Advertorial

Mengapa Kamu Harus Menantang Diri untuk Sekolah di Luar Negeri?

Kompas.com - 12/05/2019, 12:10 WIB
- -

Saat ini begitu banyak negara membuka kesempatan bagi pelajar internasional untuk menimba ilmu di universitas-universitas terbaiknya. Baik melalui program beasiswa ataupun pembiayaan pribadi. Jenjang studi yang dibuka pun beragam mulai dari diploma, S1, S2, dan S3. Ada juga program-program studi seperti summer school atau studi vokasional yang bisa kamu coba.

Nah, kamu yang saat ini berniat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tentunya wajib untuk melirik kesempatan tersebut.  Bukan untuk mengejar prestise. Ada banyak manfaat positif yang bisa diperoleh jika kamu berhasil menantang diri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri. Apa saja?

1.        Meningkatkan daya saing

Seperti kita ketahui banyak negara yang memiliki standar pendidikan lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara kita. Oleh sebab itu, dengan menimba ilmu di negara-negara tersebut otomatis daya saingmu akan lebih tinggi di pasar kerja. Selain itu dengan menjadi lulusan universitas di luar negeri prospek untuk meniti karier di ranah global pun lebih terbuka.

2.        Menambah kemampuan bahasa asing

Jika ingin menimba ilmu di satu negara sudah pasti kamu harus belajar bahasa nasional negara tersebut. Dengan demikian bertambah satu lagi bahasa asing yang kamu kuasai. Jika negara yang kamu tuju sebagai tempat menimba ilmu menggunakan Bahasa Inggris, lumayan juga. Kamu bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu.

3.        Lebih mudah bergaul dan beradaptasi

Jika tinggal di negara lain kamu pastinya akan berhadapan dengan budaya, kebiasaan, dan aturan yang berbeda dari negaramu. Ditambah kamu juga akan bertemu sesama pelajar internasional yang datang dari latar belakang budaya beraneka ragam. Kamu akan belajar beradaptasi, menjadi lebih peka, dan lebih mudah bergaul.

4.        Menjadi mandiri dan dewasa

Jauh dari orangtua dan kenyamanan yang ditawarkan di negara sendiri kamu akan belajar untuk jadi pribadi yang mandiri. Kamu akan belajar memecahkan masalah yang dihadapi hingga bertanggung jawab atas dirimu sendiri. Hidup juga harus serba irit sehingga kamu akan belajar menghargai apa yang kamu punya sekecil apapun itu. Memang tidak mudah tapi jika berhasil melampaui kesulitan tersebut kamu akan menjadi pribadi yang dewasa.

5.        Memperluas wawasan dan menambah pengalaman hidup

Lingkup pertemananmu akan lebih global. Dengan demikian kamu akan belajar terbuka menerima pendapat dan sudut pandang berbeda. Kamu juga akan memperoleh perspektif baru soal hidupmu dan budaya negara asalmu. Selain itu, kamu bisa mendapat pengalaman baru dengan bertualang bersama teman-teman seperjuangan saat hari libur.

Namun, jika ingin memperoleh kesempatan melanjutkan pendidikan di luar negeri kamu sebelumnya harus melakukan banyak riset dan persiapan. Mulai dari negara mana yang cocok dengan bidang studi yang ingin kamu pelajari, universitas mana yang terbaik, bagaimana kehidupan di negara tersebut, hingga persoalan administrasi seperti tahapan pendaftaran dan seleksi mahasiswa.

Pada tahap riset dan persiapan inilah biasanya kamu merasakan kebingungan yang berpotensi menurunkan semangatmu untuk studi di luar negeri. Nah, beruntung kamu bisa menghubungi IALF Global, konsultan pendidikan luar negeri yang dapat membantumu melalui tahapan tersebut.

IALF Global memiliki sejumlah layanan seperti konsultasi akademis untuk membantu memilih disiplin ilmu dan jenjang pendidikan, konsultasi geografis untuk membantu memilih negara dan kota tujuan studi, hingga konsultasi mengenai kondisi sosial dan budaya di negara tersebut.

Tidak hanya itu IALF Global juga dapat membantu pendaftaran online atau offline institusi-institusi pendidikan di berbagai negara. Beberapa di antaranya Singapura, Malaysia, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan negara-negara Eropa. Selain itu juga pengurusan visa pelajar, akomodasi dan penjemputan saat tiba di negara tujuan studi, hingga pengurusan visa kunjungan untuk orangtua.

IALF Global juga dapat membantu dalam persiapan tes IELTS atau tes berbasis internet PTEA (Pearson Test of English Academic) yang menjadi syarat untuk dapat melanjutkan pendidikan di luar negeri. Kamu bisa mengikuti kursus intensif selama 2 minggu, atau reguler selama 5 atau 8 minggu. Tes IELTS dan PTEA juga bisa dilakukan di IALF Global.

Kunjungi www.ialf.edu atau ikuti akun Facebook dan Instagram @ialfedu untuk informasi lebih lanjut. Kamu yang berdomisili di Jakarta juga bisa langsung mengunjungi kampus IALF Global di Plaza Kuningan, Menara Selatan lantai 3, Jl HR Rasuna Said, Kavling C 11-14, Jakarta Selatan yang buka setiap Senin-Sabtu pukul 9.00 – 17.00 WIB.