Advertorial

Efek Domino Mandiri Jogja Marathon 2019, Luar Biasa!

Kompas.com - 08/05/2019, 09:03 WIB

Saat ini olahraga lari marathon memang sudah menemukan "nyawa"nya. Tidak harus menunggu menjadi seorang atlit, kini siapapun bisa mengikuti olahraga ini. Berbagai event lari marathon juga telah banyak diadakan, bukan hanya di daerah kota besar tapi juga sudah merambah ke daerah-daerah wilayah kecil.

Tentu saja ini menjadi kabar baik bagi bangsa Indonesia. Antusiasme keikutsertaan masyarakat dalam event lari marathon dapat menjadi tolok ukur kesadaran masyarakat akan pentingnya berolahraga bagi kesehatan. Kesadaran inilah yang dapat menjadi modal utama bangsa dalam pembangunan, karena bangsa sejahtera salah satu indikatornya adalah memiliki rakyat yang sehat.

Namun, apakah event lari marathon hanya terpatok pada peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya olahraga bagi kesehatan ?

Salah satu event lari marathon terbesar "Mandiri Jogja Marathon" berhasil mentahbiskan diri sebagai pioner kebangkitan olahraga lari marathon dengan keterlibatan masyarakat umum dari berbagai daerah Indonesia dan luar negeri sekaligus membuktikan bahwa event lari marathon bukan hanya sekadar perlombaan lari tapi lebih daripada itu, ternyata event ini juga dapat membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa, mengeksplorasi budaya dan kearifan lokal yang ada, mengenalkan sejarah kepada masyarakat serta turut mendongkrak destinasi-destinasi wisata lokal agar dapat lebih dikenal oleh kalangan luas.

Bukan hanya itu, Mandiri Jogja Marathon juga berupaya mengapresiasi antusiasme masyarakat dengan memberikan medali yang unik. Harapannya, agar keikutsertaan masyarakat dalam event ini bukan sekadar "mengikuti lomba" tapi juga dapat menjadi satu pengalaman yang menggembirakan dan membanggakan dengan perolehan medali tersebut.

Tidak dapat dimungkiri, event Mandiri Jogja Marathon berhasil menjadi trendsetter bagi daerah-daerah lain untuk menyelenggarakan event serupa. Di beberapa daerah telah ada event-event sejenis, pun dengan daerah saya yaitu Kabupaten Serdang Bedagai yang pada tahun ini telah terselenggara dua event lari marathon, yaitu ketika perayaan Hari Jadi Kabupaten dan perayaan jelang Pemilu. 

Percis dengan Mandiri Jogja Marathon, event lari marathon di daerah saya juga banyak diminati oleh masyarakat setempat. Meski tidak sebesar Mandiri Jogja Marathon, namun cukup membuktikan bahwa segala kebaikan event Mandiri Jogja Marathon telah berhasil menyentuh hingga ke daerah-daerah.

 

sumber:capture https://mandirimarathon.com/

Gaung Mandiri Jogja Marathon bukan hanya ada di daerah Jogja dan sekitarnya, tapi juga hampir ke seluruh daerah di Indonesia. Melalui sistem kepanitiaan yang bekerja secara profesional, event ini berhasil menjadi salah satu leading sector yang dapat memberikan efek Domino menggerakkan sektor-sektor lain, seperti sektor pariwisata dan budaya, kesehatan, lingkungan, pendidikan, ekonomi, pertahanan dan keamanan, dll, sehingga dalam satu kegiatan dapat diperoleh banyak manfaat dan keuntungan sekaligus.

Mandiri Jogja Marathon 2019 merupakan event kali ke-3 yang diselenggarakan di Candi Prambanan Jogjakarta. Event ini memiliki empat kategori perlombaan yang dapat diikuti, yaitu lari 5K, 10K, Half Marathon dan Full Marathon yang kesemuanya berhadiah besar bagi para juaranya di masing-masing kategori. Para juara ditentukan berdasarkan waktu terbaik dan memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan. Uniknya, setiap peserta akan dilengkapi dengan chip time sehingga mereka tidak perlu berdesakan mencari posisi terdepan saat di garis start karena waktu akan otomatis berjalan menyesuaikan dengan chip time masing-masing.

Terangkatnya Sektor Pariwisata dan Budaya

Bayangkan, saat kita lari kita akan disuguhi oleh pemandangan wisata dan keramahan masyarakat Jogja melalui budaya kearifan lokal mereka karena rute Mandiri Jogja Marathon sengaja dipilih pada titik-titik destinasi wisata yang ada, seperti Candi Prambanan, Candi Plaosan, Monumen Taruna dan jalan-jalan dengan suguhan pemandangan rumah-rumah masyarakat Jogja yang khas dan pemandangan alam lainnya. 

Pasti akan menjadi lari marathon yang asik dan seru kan ! Bukan hanya itu, pada rute-rute tersebut para peliput berita secara otomatis akan menayangkan liputan dengan background Jogja yang indah sehingga ditonton oleh seluruh masyarakat Indonesia bahkan mancanegara. Satu poin didapat, sektor pariwisata dan budaya akan terangkat dengan adanya event Mandiri Jogja Marathon ini.

