Unik, Ubur-ubur Ini Berenang dengan Posisi Terbalik - Kompas.com
Advertorial

Unik, Ubur-ubur Ini Berenang dengan Posisi Terbalik

Kompas.com - 30/01/2019, 10:36 WIB
-- -

Ubur-ubur merupakan salah satu biota yang populasinya paling banyak ditemukan di lautan. Ubur-ubur, di satu sisi membuat kita takut karena sengatannya dapat melukai kulit. Namun, di sisi lain biota ini kerap kali mengundang decak kagum.

Ubur-ubur memiliki ketahanan hidup yang tinggi, meski tubuhnya lembut dan transparan karena 95 persennya terdiri dari air.  Ubur-ubur disebut sebagai salah satu biota yang berhasil bertahan sejak zaman purba hingga kini dan sukses melalui lima periode kepunahan massal di bumi.

Selain itu, tubuh yang transparan dan tak bertulang juga membuatnya sangat cantik. Ubur-ubur dapat bergerak dengan perlahan, ringan, dan elegan di dalam air. Sungguh menarik untuk diamati.

Ubur-ubur juga terdiri dari beragam spesies yang masing-masing memiliki keunikan. Ada yang dapat berubah warna, menciptakan efek iluminasi, dan masih banyak lagi. Ukurannya pun beragam. Ada yang sangat kecil hingga yang beratnya mencapai 200 kilogram.

Ternyata tidak semua ubur-ubur berenang dengan bel atau payung di atas dan tentakel mengarah ke bawah. Ada juga spesies ubur-ubur yang berenang dengan posisi terbalik. Tentakel di atas dan payung menghadap ke bawah. Spesies tersebut adalah Cassiopea atau yang sering disebut upside-down jellyfish.

-- -

Spesies ubur-ubur unik ini hidup di pantai-pantai dengan perairan dangkal yang hangat. Biasanya dapat ditemui di rawa-rawa hutan bakau, kanal-kanal, atau perairan berlumpur. Upside-down jellyfish berenang terbalik untuk agar ganggang laut yang bersimbiosis dengan menempel di tentakelnya dapat memperoleh sinar matahari. Dengan demikian ubur-ubur ini dapat memperoleh makanan yang dihasilkan oleh ganggang tersebut.

Nah, jika Anda ingin mengajak anak-anak untuk melihat langsung ubur-ubur ini, tidak perlu jauh-jauh pergi ke pantai. Ubur-ubur spesies ini dapat Anda temui di Sea World Ancol.

Tidak hanya menarik untuk dipelajari karena cara berenangnya yang unik, tubuh upside-down jellyfish juga memiliki warna-warni dan motif  yang cantik. Kecantikan ubur-ubur ini akan bertambah dengan pantulan warna lampu akuarium yang beragam. Ubur-ubur akan tampak lebih eksotik.

Belum punya rencana untuk menghabiskan akhir pekan bersama anak-anak? Pergi saja ke Sea World dan temui beragam spesies ubur-ubur unik, termasuk upside-down jellyfish ini di area Jellyfish Sphere.