Advertorial

Kanmuri Beberkan Empat Poin Penting dalam Memilih Genteng Berkualitas Anti Bocor

Kompas.com - 15/03/2019, 10:20 WIB
- -

Musim hujan seringkali mengganggu rutinitas. Selain lalu lintas yang kian padat dan tubuh yang rentan terhadap penyakit, kekhawatiran akan atap rumah yang bocor pun menjadi persoalan banyak orang. Jika dilihat secara keseluruhan, kondisi tersebut menyebabkan kerugian material yang cukup besar. Banyak barang rumah tangga, khususnya elektronik, yang menjadi rusak akibat terkena air hujan. Belum lagi biaya tukang untuk renovasi yang juga menguras waktu serta tenaga pemilik rumah.

Keadaan demikian adalah imbas dari kesalahan pertimbangan pemilik rumah ketika memilih material atap yang digunakan. Memang, pertimbangan nilai secara ekonomis sangat diperlukan. Akan tetapi, pertimbangan tersebut harus dinilai berdasarkan penggunaan dalam jangka waktu panjang. Sebab, material atap tidak seperti cat rumah yang bisa diganti dengan mudah setiap tahun.

Jika dikalkulasikan, proporsi biaya untuk genteng hanya memakan satu persen dari keseluruhan biaya pembuatan bangunan. Persentase tersebut sangat kecil bila dilihat dari fungsi utamanya, yaitu melindungi semua isi rumah yang nilainya lebih dari pada itu.

"Pemilik rumah harus mempertimbangkan kondisi iklim tropis yang ada di Indonesia. Cuaca hujan, panas, dan lembab itu sangat berpengaruh terhadap kekuatan material atap. Oleh karena itu, genteng keramik bergrazur adalah solusi yang paling sesuai karena proses pembuatan bahan baku tanah liat yang dibakar hingga suhu 1.100 derajat Celcius, dan tentunya sangat higienis,” ujar John Chang General Manager PT Satya Djaya Raya Trading Coy, Distributor Utama Kanmuri saat ditemui di pameran Keramika 2019 di Jakarta Convention Center pada Selasa (14/02/19) siang.

Pada praktiknya, terdapat empat poin utama yang bisa dijadikan acuan dalam memilih material atap. Pertama dari segi fungsi, material atap tidak retak, terhindar dari korosi, mampu meredam panas, dan tidak berisik. Untuk memenuhi empat poin itu, Kanmuri sebagai pemimpin pasar di industrinya, menggunakan lapisan glazur yang dibakar secara bersamaan dengan temperatur tinggi, sehingga glazur menyatu dengan badan genteng dan menutup rapat seluruh pori-pori genteng agar tidak rusak.

- -

Selain itu pula, Kanmuri pun menciptakan produk inovatif yakni sistem pemasangan tanpa semen. Dengan adanya terobosan tersebut, maka risiko retak di bagian karpus nok yang mengakibatkan bocor pun dapat dihindari. Sistem pemasangan tanpa semen ini pun membuat atap menjadi lebih bersih dari noda semen yang mengurangi nilai estetika.

Dari segi estetika, pemilihan profil genteng yang sesuai dengan desain dan warna rumah pun perlu dipertimbangkan agar mampumenciptakan kesan indah serta harmonis. Guna memberikan pilihan pada pemilik rumah, Kanmuri menciptakan tiga profil genteng, yakni Espanica, Milenio, dan Full Flat.

Full Flat sendiri merupakan genteng keramik datar pertama di Indonesia yang dibuat menggunakan kombinasi teknologi terbaru Jepang dan Eropa. Masing-masing profil memiliki pilihan warna yang lengkap, sehingga dapat disesuaikan dengan desain bangunan. Ketiga pilihan profil ini menjadikan Kanmuri sebagai satu-satunya produsen yang memiliki tipe atau profil terlengkap dibandingkan produsen sejenis.

Selain hal di atas, genteng yang baik pun harus dapat menunjang pemasangan dari segi efektivitas dan efisiensi. Bentuk genteng yang presisi dan konsisten, akan mempermudah dalam pemasangan dan membuat tampilan atap menjadi lebih rapi.

Namun, ada hal yang kerap disepelekan, tetapi memiliki dampak yang cukup besar, yaitu efek material terhadap kesehatan. Dengan harga sangat terjangkau, material asbes yang terbuat dari mineral silica GRC sempat menjadi tren pada material atap. Akan tetapi, material tersebut menghasilkan dampak buruk terhadap kesehatan paru-paru dan bahkan dapat menyebabkan kanker.

- -

Oleh sebab itu, Kanmuri menghadirkan genteng berbahan keramik yang menawarkan konsep Breathable Roof atau atap bernafas. Berkat inovasi ini, sirkulasi udara sisa pembuangan dari aktivitas di ruangan rumah, seperti dapur atau toilet, yang terperangkap di area plafon rumah menjadi lebih lancar.

“Kualitas bagus itu bukan keunggulan, tetapi sebuah keharusan bagi Kanmuri. Kita mau kasih ke konsumen suatu value lebih. Kami selalu berinovasi dalam proses produksi. Teknologi yang dipakai membuat efisiensi terjadi, sehingga kami bisa pasarkan produk ini dengan harga yang lebih terjangkau dari sebelumnya,” kata John.

- -

Rasa kepedulian yang tinggi terhadap konsumen menjadi fondasi utama bagi Kanmuri untuk terus berinovasi dalam memenuhi aspek-aspek penting dari material atap yang baik. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai produk-produk material terbaik, Anda bisa mengunjungi booth Kanmuri di Keramika 2019. Pameran ini berlangsung di Jakarta Convention Center pada 14 Maret hingga 17 Maret 2019.