Pilah-pilih Pendidikan Non Formal untuk Anak agar Hasilnya Maksimal - Kompas.com
Advertorial

Pilah-pilih Pendidikan Non Formal untuk Anak agar Hasilnya Maksimal

Kompas.com - 29/01/2019, 13:17 WIB
- -

Selain pendidikan formal di sekolah, institusi pendidikan non-formal adalah alternatif pendidikan yang bisa diambil untuk mendukung perkembangan anak. Pendidikan non-formal Tak hanya dari sisi kognitif, pendidikan non-formal juga membantu meningkatkan kemampuan anak untuk bersosialisasi dan bekerja sama. Sebuah riset yang dilakukan oleh peneliti dari University of Bacau, Romania terhadap 52 anak pun mengungkapkan bahwa anak-anak yang mendapatkan pendidikan non-formal di luar institusi sekolah mampu mengembangkan kemampuan berusaha melebihi anak-anak lainnya.

Orang tua pun kini dihadapkan kepada berbagai pilihan institusi pendidikan non-formal, mulai dari yang sifatnya edukasional hingga aktivitas fisik seperti klub olahraga. Apapun pilihannya, pastikan untuk memilih pendidikan non-formal yang sesuai dan kelak berguna bagi masa depan anak.

Salah satu bentuk pendidikan non-formal yang bermanfaat bagi anak adalah pendidikan bahasa asing seperti kursus bahasa inggris. Dengan mempelajari bahasa asing, anak bukan hanya belajar membaca dan menulis, namun juga memupuk keterampilan yang akan bermanfaat di masa depan. Namun sebelum memutuskan untuk mengambil kursus bahasa inggris untuk anak, ada beberapa hal yang patut untuk dipertimbangkan.

Pendidikan merupakan salah satu bentuk investasi non-material bagi masa depan anak. Karenanya, pastikan untuk memilih tempat kursus bahasa inggris yang tak hanya memiliki reputasi yang baik, namun juga berpengalaman. Perhatikan juga program pendidikan yang ditawarkan dan pilihlah kelas yang memang diprogram khusus sesuai dengan kelompok umur tertentu.

Selain profil institusi dan programnya, metode pembelajaran juga menjadi faktor penentu dalam memilih tempat kursus bahasa inggris, terutama bagi anak-anak. Dalam proses belajar hendaknya digunakan metode yang bukan hanya efektif namun juga menyenangkan sehingga anak dapat mengikutinya dengan antusias.

Berpengalaman lebih dari 20 tahun di Indonesia, English First (EF) adalah pilihan yang tepat untuk kursus bahasa inggris. Secara umum, program EF terbagi menjadi dua, yakni EF English Center for Kids and Teens serta EF Center for Adults.

Pada 24 Januari 2019 lalu, EF telah resmi meluncurkan program pendidikan bahasa inggris untuk anak terbarunya, yaitu Small Stars. Small Stars dirancang khusus untuk anak usai 3 sampai 6 tahun dengan materi inovatif yang mencakup keterampilan penting dalam mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Para pengajarnya pun membimbing anak untuk mengembangkan aspek pengetahuan, kemampuan sosial, dan kemampuan motoriknya.

Selain kurikulum yang sesuai, Small stars pun menerapkan metode pembelajaran yang menarik bagi anak. Anak diajak belajar menggunakan lagu, video, boneka, kartu flash, dan layar sentuh interaktif agar kelas lebih menyenangkan. Para orang tua pun bisa turut terlibat melalui aplikasi Smart Stars yang bisa diunduh di smartphone dan tablet.  Lewat aplikasi ini, anak bisa melanjutkan pelajaran di rumah bersama orang tua.

Segera daftarkan anak untuk mengikuti program Small Stars di EF Center yang tersebar di 34 kota di Indonesia. Dapatkan potongan harga hingga Rp 2,3 juta dan merchandise eksklusif untuk pendaftaran Small Stars hingga tanggal 11 Februari 2019. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website resmi EF Kids & Teens di sini atau hubungi pusat informasi EF di nomor telepon 1500 553.