Advertorial

Hindari Denda, Bayar Tagihan PDAM Lebih Mudah dan Tepat Waktu Lewat Aplikasi Traveloka

Kompas.com - 15/05/2019, 13:51 WIB
- --

Tak hanya satu atau dua, ada berbagai kasus perkara pemutusan distribusi air bersih yang dilakukan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Bukan tanpa alasan, pemutusan ini dilakukan karena banyak masyarakat yang telat membayar tagihan rutin bulanan. Hasilnya, banyak rumah yang tidak mampu merasakan air bersih akibat kesalahan dari sang pemilik rumah sendiri.

Perlu diketahui bahwa PDAM sudah menetapkan sistem bayar bulan berjalan. Dengan kata lain, apabila ada keterlambatan membayar tagihan selama satu bulan lalu hanya membayar tagihan satu bulan berikutnya, tagihan bulan yang sudah lewat akan dihitung sebagai tunggakan tagihan. Bila tunggakan sudah mencapai lebih dari tiga bulan, akan dilakukan pemutusan distribusi.

Bukan hanya membayar tunggakan yang ada, Anda pun akan dikenakan denda setiap bulannya. Denda tersebut akan dibebankan setiap tanggal 23 setiap bulannya jika tagihan belum juga dibayarkan. Hal ini pun tentu sangat merugikan, baik bagi masyarakat dan juga pemerintah.

Dari sisi PDAM, pemasukan daerah dari masyarakat akan terhambat karena terlambatnya pembayaran tagihan rutin. Di sisi lain, masyarakat yang menunggak pun lambat laun akan kehilangan distribusi air bersih ke rumahnya. Padahal, air bersih sangat dibutuhkan untuk melakukan aktivitas di rumah, seperti mandi, mencuci, memasak, dan masih banyak lagi.

Selalu ada cara mudah untuk membayar tagihan PDAM, salah satunya adalah melalui Traveloka App. Selain mudah, ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan aplikasi Traveloka.

1. Bisa mengecek tagihan secara online

Di era yang serba modern dan canggih, semua bisa dilakukan lewat gadget, tak terkecuali untuk mengecek tagihan bulanan. Traveloka membantu Anda untuk mengecek berbagai tagihan rutin bulanan, termasuk tagihan PDAM. Anda cukup masuk ke dalam aplikasi dan isi nomor pelanggan PDAM di fitur Bill Payment. Selanjutnya, jumlah tagihan yang harus dibayarkan akan langsung muncul di layar.

2. Bayar kapan saja

Untuk beberapa alasan, sebagian orang menjadwalkan urusan membayar tagihan pada pagi hari. Salah satunya karena loket pembayaran yang biasanya dibuka pada waktu tertentu. Begitu juga halnya dengan layanan online bank yang juga hanya buka di jam kerja.

Berbeda dengan layanan tersebut, aplikasi Traveloka bisa dimanfaatkan seharian, bahkan pada satu hari sebelum jatuh tempo. Anda tetap bisa melakukan pembayaran pada malam hari setelah jam kerja dan terhindar dari denda keterlambatan membayar.

3. Sistem pembayaran yang beragam

Traveloka memberikan banyak pilihan pembayaran untuk melunasi tagihan PDAM Anda setiap bulannya. Anda bisa melakukan transfer bank via ATM, mobile banking, atau internet banking untuk menyelesaikan pembayaran. Bisa juga dengan menggunakan kartu kredit, CIMB kliks, dans BCA Klikpay.

Melakukan pembayaran secara tunai pun bisa dilakukan dengan mengganti metode pembayaran menjadi lewat gerai Alfamart atau Indomaret. Cukup datang ke gerai terdekat dan tunjukkan nomor pembayaran Traveloka Anda, lalu lakukan pembayaran di kasir.

Jangan lagi menunda bayar tagihan dan bayar PDAM online Anda. Temukan kemudahan dalam membayar dan terhindar dari denda serta pemutusan distribusi air bersih ke rumah. Nah, sekarang cek tagihan rutin bulanan Anda. Masih adakah yang belum dibayarkan?