi EF di nomor telepon 1500 553.