Advertorial

4 Alasan Kenapa Harus Menyediakan Obat-Obatan Selama Mudik

Kompas.com - 15/05/2019, 18:57 WIB
- -

Bagi sebagian besar umat Muslim, mudik mungkin merupakan salah satu acara travelling yang paling penting dalam setahun. Berbagai checklist sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, seperti belanja baju baru, persiapan oleh-oleh untuk sanak saudara, hingga tiket mudik atau mengecek kesiapan mobil untuk mudik.

Namun, sudahkah Anda memasukkan daftar obat-obatan selama perjalanan ke dalam checklist mudik Anda? Berikut adalah alasan mengapa Anda harus membawa obat-obatan pribadi selama perjalanan:

1.   Kelelahan hingga tubuh terasa pegal

Jarak tempuh berjam-jam mengakibatkan badan menjadi lelah. Badan yang kurang bergerak selama di dalam kendaraan atau menyetir dapat mengakibatkan pegal-pegal yang tentunya sangat mengganggu.

2.   Rentan terkena penyakit pernapasan

Padatnya lalu lintas dapat menyebabkan meningkatnya debu dan polusi udara. Belum lagi, banyaknya kerumunan orang menyebabkan mudahnya penyebaran penyakit lewat udara, termasuk penularan virus influenza.

3.   Bentuk kewaspadaan terhadap resiko demam

Infeksi virus/bakteri dari makanan atau lingkungan saat sistem imun menurun karena lelah juga dapat mengakibatkan demam. Apalagi jika demam menyerang anak-anak, perjalanan mudik tidak seceria yang diharapkan.

4.   Terhindar dari rasa pusing

Stres karena kemacetan mudik dan kurangnya asupan oksigen ke otak dapat menjadi pencetus sakit kepala. Tentunya rasa sakit kepala ini akan sangat mengganggu kenyamanan perjalanan mudik Anda jika tidak dicegah dan ditangani.

Seyogyanya, mudik menjadi pengalaman tak terlupakan dan menjadi momen berkumpul keluarga yang menyenangkan. Jangan biarkan penyakit-penyakit tersebut mengganggu momen mudik Anda.

Sediakanlah obat-obatan penting seperti krim nyeri otot dan nyeri sendi yang mengandung Natrium diclofenac. Zat tersebut berfungsi untuk mengatasi rasa sakit hingga ke sumbernya, seperti produk Voltaren. Kemudian obat batuk yang dapat meredakan demam dan menekan pengeluaran lendir di hidung, seperti Panadol Flu Batuk pun penting untuk siapkan.

Tak hanya kedua obat-obatan di atas saja, Anda juga perlu menyiapkan pereda demam untuk anak-anak yang praktis seperti Panadol Kids Chewable. Kemudian obat yang mengandung kombinasi paracetamol dan kafein seperti Panadol Extra pun penting, karena secara klinis dapat meningkatkan efektivitas paracetamol.

Agar lebih praktis, Anda dapat membeli paket obat mudik di apotek-apotek terdekat di rumah Anda. Selamat mudik sehat di tahun 2019!

CHID/CHPAN/0023/19