Advertorial

Mampir ke Kudus, Wajib Cicipi 5 Kuliner Legendaris Ini

Kompas.com - 02/05/2019, 19:07 WIB

 

Terkenal dengan wisata religinya, ternyata kota Kudus menyimpan banyak kuliner yang tak kalah legendaris. Lalu makanan apa saja yang wajib dicicipi saat berada di Kota Kretek ini? Berikut lima daftar kuliner khas Kudus.

  1. Soto Kudus
    Saatnya kamu mencoba langsung Soto Kudus di kota asalnya. Perpaduan nasi, kuah bening, kecambah, dan daging di dalam mangkuk kecil akan menyegarkan hari Anda. Di Kudus terdapat dua pilihan daging, yaitu daging ayam dan daging kerbau. Jangan lupa tambahkan sate hati ampela, sate telur puyuh, atau perkedel ke dalam mangkuk untuk rasa yang lebih lezat.
  2. Nasi Pindang Kudus
    Siapa yang tak suka dengan kuliner satu ini? Nasi disajikan bersama dengan potongan daging kerbau yang besar nan empuk disiram kuah rempah yang hangat. Tak lupa daun melinjo dan bawang goreng menjadi taburan pelengkap hidangan yang kaya rasa ini. Tenang saja, jika tak suka dengan daging kerbau, kamu masih bisa menikmati Nasi Pindang dengan daging ayam. 
  3. Sate Kerbau
    Jika umumnya sate berbahan dasar ayam atau kambing, di Kudus kamu bisa menikmati Sate Kerbau dengan sambal kacang dicampur serundeng yang menggoyang lidah. Penggunaan daging kerbau di Kudus ternyata punya sejarah tersendiri. Sejak masa lampau masyarakat memilih daging kerbau untuk menghormati umat Hindu yang menyucikan sapi. Maka dari itu kuliner berbahan daging kerbau menjadi hidangan khas daerah ini.
  4. Lentog Tanjung
    Kuliner yang satu ini sangat cocok untuk membuka pagi kamu di Kudus. Cobalah Lentog Tanjung yang berisi potongan lontong, sayur tahu tempe dengan kuah santan. Nikmati hidangan ini dengan tambahan sate kerang atau gorengan yang tersedia di meja kamu.
  5. Tahu Telor
    Hidangan ini sangat tepat dinikmati saat siang hari atau jadi camilan. Alasannya karena campuran tahu yang didadar bersama telur disajikan dengan sayuran tauge dilengkapi dengan bumbu kacang dan kecap yang menyegarkan. Rasanya yang gurih, asam, manis, dan pedas akan pecah di lidahmu.

Nah, selain bisa memanjakan lidah, saat berada di Kudus kamu juga bisa memacu adrenalin dengan ikutan “tiket.com Kudus Relay Marathon 2019” yang akan diselenggarakan pada tanggal 25 Agustus 2019. Dalam event ini terdapat lima kategori yang bisa kamu ikuti, yaitu relay marathon, half-marathon, 10K, 5K, dan kids fun run.

- -

Bagi kamu yang berhasil mencapai garis finish akan mendapatkan medali yang berbentuk puzzle dan memiliki kesempatan mengikuti Standard Chartered Singapore Marathon 2019 kategori Ekiden secara diundi. Selain itu, hadiah dengan total lebih dari Rp 180 juta menantimu!

Nah, tunggu apalagi? Segera daftarkan dirimu di tautan ini. Dapatkan juga diskon sebesar 50 persen lewat program flash sale yang berlangsung hingga tgl 3 Mei 2019 pukul 24.00. Untuk informasi selengkapnya silakan kunjungi  tiket.com. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com