Advertorial

Biaya Cetak di Kantor Membengkak, Ini Dia Solusinya

Kompas.com - 14/04/2019, 17:29 WIB
-- -

KOMPAS.com – Dalam industri atau perkantoran, biaya pengeluaran memang harus dipantau dengan baik agar tidak terlalu membengkak. Namun, ada satu sektor yang seringkali luput dari pengawasan sehingga menyebabkan biaya pengeluaran menjadi besar.

Sektor itu adalah biaya cetak. Saat ini, mencetak dokumen seolah menjadi aktivitas yang hampir pasti dilakukan oleh kebanyakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini menjadi faktor semakin meningkatnya biaya cetak.

Memang cukup sulit untuk dapat langsung mengetahui semua biaya yang berhubungan dengan pencetakan. Total biaya baru bisa didapatkan ketika semua laporan dikumpulkan. Hasilnya kerap mengejutkan karena biaya cetak ternyata begitu tinggi.

Ada banyak faktor yang menyebabkan melonjaknya biaya cetak. Tiga hal yang perlu dipertimbangkan adalah persediaan seperti kertas dan tinta, biaya pengadaan peralatan/pembelian printer, serta biaya pemeliharaan dan perbaikan.

Atasi tingginya biaya pencetakan

Tentu biaya cetak yang tinggi harus segera diantisipasi agar tidak membebani sektor keuangan suatu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Salah satu solusi jitu adalah menggunakan Printer HP Ink Tank Wireless 415.

Printer ini bisa melakukan tiga hal sekaligus, yakni mencetak, scan, dan copy. Ukuran printer pun kecil sehingga cocok untuk ruang kerja kecil, bahkan kantor rumahan.

Printer HP Ink Tank Wireless 415 juga mendukung konektivitas via Wi-Fi dan USB sehingga bisa dioperasikan jarak jauh. Teknologi HP’s Inkjet membuat printer mampu mencetak di berbagai permukaan (kertas mengkilap dan kertas foto) secara cepat dan konsisten.

-- -

Tak hanya kemampuan printer dalam mencetak, printer juga dilengkapi sistem isi ulang tinta antitumpah yang inovatif. Desain botol tinta pun tahan tumpah, bahkan saat dibalik, atau jatuh.

Jika ingin mengisi tinta, prosesnya mudah. Cukup pasangkan botol ke dalam tangki tanpa harus meremasnya terlebih dahulu. Bagian tinta printer yang transparan akan semakin memudahkan proses isi ulang dan pemantauan sisa tinta.

Dengan menggunakan tinta orisinal HP pada printer ini, dijamin tidak ada noda tinta atau noda pada dokumen. Teks pun akan terlihat lebih gelap dan tajam dengan grafik yang hidup.

Aplikasi smartphone dan fitur yang canggih

Pengguna HP Ink Tank Wireless 415 dapat mencetak gambar atau dokumen dari smartphone dengan mudah. Cukup mengunduh Hp Smart app dari platform app store apa pun. Bahkan mereka juga bisa mencetak dari media sosialnya (Facebook atau Instagram).

Proses pencetakan pun mudah. Melalui Wi-Fi Direct, printer bisa langsung mencetak dari komputer, smartphone, atau tablet tanpa membutuhkan router nirkabel. Ada pula fitur Wireless Networking yang memungkinkan penggunaan router untuk banyak pengguna.

Pusat layanan di seluruh Indonesia juga begitu banyak dan tersebar di berbagai kota. Total ada 12 pusat layanan di 10 kota, 76 titik layanan di 31 kota, layanan penjemputan 24 jam dari HP, layanan premier HP, dan ada pula aplikasi MyHP.