Advertorial

Millenial Ingin Punya Mobil Pribadi? Ini Tips Pintar untuk Mewujudkannya

Kompas.com - 07/05/2019, 21:24 WIB
- --

Setiap orang tentunya memiliki impian untuk memiliki mobil pribadi. Mengendarai mobil pribadi mobilitas akan terasa lebih nyaman dan bebas. Rute, waktu keberangkatan, hingga waktu pulang ke rumah dapat diatur sesuai dengan kepadatan aktivitas harian.

Namun, pantaskah jika impian tersebut dimiliki oleh generasi millenial? Dana yang dibutuhkan pastinya tidak sedikit. Sementara, generasi millenial saat ini masih berada pada rentang usia yang cukup muda dan sebagian besar memiliki tingkat penghasilan yang belum begitu tinggi.

“Sebenarnya tidak ada larangan untuk membeli mobil asalkan dipastikan terlebih dahulu bahwa ini benar-benar kebutuhan,” ujar Farah Dini, Co-Founder Jouska Financial dalam sesi talk show Kompas.com Blogger Invasion with Mitsubishi Motors yang diselenggarakan di booth Mitsubishi Motors Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019 (Telkomsel IIMS 2019), JIExpo Kemayoran, Jumat (3/5/2019) lalu.

Farah mengatakan di dalam kehidupan pasti ada satu fase di mana mobil pribadi menjadi kebutuhan. Misalnya saja ketika sudah berkeluarga. Sementara bagi mereka yang lajang pasti ada satu titik seseorang merasa lelah naik kendaraan umum dan ingin punya mobil.

Ketika memasuki fase tersebut, lanjut Farah, ada tips yang bisa diikuti millennial agar kebutuhan memiliki mobil dapat terpenuhi yaitu cermat. Baik dalam memilih mobil dan memperhitungkan pembiayaannya. “Kita selalu diajari untuk menabung tetapi tidak pernah diajari cara mengelola uang dan spending yang pintar untuk memenuhi kebutuhan. Ini saatnya belajar,” ujarnya. 

-- -

Ada beberapa pertimbangan yang sebaiknya dimiliki oleh generasi millennial sebelum membelinya. Pertama, mobil dengan fungsi dan fitur seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan. Kemudian pilih mobil yang harganya sesuai kemampuan finansial.

Pastikan cicilan mobil tidak mencekik. Saat ada cicilan tersebut tabungan, kebutuhan, dana darurat, serta tujuan finansial lain harus tetap terpenuhi. “Idealnya total semua cicilan kita itu besarnya 30 persen dari total penghasilan. Itu semua cicilan termasuk mobil dan cicilan lain-lain,” saran Farah.

Selain besar cicilan yang harus dibayar, pertimbangkan juga bahwa dengan membeli aset maka akan ada biaya lain yang mengikuti. “Ini namanya butterfly effect di mana ketika membeli aset ada biaya-biaya lain yang mengikuti. Contoh jika beli mobil pasti ada biaya perawatan rutin, sparepart, pajak, dan lain-lain. Biaya ini harus masuk perhitungan keuangan kita,” katanya.

Oleh sebab itu, generasi millennial sebaiknya melirik mobil yang selain fiturnya pas dengan kebutuhan juga mudah perawatannya dan terjangkau biaya kepemilikannya. Misalnya saja seperti Mitsubishi XPANDER, salah satu MPV yang kini menjadi mobil favorit di Indonesia.

-- -

Ada sejumlah keuntungan yang diberikan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bagi pemilik Mitsubishi XPANDER melalui kampanye terbarunya #PilihXPANDERPinterBener.

Sebagai MPV, Mitsubishi XPANDER memiliki sejumlah fitur yang fungsional dan memastikan kenyamanan selama berkendara. Tidak hanya performanya yang tangguh kelebihan MPV ini juga terletak pada dimensi kabin yang lebih lapang. Penumpang dapat duduk dengan leluasa di dalam mobil ini.

