Advertorial

Transit di Singapura? Lakukan 4 Hal ini Agar Waktu Luang Lebih Menyenangkan

Kompas.com - 12/03/2019, 11:07 WIB
-- -

Selain salah satu negara favorit untuk berwisata, Singapura juga menjadi negara transit untuk berbagai penerbangan dari dan menuju Asia Tenggara. Kekayaan budaya, tata kota yang cantik, serta aneka pilihan hiburan, kuliner, dan surga belanja merupakan atraksi utama Singapura. Ditambah sistem transportasi yang baik, menjelajahi Singapura dapat dilakukan dengan aman dan nyaman, meski dalam waktu yang terbatas. Agar kunjungan ke Singapura semakin berkesan dan menyenangkan, berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan ketika berkunjung, atau sekedar transit di Singapura.

Melihat keanekaragaman budaya yang cantik

Begitu banyak pilihan, begitu sedikit waktu. Mungkin itulah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan kunjungan ke Singapura yang merupakan melting pot dari berbagai kebudayaan. Karenanya, tak heran jika setiap sudut kotanya kaya akan warna-warni berbagai budaya yang menarik untuk dikunjungi, misalnya daerah Little India.

-- -

Sebagai salah satu etnis yang berada di Singapura, kebudayaan India yang penuh warna pun terlukiskan di daerah ini. Anda bisa mengunjungi berbagai kuil yang cantik, melihat berbagai perhiasan emas, dan tentu saja menikmati lezatnya makanan khas India yang lezat.

Singapore Tourism Board- Singapore Tourism Board

Selain Little India, Chinatown juga wajib dikunjungi. Di sana, Anda bisa menikmati suasana kota sambil berbelanja cinderamata khas Singapura dan mencoba berbagai kuliner bercita rasa oriental.

Menikmati pemandangan ikon nasional dan cakrawala berhias pencakar langit

Singapore Tourism Board- Singapore Tourism Board

Jangan lupa untuk mengunjungi berbagai ikon Singapura, salah satunya Merlion Park yang merupakan sebuah ruang publik yang menyimpan ikon nasional Singapura, The Merlion. Setelahnya, lanjutkan perjalanan menuju Marina Bay Waterfront Promenade untuk menikmati indahnya panorama berbagai bangunan ikonik Singapura, termasuk The Singapore Flyer, Marina Bay Sands, The Esplanade, dan Gardens by The Bay.

Mengagumi indahnya karya seni

-- -

Setelah puas melihat pemandangan kota, lanjutkan perjalanan Anda dengan mengunjungi Art Science Museum di Marina Bay Sands. Sejak tahun 2011, museum ini telah menyelenggarakan pameran dari seniman dunia seperti Leonardo Da Vinci dan Salvador Dali. Museum ini juga merupakan rumah bagi  “Future World: Where Art Meets Science”, sebuah pameran digital yang menampilkan lebih dari 16 karya interaktif dari seniman Jepang ternama, teamLab.

Menjelajahi Changi International Airport

Tak punya cukup waktu luang untuk berkeliling Singapura? Jangan khawatir karena menjelajahi Changi International Airport pun tak kalah menyenangkan. Tak seperti bandara transit lainnya, bandara ini menyediakan begitu banyak aktivitas untuk mengisi waktu transit menuju penerbangan selanjutnya. Bukan sekedar makan dan berbelanja, pelancong pun bisa merasakan berbagai atmosfir berbeda di setiap area. Mulai dari warna-warni taman bunga dan kaktus, hiburan multimedia, hingga bersantai di spa, semua fasilitas ini tersedia untuk Anda. Pilihan pun akan semakin beragam ketika Jewel Changi Airport dibuka tahun ini.

-- -

Meski aksesnya mudah dan nyaman, ada cara yang lebih pintar untuk menjelajahi Singapura, yaitu dengan mengikuti program Free Singapore Tour (FST) yang akan membawa Anda ke berbagai tempat wisata favorit di sana, tanpa dipungut biaya.

Program FST merupakan buah kolaborasi Singapore Tourism Board, Changi Airport Group, dan Singapore Airlines. Para penumpang yang transit di Changi International Airport selama 5,5 hingga 24 jam bisa mengikuti program tur ini, terutama bagi para penumpang Singapore Airlines (SQ) dan SilkAir (MI).

Ada dua jenis tur yang bisa dipilih, yakni Heritage Tour dan City Sights Tour. Untuk mendaftarkan diri dalam tur ini, penumpang cukup membawa paspor, boarding pass, dan visa ke booth yang tersedia di terminal 2 dan 3. Peserta harus mendaftar paling lambat 75 menit sebelum tur dimulai. Jadwal dan rencana perjalanan FST bisa dilihat di sini.

Selain mengikuti FST, para penumpang SQ dan MI juga bisa memanfaatkan boarding pass mereka untuk berbagai penawaran menarik dari program Boarding Pass Privileges (BPP). Misalnya diskon 25 persen untuk pembelian Joyalukkas Jewellery, diskon 20 persen di Mandarin Reptile, dan diskon 10 persen untuk pembelian merchandise di Raffles Gift Shop. Tak ketinggalan, BPP juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan diskon hotel dan penyewaan mobil selama kunjungan di Singapura.

Tak hanya itu, nikmati pula potongan harga untuk tiket masuk berbagai atraksi di Singapura. Sebut saja ArtScience Museum, Singapore GOURMET Bus, Original Singapore DUCKtours, hingga berbagai restoran populer. Nikmati pengalaman transit yang lebih menyenangkan bersama Singapore Airlines dan SilkAir. Cek promonya disini.