Advertorial

Mudik Nyaman dan Sehat Bersama Si Kecil

Kompas.com - 21/05/2019, 21:45 WIB

Mudik bersama si kecil tak jarang membuat orang tua harap-harap cemas. Salah satu pertanyaan yang paling sering terlintas adalah akankah perjalanan mudik membuat si kecil nyaman atau justru kelelahan? Jangan khawatir, momen mudik bersama si kecil akan tetap menyenangkan jika persiapan perjalanan mudik dilakukan seoptimal mungkin.

Terlalu lama duduk di dalam kendaraan bisa membuat si kecil bosan. Jangan lupa untuk membawa beberapa mainan atau makanan favoritnya untuk mengisi waktu luang. Siapkan kudapan favorit si kecil sebagai senjata ketika mereka mulai lapar. Bila perlu, ajak anak ketika belanja kudapan mudik mereka. Activity books seperti buku gambar dan krayon atau buku tempel stiker juga bisa menjadi alternatif agar si kecil tak bosan.

Jadikan perjalanan mudik sebagai quality time bersama anak. Caranya, ajak anak bermain kuis atau tebak-tebakan tentang tempat yang dilewati ketika mudik. Misalnya, apa buah asli daerah tersebut, bagaimana padi berbuah, atau sumber mata pencaharian masyarakat di sana. Bagi anak balita, Anda bisa menceritakan dongeng atau cerita rakyat daerah tersebut.

Agar mudik bersama keluarga nyaman, pastikan seluruh anggota keluarga mudik dalam keadaan sehat .Jangan biarkan momen mudik ini terganggu karena anak atau Anda sakit. Nah, agar kesehatan dan kenyamanan keluarga tetap terjaga, simak dulu beberapa tips berikut ini.

1.       Jaga kesehatan keluarga selama mudik

Jaga asupan makanan sebelum berangkat dan selama perjalanan mudik berlangsung. Pastikan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan higienis sepanjang perjalanan agar terhindar dari diare. Pastikan juga si kecil banyak minum air putih dan tetap terhidrasi dengan baik.

2.       Menyiapkan pertolongan pertama (P3K)

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan P3K keluarga. Siapkan obat demam untuk anak-anak yang mudah dibawa, seperti paracetamol anak yang dapat dikunyah yaitu Panadol Kids Chewable. Selain itu, bawa pula obat sakit kepala, obat nyeri sendi dan otot, serta obat flu dan batuk untuk orang tua. Agar lebih praktis, Andabisa membeli paket obat mudik tersebut di apotek Kimia Farma terdekat.

3.       Tingkatkan daya tahan tubuh sekeluarga

Penuhi nutrisi si kecil dari sebelum waktu mudik agar sistem imun tetap terjaga. Perjalanan panjang tentu membutuhkan ketahanan tubuh yangbaik. Selain makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup, mengonsumsi vitamin juga penting. Untuk membantu menjaga kesehatan anak, sertakan juga vitamin ke dalam menu makan anak, seperti Scott’s Emulsion Vita dengan rasa jeruk yang segar.  “Ibu dapat memberikan satu sendok makan Scotts Emulsion rasa jeruk untuk mendukung pertumbuhan buah hati tercinta. Meminum Scott’s Emulsion setiap hari dapat memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3, termasuk DHA dan EPA anak-anak Anda,” kata Senior Brand Manager Scotts Emulsion Rani Pramesti.

Nah, itulah tips mudik yang bisa diterapkanagar perjalanan mudik bersama keluarga tahun ini menyenangkan dan sehat selalu.

CHID/CHPAN/0018/19

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com