Pentingnya Edukasi Anak Tentang Laut untuk Dukung Konservasi - Kompas.com
Advertorial

Pentingnya Edukasi Anak Tentang Laut untuk Dukung Konservasi

Kompas.com - 31/01/2019, 09:58 WIB
-- -

Lautan memiliki peran yang sangat penting bagi kelangsungan hidup di bumi. Planet bumi kita hampir 70 persennya adalah laut. Selain merupakan tempat tinggal bagi sebagian besar makhluk hidup di muka bumi, laut punya peranan sebagai bagian dari siklus air, penyedia oksigen, sumber makanan, dan energi.

Oleh sebab itu mengedukasi anak-anak sejak dini mengenai lautan sangatlah penting. Anak-anak sebagai pewaris kekayaan alam di bumi perlu memiliki kecintaan terhadap lautan agar mereka tergerak sejak dini untuk menjaga lautan dari ancaman pencemaran hingga kerusakan ekosistem di dalamnya.

Mengajari anak-anak tentang lautan menjadi langkah penting dalam konservasi. Memahami hal ini Sea World Ancol sebagai kawasan rekreasi dan edukasi dunia laut merancang sebuah program edukasi Trainer Goes to School bagi anak-anak usia sekolah.

-- -

Trainer Goes to School akan memberikan edukasi seputar dunia laut dengan datang ke sekolah-sekolah. Anak-anak di sekolah yang dikunjungi dapat mengenal berbagai biota laut, ekosistem laut, hingga hal-hal menarik yang ada di lautan. Selain itu mereka juga akan memperoleh pengetahuan mengenai konservasi lautan.

Tidak hanya edukasi anak-anak juga akan diajak melihat dan berinteraksi langsung dengan biota-biota laut yang menakjubkan di Sea World Ancol. Saat ini Sea World Ancol memiliki berbagai biota perairan mulai dari ikan karang yang menghuni laut dangkal, berang-berang, hingga penghuni laut dalam seperti gurita raksasa, hiu, kepiting laba-laba, ubur-ubur, dan penyu.

Tidak hanya biota laut dari perairan Indonesia, beberapa biota laut juga didatangkan dari perairan di luar negeri. Semuanya dapat dilihat di area Main Aquarium, Antasena Tunnel, Otter Track, Shark Aquarium, Interactive Aquarium, dan Touch Pool.

Lebih seru lagi, anak-anak juga bisa merasakan langsung pengalaman menjadi penyelam dengan mengenakan berbagai perlengkapannya. Program akan dipandu oleh Sea World Trainer. Tunggu apa lagi segera kunjungi Sea World Ancol untuk mengetahui informasi mengenai program ini.