Advertorial

Stylish dan Modest, Inilah 5 Busana Muslim yang Paling Digemari di Tokopedia

Kompas.com - 26/03/2019, 15:49 WIB
- --

Jakarta - Ramadan adalah bulan suci di mana umat Islam memperkuat iman melalui beribadah dan bersilaturahmi. Momen Ramadan dan Hari Lebaran memang masih dalam beberapa bulan yang akan datang. Namun, sebagian besar dari masyarakat sudah mulai mempersiapkan dirinya untuk berbelanja busana Muslim, suatu tren yang bertambah populer selama beberapa tahun terakhir terutama di Tokopedia.

“Berdasarkan data Tokopedia (Februari 2019), ada peningkatan transaksi pada kategori busana Muslim sebesar 4 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, bahkan pada dua bulan menjelang Ramadan,” kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, “Perkembangan ini menunjukkan betapa besarnya antusiasme dari pelanggan kami terhadap merek-merek busana Muslim yang bertumbuh bersama kami di platform Tokopedia.”

Selain itu, banyak sekali merek-merek busana Muslim yang kini berkembang pesat di era transformasi digital, dan kualitasnya bahkan sudah mampu bersaing dengan merek luar negeri. Sebagai inspirasi, berikut adalah 5 produk busana Muslim yang paling dicari di Tokopedia:

1. Gamis

Gamis adalah salah satu busana Muslimah yang kecantikannya tidak akan pernah pudar. Memiliki model yang sederhana namun elegan, gamis pada umumnya sering dipakai pada acara-acara khusus, seperti Hari Raya Lebaran. Sekarang tidak lagi sulit menemukan berbagai pilihan menarik dengan bertambahnya merek busana Muslim yang impresif, terutama gamis perempuan di Tokopedia.

Meskipun asal-usul gamis belum jelas, banyak ahli berpendapat bahwa busana Muslimah ini diduga berasal dari daerah Timur Tengah. Di Indonesia, gamis tetap salah satu busana yang kerap dipakai masyarakat. Namun, ternyata orang masih kesulitan untuk membedakan antara gamis, abaya, dan kaftan. Gamis pada umumnya berbentuk panjang dan sedikit longgar pada bagian lekukan di bagian pinggang. Abaya biasanya terbuat dari bahan sintetis hitam dan dihiasi dengan bordir atau payet berwarna sehingga terlihat lebih megah. Kaftan, meskipun hampir serupa dengan gamis, berbentuk lebih longgar dan berlengan panjang.

-- -
2. Hijab Instan

Seiring berjalannya waktu, model hijab pun semakin bermunculan. Mulai dari yang sederhana hingga yang bisa dikreasikan sesuai dengan selera masing-masing.

Hijab instan merupakan salah satu contoh hijab yang banyak digemari oleh pengguna Tokopedia karena penggunaannya yang sangat mudah. Perempuan Muslim dengan jadwal padat akan sangat mengapresiasi praktisnya memakai hijab instan, terutama ketika sedang terburu-buru.

Berkaitan dengan motif, pengguna bisa menemukan banyak alternatif lewat kategori Jilbab Instan Motif di Tokopedia dan memilih sesuai dengan selera masing-masing. Panjang dan pendek hijab pun kini beragam. Pengguna bisa menentukan pilihan berdasarkan kenyamanan.

-- -
3. Pashmina

Serupa tetapi tidak sama, pashmina sedikit berbeda dengan jilbab atau kerudung, meskipun fungsi utamanya sebagai penutup aurat tetap sama. Ketika berbicara mengenai asal-usul dari busana Muslim ini, di luar negeri bagian barat, pashmina sebenarnya dikenal dengan istilah cashmere. Di sisi lain, pashmina adalah istilah yang digunakan oleh penduduk setempat di India dan Pakistan. Pashmina kemudian dikenal sebagai cashmere di Barat karena orang Eropa pertama kali menemukan serat ini dalam kambing di daerah Kashmir. Karena bahan pashmina sangat hangat dan lembut, selendang pashmina yang handmade termasuk salah satu kain yang paling mahal.

Pashmina semakin banyak digemari oleh pengguna Tokopedia karena ukuran yang lebih panjang sehingga memungkinkan variasi model sesuai dengan kreatifitas pemakai. Dibandingkan jilbab biasa yang berbentuk persegi, pashmina dapat dengan mudah dibentuk dengan berbagai macam gaya dan kebutuhan individu.

-- -
4. Blouse Muslim (Atasan)

Pilihan fashion Muslim bukan hanya gamis atau kaftan, baju atasan juga menjadi preferensi pengguna Tokopedia ketika ingin tampil stylish namun tetap ingin memakai bawahan seperti celana atau rok panjang. Munculnya berbagai kreator busana Muslim membuat dunia fashion Muslimah kian mempesona melalui desain yang elegan.

Perkembangan waktu telah memungkinkan perempuan untuk menjadi lebih nyaman dalam memilih pakaian Muslim sesuai dengan gaya masing-masing. Ada perempuan yang lebih nyaman mengenakan gamis atau kaftan yang panjang, tetapi ada juga perempuan yang merasa lebih seperti dirinya dengan memakai blus dengan celana untuk outfit sehari-harinya. Memadukan warna yang elegan untuk atasan dan bawahan pun tidak sulit, karena bereksperimen dengan kombinasi warna yang berbeda dapat membuat seseorang terlihat berbeda dari yang lain dan tampil lebih berwarna.

-- -
5. Mukena

Istilah mukena sebenarnya tidak dapat ditemukan di negara lain kecuali Indonesia, Malaysia dan Singapura. Bahkan pemakaian mukena oleh Muslimah di luar negeri jarang ditemukan, karena bagi mereka umumnya menggunakan baju rapi, panjang yang menutup tubuh kecuali wajah dan telapak tangan saja sudah mencukupi.

Tradisi membeli mukena baru untuk menyambut bulan Ramadan terus dipertahankan oleh banyak pengguna Tokopedia setiap tahunnya. Baik untuk ibadah tarawih maupun Hari Raya Idul Fitri, mukena menjadi peralatan salat esensial yang selalu dicari oleh masyarakat, salah satunya dalam kategori Mukena Bunga di Tokopedia. Dahulu masyarakat berpikir bahwa mukena harus selalu berwarna putih bersih. Namun kini seiring dengan perkembangan zaman, muncul berbagai pilihan mukena dengan variasi model, warna, dan bahan.

Memilih pakaian Muslim terbaik untuk bulan Ramadan bisa jadi membingungkan, mengingat ada begitu banyak pilihan busana dan merek busana Muslim yang muncul, namun yang paling penting diperhatikan adalah kenyamanan. Sebagai komitmen Tokopedia dalam menciptakan peluang bagi seluruh masyarakat untuk mencapai lebih, Tokopedia ikut serta merayakan euforia menjelang bulan Ramadan melalui promo pengiriman gratis bagi Official Store dan marketplace dalam kategori Fashion Muslim hingga 14 April 2019.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.