Advertorial

15 Tahun Tertunda, Presiden Jokowi Targetkan Terowongan Nanjung Rampung Akhir Tahun

Kompas.com - 11/03/2019, 11:00 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Dirjen SDA Kementrian PUPR (kanan) Hari Suprayogi, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Bupati Bandung Dadang Naser saat meninjau proyek Terowongan Nanjung, Kabupaten Bandung, Minggu (10/3/2019). Presiden Joko Widodo bersama Dirjen SDA Kementrian PUPR (kanan) Hari Suprayogi, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Bupati Bandung Dadang Naser saat meninjau proyek Terowongan Nanjung, Kabupaten Bandung, Minggu (10/3/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com - Setelah 15 tahun tertunda, proyek terowongan Nanjung, Kabupaten Bandung mulai berwujud. Terowongan itu merupakan satu dari sejumlah proyek besar pengendalian Sungai Citarum.

Minggu (10/3/2019) siang, Presiden Joko Widodo langsung meninjau progres proyek tersebut.

Ia datang didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Hari Suprayogi , Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, dan Bupati Bandung Dadang Naser.

"Ini sebetulnya terowongannya sudah rencana yang sangat lama. Mungkin 15 tahun yang lalu, ini rencana lama dikaji sekarang dalam proses kita kerjakan," kata Jokowi.

Ia pun menargetkan, proyek tersebut akan selesai akhir tahun nanti agar manfaat terowongan itu bisa dirasakan nyata, khususnya untuk mengurangi genangan banjir di wilayah Kabupaten Bandung.

"Kita harapkan dapat mengatasi banjir yang ada di Bandung utamanya di Dayeuhkolot, Baleendah, dan Bojongsoang ini bisa terkurangi dengan adanya terowongan ini," ujarnya.

"Terowongan Nanjung ini sepanjang 230 meter, dua terowongan. Ini yang satu sudah rampung yang satu sudah separuh lagi akhir tahun ini selesai. Hingga nanti musim hujan berikut sudah terlihat fungsi dari terowongan ini," tambah Jokowi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kondisi terkini proyek Terowongan Nanjung, Kabupaten Bandung, Minggu (10/3/2019). Salah satu proyek pengendalian Sungai Citarum itu ditargetkan selesai akhir tahun ini. Kondisi terkini proyek Terowongan Nanjung, Kabupaten Bandung, Minggu (10/3/2019). Salah satu proyek pengendalian Sungai Citarum itu ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Ia menuturkan, banyak hal yang menjadi sebab proyek itu terkendala. Salah satunya kebutuhan dana yang besar.

"Karena yang pertama di kabupaten sendiri tak punya kemampuan untuk mengerjakan ini baik di kabupaten maupun provinsi. Kalau gak diambil alih pusat gak mungkin bisa dilaksanakan. Dulu kita pernah ajak di kolam retensi di Cieunteung. Kalau sudah diputuskan ya langsung dijalankan biasanya kita bekerja seperti itu lihat ke lapangan. Perencanaan sudah lama kita tinggal memutuskan," paparnya.

Selain itu, Jokowi menambahkan, Kementerian PUPR juga akan menambah kolam retensi di sejumlah titik sebagai upaya untuk mengurangi banjir di Kabupaten Bandung.

"Sepanjang itu memang bermanfaat dijelaskan kepada masyarakat kebutuhan lahan sebesar itu. Jelaskan fungsinya untuk rakyat banyak saya kira masyarakat juga akan memberi ruang," jelasnya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.