Selain itu suspensinya pun kokoh sehingga kenyamanan tetap terjamin sekalipun melewati jalan berkontur. Dimensi bagasi pun lebih luas dan yang paling penting fitur keamanannya canggih. Oleh sebab itu, Mitsubishi XPANDER sudah terbukti bener enak untuk mobilitas sehari-hari.

Pemilik Mitsubishi XPANDER dapat merasakan bahwa MPV ini pinter dari segi biaya perawatan. Pemilik Mitsubishi XPANDER tidak perlu mengeluarkan biaya jasa, suku cadang, dan free chemical saat perawatan rutin selama 3 tahun atau hingga penggunaan mobil mencapai 50.000 kilometer.

Harga spare part-nya pun pinter, karena hingga pemakaian mobil mencapai 100.000 kilometer pemilik Mitsubishi XPANDER dapat hemat 45 persen untuk biaya penggantian spare part. Selain itu Mitsubishi XPANDER pun bener banyak dealer-nya. Saat ini ada 143 dealer resmi dari Mitsubishi Motors yang telah beroperasi di seluruh Indonesia.

-- -

Untuk kebutuhan perbaikan darurat, Mitsubishi Motors menyediakan layanan emergency service 24 jam yang bisa diakses kapan saja. Pemilik Mitsubishi XPANDER juga akan terlindung dengan asuransi kecelakaan diri selama satu tahun yang diberikan oleh MMKSI.

Fitur lengkap Mitsubishi XPANDER dan keuntungan lebih yang diberikan lewat program #PilihXPANDERPinterBener ditampilkan di booth Mitsubishi Motors pada ajang Telkomsel IIMS 2019, 25 April – 5 Mei 2019 lalu.

-- -

Selain itu MMKSI juga menghadirkan Mitsubishi XPANDER Limited yang hanya tersedia 1.000 unit di Indonesia.

Mitsubishi XPANDER Limited menawarkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan mewah. Jika menilik eksteriornya, terdapat aksen decal menghiasi sisi depan dan samping body mobil, mirror cover, dan roda.  Membuat varian edisi terbatas yang ditawarkan dalam warna quartz white pearl ini terlihat lebih sporty dari varian standarnya.

Tampilan juga lebih eksklusif dan mewah dengan tambahan door handle protector dan emblem Mitsubishi XPANDER pada hood mesin. Interiornya tak kalah eksklusif. Sporty seat dengan lapisan kulit serta scuff plate berlogo XPANDER menciptakan kesan mewah di dalam kabin.

Aksen decal masih mewarnai bagian dashboard kabin. Istimewanya dalam setiap unit Mitsubishi XPANDER Limited terdapat badge nomor seri mulai dari 0001 hingga 1.000 yang menunjukkan unit ke berapa mobil yang Anda miliki.

Performanya cukup tangguh di kelasnya dengan mesin 1.5 L Mivec DOHC 16 Valve. Suspensi pun lebih stabil dan nyaman sehingga kenyamanan berkendara tetap terasa meski melalui jalan berkontur.

Untuk keamanan pengemudi dan penumpang Mitsubishi XPANDER Limited pun dilengkapi dengan dual SRS airbag. Selain itu juga sejumlah fitur keamanan berkendara seperti Anti-locking Brake System dan Active Stability Control yang mencegah mobil slip ketika bermanuver, Hill Start Assist untuk mencegah mobil mundur saat melalui jalan menanjak, serta Emergency Stop Signal yang memastikan lampu hazard menyala otomatis saat pengereman mendadak.

Uniknya Mitsubishi XPANDER Limited juga dilengkapi fitur keselamatan Pedestrian Protection yang meminimalisir dampak seandainya terjadi kecelakaan yang melibatkan pejalan kaki serta Auto Door Relock System yang membuat mobil dapat terkunci otomatis dalam waktu 30 detik dengan keadaan pintu tertutup. Anda tidak perlu takut lupa mengunci pintu mobil saat parkir.

Informasi lebih lanjut mengenai Mitsubishi XPANDER Limited dapat diperoleh di sini.