Sadarnya Masyarakat akan Pentingnya Olahraga

Tidak dapat ditampik, event Mandiri Jogja Marathon ini sedikit banyak telah merubah pola berpikir masyarakat yang tadinya anti atau malas berolahraga, namun kini begitu bersemangat untuk berolahraga terutama lari. Secara tidak langsung, Mandiri Jogja Marathon telah menjadikan masyarakat untuk "terbiasa" berolahraga, bukan hanya pada saat event berlangsung tapi juga pada hari-hari biasa mereka. Apalagi, lari merupakan olahraga yang paling sederhana dibanding olahraga-olahraga lainnya sehingga memnungkinkan bagi siapapun untuk melakukannya.

Secara khusus, tahu nggak bahwa rutin berolahraga lari dapat membantu mengurangi berat badan, mencegah osteophorosis serta mengurangi risiko serangan jantung koroner. Dampak psikologisnya, dapat menciptakan suasana hati dan pikiran yang lebih baik sehingga semangat beraktifitas pun akan lebih terasa. Bagaimana ? Masih ogah berolahraga lari ?

Dukungan terhadap Kelestarian Lingkungan

 

sumber:capture https://mandirimarathon.com/

Tau nggak, salah satu keistimewaan event Mandiri Jogja Marathon ini adalah menempatkan "Buang Sampah Sembarangan" pada poin pertama daftar aturan diskualifikasi lomba loh ! Jadi, jangan coba-coba membuang sampah sembarangan selama mengikuti event ini kalau nggak ingin didiskualifikasi oleh panitia ya ! 

Larangan membuang sampah sembarangan ini bukan aturan main-main dan merupakan bentuk dukungan penuh Mandiri Jogja Marathon pada isu-isu kelestarian lingkungan di Indonesia, dimana salah satunya adalah masih rendahnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dengan membuang sampah sembarangan. Melalui event ini, Mandiri Jogja Marathon juga turut mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Luar biasa !

Belajar Mengenal Sejarah di Jogja

Sudah menjadi komitmen penyelenggara bahwa Event Mandiri Jogja Marathon bukan sekadar event lomba lari marathon, lebih dari itu, Mandiri Jogja Marathon juga memiliki manfaat dan keuntungan di sektor lainnya. Di sektor pendidikan, Mandiri Jogja Marathon secara tidak langsung juga mengenalkan kekayaan budaya dan peninggalan sejarah di Jogja kepada masyarakat dan peserta khususnya. Momen ini dapat menjadi salah satu metode bagaimana mengenalkan sejarah dan budaya Jogja dengan cara yang unik dan menggembirakan tentunya.

Wadah Kreatif Bagi Para Pegiat Ekonomi

Ya, event Mandiri Jogja Marathon bukan saja berisi kegiatan lomba lari marathon saja, tapi juga ada acara- acara pendukung lainnya seperti gelaran festival kuliner di area garis akhir perlombaan. Masyarakat dan peserta akan disuguhi oleh beragam kuliner yang lezat khas Jogja maupun khas daerah lainnya. Dari sini, sudah jelas bahwa event sebesar Mandiri Jogja Marathon akan memiliki dampak luar biasa bagi giat pertumbuhan ekonomi pada saat itu.

Berbagai macam seni dan kreatifitas masyarakat akan diwadahi secara profesional disini sehingga selain dapat mengenalkan produk-produk kreatif lokal andalan juga dapat berpartisipasi dalam memajukan pertumbuhan ekonomi, khususnya di wilayah Jogja dan sekitarnya. Bukankah ini salah satu langkah baik yang diperoleh dari gelaran Mandiri Jogja Marathon ?

Event Pemersatu Bangsa

Partisipasi keikutsertaan dan antusiasme masyarakat pada Mandiri Jogja Marathon terbukti menjadi ajang pemersatu bangsa karena siapapun dapat mengikuti event ini selama memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Bisa dibayangkan, peserta yang terdiri dari beragam daerah, suku budaya, agama, dll bersatu dalam satu gelaran bertajuk Mandiri Jogja Marathon untuk sebuah pengukiran prestasi di bidang olahraga. Semua akan melebur menjadi satu dan saling menjaga sportifitas selama berlomba tanpa membedakan satu sama lain. Bukankah ini suatu pemandangan yang sangat indah ?

 

sumber:capture https://mandirimarathon.com/

Nah, itulah tadi berbagai gambaran efek domino positif dari penyelenggaraan event besar Mandiri Jogja Marathon terhadap berbagai sektor. Sungguh luar biasa ! Semoga gelaran Mandiri Jogja Marathon dapat diselenggarakan selama jangka panjang dan terus menginspirasi bagi daerah-daerah lainnya untuk membuat gelaran yang serupa. 

Jadi, tunggu apa lagi ? yuk ikut berpartisipasi dalam event luar biasa Mandiri Jogja Marathon 2019 ini dengan mendaftar secara online. Info lengkap bisa didapatkan di https://mandirimarathon.com/ termasuk juga download rute marathon dan ketentuan-ketentuan lainnya. Masih ada waktu sebelum event berlangsung tanggal 28 april 2019 ya !

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com