Advertorial

Rencana Berlibur ke Kudus? Berikut Rekomendasi Hotel dan Penginapan Terbaik di Kota Kretek

Kompas.com - 08/05/2019, 18:53 WIB

Mejelajahi Pulau Jawa belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi kota kretek kebanggaan Indonesia, kota Kudus. Terletak di kaki Gunung Muria, Kudus merupakan rumah bagi industri kretek terbesar di pulau Jawa sekaligus tempat lahirnya sejumlah legenda bulutangkis tanah air. Tak hanya itu, kota Kudus pun merupakan salah satu pusat perkembangan agama Islam di masa lampau.

Kudus menyimpan berbagai pesona yang patut dieksplor oleh pengunjungnya. Misalnya begitu memasuki wilayah Kudus dari arah barat, Anda akan disambut oleh monumen Gerbang Kudus Kota Kretek yang cantik. Anda pun bisa melihat sejumlah monumen ikonik lainnya, seperti Monumen Kretek Indonesia dan Sculpture Super Smash.

Bagi Anda yang menyukai wisata alam, mendaki Gunung Muria tentu merupakan aktivitas yang tak boleh dilewatkan. Jika tak sempat melakukan pendakian, berkunjung ke beberapa air terjun yang sejuk seperti Kali Banteng, Kedung Gender, atau air terjun Pengantin pun cukup menjadi pengobat rindu akan keindahan dan kesegaran alam.

Nama Kudus sendiri berasal dari kata Al Quds yang berarti suci. Nama ini diberikan oleh Sunan Kudus, salah seorang wali songo yang pertama kali mendirikan kota Kudus. Latar belakang inilah yang juga menjadikan Kudus sebagai destinasi wisata religi, salah satunya Mesjid Menara Kudus. Mesjid ini memadukan gaya arsitektur Islam, Hindu, dan Buddha yang membuktikan terjadinya akulturasi dalam perkembangan agama Islam kala itu. Tak hanya beribadah dan menikmati arsitekturnya yang cantik, para pengunjung pun bisa berziarah ke makan Sunan Kudus yang berada di area masjid ini.

Meski terhitung kota kecil, Anda tak perlu khawatir soal akomodasi. Berikut adalah beberapa pilihan penginapan yang bisa dipilih sesuai budget dan selera Anda ketika berkunjung ke Kudus.

HOM Hotel Kudus

Terletak di Jalan Tanjung, hotel bintang 3 ini merupakan salah satu rangkaian hotel dari Horison Grup. Bergaya interior minimalis khas budget hotel, HOM Kudus menawarkan kamar yang nyaman dan pelayanan prima dari staf yang ramah dan berpengalaman.

Hotel Griptha Kudus

Satu lagi hotel berbintang 3 yang bisa dipilih ketika berkunjung ke Kudus. Hotel ini menyediakan kamar yang luas dan fasilitas lengkap mulai dari koneksi wifi, kolam renang, hingga gym dan ruang pertemuan. Lokasinya yang berada di pinggir kota pun cocok untuk Ada yang mencari ketenangan selama menginap.

Hotel Kings Kudus

Hotel berbintang 2 milik legenda bulutangkis Indonesia Liem Swie King ini berada di tengah kota, cocok bagi Anda yang harus berkegiatan di pusat kota. Harga yang ditawarkan pun sebanding dengan fasilitas dan kemudahan akses yang dimiliki oleh hotel ini.

Hotel CHOTIN

Bagi Anda yang memilih untuk berhemat di sektor akomodasi, hotel ini bisa jadi pilihan. Di hotel ini, Anda bisa menginap dengan harga di bawah Rp 200 ribu untuk 2 orang per malamnya.

Baik solo traveling maupun bersama teman-teman, Anda bisa menikmati kota Kudus dengan segala keragamannya . Persiapkan perjalanan Anda dan dapatkan harga tiket serta penginapan terbaik di tiket.com. Selain wisata alam, budaya, dan religi, Kudus juga merupakan destinasi wisata olahraga.

Salah satunya adalah lewat tiket.com Kudus Relay Marathon (TKRM) 2019 yang akan diselenggarakan tanggal 25 Agustus 2019 mendatang. Ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan TKRM.  Ada 5 kategori yang dilombakan tahun ini, yakni relay marathon, half-marathon, 10k, 5k, dan kids fun run dengan total hadiah Rp 189 juta. Para pemenang akan mendapatkan medali unik berbentuk puzzle dan berkesempatan untuk mengikuti Standard Chartered Singapore Marathon 2019 kategori Ekiden. Untuk informasi selengkapnya silahkan kunjungi tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com