Pentingnya Mengasah Berbagai Aspek Kecerdasan Anak untuk Tumbuh Kembang yang Lebih Baik - Kompas.com
Advertorial

Pentingnya Mengasah Berbagai Aspek Kecerdasan Anak untuk Tumbuh Kembang yang Lebih Baik

Kompas.com - 31/01/2019, 10:19 WIB
- -

Proses belajar anak, baik dalam pendidikan formal maupun non-formal, seringkali mengedepankan pentingnya aspek kognitif. Anak diharapkan mampu memahami konsep, menghafal, dan berhitung. Padahal, kecerdasan anak tak selalu diukur berdasarkan IQ. Pada tahun 1983, seorang psikolog asal Amerika Serikat bernama Howard Gardner menyebutkan ada 9 aspek kecerdasan yang dimiliki seorang anak.

Selain kecerdasan logika matematika, Gardner menyebutkan setiap anak memiliki kecerdasan musikal, intrapersonal, interpersonal, visual spasial, natural, kinestetik tubuh, moral, dan linguistik. Agar dapat berkembang dengan baik, kecerdasan ini harus distimulasi sejak usia dini baik oleh orang tua maupun lingkungan di sekitarnya.

Mendampingi anak saat bermain di rumah adalah hal paling sederhana yang bisa dilakukan orang tua untuk mendukung perkembangan kecerdasannya. Bermain merupakan proses penting karena berkontribusi besar dalam perkembangan kognitif, fisik, sosial, dan emosional sang anak. Saat bermain, anak bebas menggunakan kreativitas dan mengembangkan imajinasinya. Akibatnya, bermain pun menjadi medium belajar yang menyenangkan. Waktu bermain bersama juga menjadi kesempatan bagi orang tua untuk sepenuhnya terlibat dengan anak-anak mereka.

Selain di rumah, mengembangkan berbagai aspek kecerdasan anak dengan cara yang menyenangkan ini pun bisa dilakukan lewat institusi pendidikan non-formal. Misalnya di tempat kursus bahasa Inggris English First Kids and Teens yang memiliki program Small Stars, sebuah program bahasa Inggris yang dirancang khusus untuk anak usia 3 sampai 6 tahun.

Di Small Stars, anak didorong untuk mengerahkan seluruh kemampuannya untuk perkembangan kecerdasan yang maksimal. Didukung oleh tenaga pengajar yang profesional dan materi yang lengkap, anak pun bisa belajar dengan lebih baik. Proses belajar pun dilakukan lewat media yang menyenangkan seperti lagu, video, boneka, kartu flash, dan layar sentuh interaktif sebagai alat bantu di kelas.

Dengan menerapkan pendekatan dari berbagai sisi, anak tak hanya belajar bahasa Inggris. Pemahaman, pengetahuan, kemampuan sosial, dan motoriknya pun dilatih dan dikembangkan dalam suasana kursus bahasa Inggris yang menyenangkan. Orang tua pun bisa turut belajar bersama anak di rumah dan mengikuti perkembangannya lewat aplikasi Small Stars yang bisa diunduh di smartphone dan tablet.

Menyambut tahun baru 2019, EF Kids and Teens telah meluncurkan program Small Stars terbaru pada 24 Januari 2019 lalu dan membuka dua EF Center terbaru, sehingga akan bertambah menjadi 77 EF Center tersebar di 34 kota di seluruh Indonesia. Segera daftarkan anak dan nikmati potongan harga hingga Rp 2,3 juta serta merchandise eksklusif untuk pendaftaran di hingga tanggal 11 Februari 2019 untuk mengikuti kursus bahasa Inggris anak yang menyenangkan bersama EF Kids and Teens. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website resmi EF Kids & Teens di sini atau langsung hubungi pusat informasi EF di nomor ini 1500 553.