Advertorial

Agar Rencana Kuliah di Luar Negeri Lancar, Ikuti 6 Tahapan Persiapan Ini!

Kompas.com - 16/05/2019, 15:49 WIB
- -

Minat pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri semakin meningkat. Mengutip dari artikel yang dipublikasikan Kompas.com mengenai minat belajar di luar negeri Senin (8/4/2019) lalu, Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-22 di dunia sebagai negara terbanyak yang mengirimkan pelajar ke luar negeri.

Selain ingin punya kesempatan mengenyam pendidikan berstandar internasional banyak pelajar Indonesia juga ingin mendulang pengalaman hidup berharga dari berkuliah di luar negeri.

Nah, jika kuliah di luar negeri juga merupakan impian terbesarmu, kamu harus melakukan persiapan dengan baik. Apa saja yang harus kamu lakukan dalam tahap persiapan tersebut? Berikut enam langkah yang bisa kamu ikuti.

1.        Memilih fokus studi dan negara tujuan

Kamu harus menentukan terlebih dulu tujuan studimu di luar negeri mulai dari disiplin ilmu apa yang ingin kamu dalami selama kuliah nanti hingga jenjang pendidikan yang ingin kamu capai. Berdasarkan tujuan studi tersebut, ditambah pertimbangan latar belakang akademismu dan budget yang dimiliki tentukan negara dan universitas yang sesuai.

2.        Ikuti tes yang jadi persyaratan

Jika ingin berkuliah di luar negeri kamu harus membuktikan bahwa kamu mampu memahami dan menggunakan bahasa di negara tujuanmu. Baik untuk proses belajar maupun di kehidupan sehari-hari. Caranya dengan mengikuti tes IELTS, TOEFL, atau PTEA. Beberapa negara biasanya juga mengharuskan calon pelajar mengikuti tes akademis seperti SAT, GMAT, atau GRE.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

- -

3.        Daftarkan diri di universitas yang dituju

Setelah dokumen berupa hasil tes kemampuan bahasa dan akademis, ijasah yang sudah diterjemahkan, statement of purpose yaitu essai singkat berisi niatmu berkuliah, serta dokumen lain lengkap daftarkan dirimu di universitas yang dituju.

Setiap negara punya tahun ajaran yang berbeda yang menentukan kapan periode pendaftaran mahasiswa baru dibuka. Selain itu, setiap universitas pun punya aturan berbeda soal pendaftaran mahasiswa internasional.  Oleh sebab itu kamu harus rajin mencari informasi tentang dua hal tersebut. 

4.        Tunggu Letter of Acceptance (LOA) dan Confirmation of Enrolment atau Acceptance of Studies

Tunggu datangnya Letter of Acceptance (LOA) yaitu surat penawaran dari universitas yang berisi rincian biaya, program yang mau diambil, dan periode studi. Tanda tangani LOA jika kamu setuju dengan penawaran dan ketentuan yang dipaparkan di dalamnya.  Setelah LOA diterima berarti kamu harus sudah siap untuk membayarkan biaya pendidikan sekaligus asuransi kesehatan dan biaya akomodasi.

Setelah pembayaran, kamu akan dikirimkan Confirmation of Enrolment atau Acceptance of Studies yang menyatakan kamu sudah diterima dan universitas sudah menyiapkan tempat untukmu di sana.

5.        Siapkan akomodasi di negara tujuan

Jika memilih untuk tidak tinggal di akomodasi yang sudah disediakan kampus tujuan, kamu harus mulai mempersiapkannya sebelum mengurus visa. Sambil menyiapkan akomodasi pikirkan juga ketika sampai di sana moda transportasi apa yang bisa kamu gunakan untuk tiba di tempat tinggalmu mengingat kamu pastinya akan membawa cukup banyak barang.

6.        Siapkan dokumen untuk visa pelajar

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan dokumen dan mengurus visa pelajar. Dokumen yang diperlukan biasanya adalah paspor, akte dan ijasah yang sudah diterjemahkan ke Bahasa Inggris, Confirmation of Enrolment atau Acceptance of Studies dan bukti pelunasan biaya pendidikan, asuransi, akomodasi, dan beberapa dokumen pendukung lain.

- -

Tahap persiapan ini biasanya memerlukan waktu dan motivasi yang besar. Jika tidak ingin merasa sendirian saat melalui tahapan ini kamu bisa meminta bantuan konsultan pendidikan di luar negeri seperti IALF Global.

Konselor IALF Global siap membantumu mulai dari tahap pertama yaitu menentukan universitas dan negara tujuan sesuai minat belajar serta budgetmu. Kamu juga bisa mempersiapkan tes IELTS atau PTEA yaitu tes kemampuan berbahasa Inggris berbasis online dan melakukan tesnya di kampus IALF Global.

Konselor IALF juga dapat membantumu mendaftar di universitas yang dituju, melakukan pengurusan visa pelajar, hingga mempersiapkan akomodasi dan transportasi saat kamu tiba di negara tujuan. Jika orangtuamu ingin menemani saat kamu pertama datang ke negara tujuan IALF Global juga dapat membantu pengurusan visanya.

Kunjungi www.ialf.edu dan ikuti akun Facebook dan Instagram @ialfedu untuk informasi lebih lanjut. Jika berdomisili di Jakarta, kamu bisa kunjungi IALF Global di Plaza Kuningan, Menara Selatan lantai 3, Jl HR Rasuna Said, Kavling C 11-14, Jakarta Selatan.