Advertorial

Ingin Kuliah di Luar Negeri, Negara Mana yang Terbaik untuk Dituju?

Kompas.com - 14/05/2019, 13:58 WIB
- -

Sebelum bisa memperoleh kesempatan melanjutkan pendidikan di luar negeri ada satu tahapan penting yaitu memilih negara dan kota mana yang akan kamu jadikan tempat belajar. Meski terdengar mudah, tahapan ini justru yang paling membuat banyak calon pelajar kebingungan. Ini karena begitu banyak negara di seluruh dunia yang memiliki sistem pendidikan berkualitas. Masing-masing juga memiliki budaya yang unik untuk dieksplorasi.

Nah, untuk membantumu memilih dengan cermat ini beberapa rekomendasi negara yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

Singapura

Negara ini populer di kalangan pelajar Indonesia sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selain letak geografisnya yang sangat dekat dan sistem pendidikannya yang sudah berstandar internasional ada beberapa kelebihan yang ditawarkan Singapura. Toleransi terhadap perbedaan budaya sangat baik di negara ini. Selain itu negara ini pun aman dan nyaman untuk ditinggali. Universitas yang bisa kamu pertimbangkan adalah Murdoch University dan Curtin University.

Australia

Australia merupakan melting pot budaya-budaya dari seluruh dunia. Penduduk negara ini pun terbuka terhadap perbedaan. Tinggal di Negeri Kanguru ini kamu akan merasakan pengalaman multikultur yang unik.

Kualitas pendidikan di negara ini pun sangat baik. Banyak universitas di negara ini seperti University of New South Wales, University of Western Australia, Monash University, dan Canberra University, Victoria University, Adelaide University, University of Tasmania, University of South Australia, Queensland University of Technology, Curtin University, dan masih banyak lagi yang masuk dalam daftar 100 universitas terbaik di dunia. Kelebihan lain studi di Australia adalah diperbolehkannya pelajar internasional untuk kerja paruh waktu. Saat liburan kamu bisa eksplorasi alam Australia yang indah.

Selandia Baru

Lembaga pendidikan di Selandia Baru, baik unversitas, politeknik, hingga studi vokasi selalu menjalin kerja sama dengan industri yang tengah berkembang. Oleh sebab itu lulusannya punya daya saing lebih besar di dunia kerja. Selain itu Selandia Baru juga membuka banyak jalur beasiswa untuk pelajar Indonesia.

Beberapa universitas terbaiknya adalah The University of Auckland, University of Otago, University of  Canterbury, Victoria University of  Wellington, dan Massey University. Disiplin ilmu yang banyak dipilih adalah Bahasa Inggris, Teknik, Bisnis, Agrikultur, dan Kuliner.

Amerika Serikat

Amerika Serikat memiliki banyak institusi pendidikan, program-program pendidikan, dan beasiswa yang menarik bagi pelajar internasional. Selain itu kesempatan untuk melakukan penelitian bagi pelajar juga terbuka lebar di negara ini. Displin ilmu yang banyak dipilih pelajar internasional di Amerika Serikat antara lain adalah teknik, sains, dan kedokteran.

- -

Negara Eropa

Hampir semua universitas terbaik di dunia berada di Benua Eropa. Selain itu Eropa juga merupakan rumah dari universitas-universitas tertua di dunia. Kualitas pendidikan di banyak negara Eropa juga sudah diakui oleh perusahaan-perusahaan ternama di dunia.

Beberapa negara yang bisa kamu pilih adalah Inggris, Jerman, Belanda, dan Perancis. Bonusnya, saat liburan kamu bisa menjelajah negara-negara Eropa yang berdekatan dengan negara tempatmu belajar.

Jika masih kebingungan kamu bisa mengunjungi IALF Global untuk memperoleh bantuan konsultasi mengenai persiapan studi di luar negeri. Termasuk menentukan negara dan universitas mana yang akan kamu jadikan tempat belajar.

Konsultan IALF Global dapat memberikan informasi mengenai sistem pendidikan di negara-negara yang kamu minati.  Termasuk Singapura, Malaysia, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Kanada, China, dan negara-negara Eropa seperti Inggris, Irlandia, dan Jerman.

Mereka juga akan membantumu menganalisa negara, universitas, atau program studi seperti apa yang cocok dengan latar belakang akademis, disiplin ilmu yang kamu minati, tujuan akademis dan kariermu, serta budget yang kamu miliki. Temukan juga booklet dan brosur dari berbagai universitas terbaik di dunia untuk kamu jadikan referensi.

IALF Global juga dapat membantumu mengurus visa pelajar, akomodasi, dan segala kebutuhan administrasi untuk tinggal di luar negeri di IALF Global. Selain itu juga mempersiapkan tes IELTS dan PTEA yang jadi syarat untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Segera kunjungi www.ialf.edu dan ikuti akun Facebook dan Instagram @ialfedu. Jika berdomisili di Jakarta, kamu bisa kunjungi IALF Global di Plaza Kuningan, Menara Selatan lantai 3, Jl HR Rasuna Said, Kavling C 11-14, Jakarta Selatan.

 Jangan ragu untuk wujudkan impianmu lanjutkan pendidikan di luar negeri!