Menyambut Era Cashless, Apa Saja Keuntungannya? - Kompas.com
Advertorial

Menyambut Era Cashless, Apa Saja Keuntungannya?

Kompas.com - 30/01/2019, 18:53 WIB
- -

Pesatnya perkembangan teknologi belakangan ini sanggup membuat perubahan besar di berbagai sektor kehidupan. Salah satunya industri finansial dengan munculnya mesin EDC, kartu e-money, mobile banking, pembayaran via QR code, sampai kredit online tanpa kartu kredit.

Industri ini pun sekarang memiliki sebutan tersendiri yang dikenal dengan fintech (financial techonolgy) dan membentuk sebuah tren baru, yaitu cashless society.

Transaksi tanpa menggunakan uang tunai ini memiliki beragam keuntungan yang bisa dimanfaatkan para penggunanya. Berikut ini 5 manfaat di antaranya:

1. Beragam promo dan diskon yang menarik

Salah satu strategi yang digunakan para pelaku bisnis cashless untuk menarik pengguna adalah mengadakan berbagai macam promo dan diskon menguntungkan.

Terlebih mereka juga sudah bekerja sama dengan merchant atau toko-toko yang menjadi andalan para pengguna untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Dengan memanfaatkan promo ini, tentunya pengguna akan merasakan harga kebutuhan yang lebih murah dibanding bertransaksi tunai sehingga pengeluaran pun dapat lebih hemat.

2. Praktis dan efisien

Keuntungan lainn dari transaksi cashless adalah pengguna tidak perlu lagi membawa uang tunai secara berlebihan dan proses pembayaran lebih cepat.

Tidak perlu lagi menghitung uang tunai yang ada di dompet dan menunggu kembalian. Prosesnya pun lebih efisien karena bisa dilakukan di mana saja dengan memanfaatkan mobile atau internet banking.

3. Reward yang menguntungkan

Untuk menarik para pengguna tetap bertransaksi secara cashless, biasanya para pelaku fintech memberikan reward yang menguntungkan. Contohnya bisa berupa poin untuk ditawarkan dengan promo lain seperti cashback hingga diskon dari merchant yang bekerja sama.

Selain dalam bentuk potongan harga, poin ini juga bisa ditukar secara langsung dalam bentuk barang atau jasa yang ditawarkan oleh para penggiat fintech.

4.  Menjadi lebih hemat dan mudah mengatur pengeluaran

Promo dan diskon yang ditawarkan tentunya akan membuat pengeluaran pengguna lebih hemat. Apalagi biasanya diskon dikeluarkan pada tanggal yang menguntungkan, seperti pada akhir bulan.

Selain itu, para pengguna juga dapat dengan lebih mudah melihat pengeluaran mereka karena platform yang digunakan adalah digital sehingga bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

5. Layanan kredit online yang memudahkan

Inovasi yang paling baru adalah munculnya layanan kredit online tanpa kartu kredit fisik. Layanan ini bisa dibilang sangat menguntungkan dan jangkauannya cukup luas karena bisa dimanfaatkan para pengguna yang tidak memiliki kartu kredit fisik.

Salah satu layanan kredit online ini adalah PayLater dari Traveloka yang dapat mewujudkan mimpi para traveler untuk bepergian ke tempat yang diidamkan. Mereka bisa liburan kapan saja dengan biaya cicilan online tanpa kartu kredit.

Keuntungan transaksi cashless tak berhenti sampai di sini. Seiring berkembangnya teknologi, keuntungan lainnya juga akan muncul sehingga akan semakin mendorong masyarakat luas untuk menjadi bagian dari cashless society. Siap untuk menjadi bagiannya?