Advertorial

Acer Aspire 3 A315-41 Bertenaga AMD Ryzen Mobile: Laptop 5 Jutaan untuk Main Game Sekelas Rise of Tomb Raider!

Kompas.com - 29/05/2019, 13:01 WIB
- -

Bermain game kini bukan hanya sekedar hobi, namun juga bisa menjadi pekerjaan, terutama bagi para millennial. Karenanya, tak heran jika laptop berperforma handal dengan harga terjangkau menjadi incaran mereka. Salah satunya adalah laptop yang telah dibekali degan prosesor dan kartu grafis keluaran AMD yang handal. Menjawab kebutuhan ini, AMD menggandeng Acer untuk menghadirkan laptop tangguh dengan harga terjangkau. Salah satunya adalah Acer Aspire 3 A315-41 yang menggunakan prosesor Ryzen™ Mobile dan kartu grafis Radeon™ Vega.

Acer Aspire 3 A315-41 telah dibekali dengan layar 15 inci beresolusi HD, didukung RAM hingga Dual Channel 8GB DDR4 serta dilengkapi media penyimpanan hard disk berkapasitas 1TB yang bisa di-upgrade menjadi dual storage HDD+SSD karena sudah tersedia slot m.2 pada masing-masing varian.  Anda bisa memilih varian yang bertenaga AMD Ryzen™ 3 2200U yang dilengkapi kartu grafis Radeon™ Vega 3 atau varian AMD Ryzen™ 5 2500U dengan kartu grafis Radeon™ Vega 8 yang performanya lebih tinggi.

Untuk membuktikan performanya, akan diuji varian dengan tenaga Ryzen™ 3 2200U dan RAM bawaan sebesar 4GB DDR4. Namun dalam pengujian kali ini, disertakan dukungan RAM Dual Channel 8GB DDR4 untuk memberikan gambaran performa keseluruhan setelah melakukan upgrade RAM.

Ada tiga skenario yang diuji, pertama mode baterai High Performance yang menggambarkan kondisi saat pengguna menggunakan laptop diluar ruangan, dengan pengaturan daya yang diatur ke High Performance. Skenario kedua adalah Plug-In High Performance yaitu kondisi ketika penggunaan laptop di dalam ruangan seperti dikantor dengan menggunakan adapter dan pengaturan daya yang diatur ke High Performance. Sementara skenario ketiga yakni Dual Channel High Performance, kondisi yang sama dengan saat memakai adapter, namun dengan menggunakan RAM Dual Channel8GB DDR4, serta pengaturan daya yang juga diatur ke High Performance.

Pengujian pertama yang dilakukan menggunakan aplikasi Cinebench R15 yang menggambarkan simulasi render grafis 3D memperlihatkan hasil yang signifikan saat menggunakan adapter dibandingkan hanya mengandalkan baterai.  Namun tidak terlihat adanya perbedaan saat beralih menggunakan RAM Dual Channel.

Sedangkan dalam ujicoba grafis 3DMark Pro Suite, pada hasil tes Cloud Gate dan Ice Strome, terdapat hasil yang cukup signifikan di setiap skenario. Contoh pada pengujian 3DMark Pro Suite Cloud Gate, nilai yang diperoleh masing-masing dari pengujian kondisi hanya menggunakan baterai, kondisi plug-in dan kondisi menggunakan Dual Channel RAM adalah 4863, 6191, dan 6944. Sedangkan pada pengujian 3DMark Pro Suite Ice Storm, masing-masing memperoleh angka secara berurutan 46165, 64415 dan 72839. Tentunya kartu grafis terintegrasi Radeon™ Vega 3 memiliki peran yang penting dalam uji coba ini. Penggunaan RAM Dual Channel pun terbukti meningkatkan performa dibandingkan dengan penggunaan RAM Single Channel.

Selanjutnya dalam ujicoba Firestrike dan Sky Diver di aplikasi 3DMark, perbedaan performa tidak terlalu jauh pada penggunaan baterai atau dengan adapter. Namun, terdapat peningkatan performa yang tinggi pada penggunaan RAM Dual Channel. Sama halnya dalam ujicoba grafis UNIGINE Heaven, perbedaan performa tidak terlalu besar pada penggunaan baterai atau adapter, tapi justru terdapat perbedaan performa yang cukup besar saat menggunakan RAM Dual Channel.

Sebaliknya, aplikasi pengujian serupa,UNIGINE Valley, justru menampilkan hasil yang berbeda disetiap skenario, namun lagi-lagi penggunaan RAM Dual Channel terbukti mampu memberikan peningkatan performa yang lebih baik dibanding skenario lainnya.

Pengujian juga dilakukan dengan menggunakan Blender, aplikasi yang sering dipakai oleh para pembuat konten profesional. Meski kecepatan performa berubah cukup signifikan pada saat beralih dari penggunaan baterai ke penggunaan adapter, tidak ada perubahan besar saat menggunakan RAM Dual Channel.

Terakhir, performa laptop ini diuji dengan gaming berat dengan menggunakan benchmark bawaan dari game franchise terkenal, Rise of Tomb Raider. Hasilnya, peningkatan performa terjadi pada penggunaan adapter walau tidak terlalu signifikan. Namun saat menggunakan RAM Dual Channel, peningkatan performa terjadi hingga dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan saat memakai RAM Single Channel.

Kesimpulan

Acer Aspire 3 A315-41 bertenaga Ryzen™ Mobile adalah laptop pertama yang menyediakan pilihan untuk segmen mainstream dengan harga lebih terjangkau, mulai dari Rp 5 jutaan. Didukung dengan kartu grafis terintegrasi (IGP) Radeon™ Vega yang powerful untuk berbagai kebutuhan, fitur Dual Channel yang bisa di-upgrade hingga 16 GB DDR4, serta fasilitas Dual Storage M.2 dan SATA.

Berdasarkan rangkaian pengujian yang telah dilakukan, bisa ditarik kesimpulan bahwa laptop bertenaga Ryzen™ Mobile 3 2200U masih bisa diandalkan saat bepergian dan hanya menggunakan baterai karena performa yang tidak terlalu jauh dibandingkan dengan penggunaan adapter. Namun sebaiknya gunakan RAM Dual Channel yang bisa meningkatkan performa hingga 30-50 persen lebih tinggi dibandingkan penggunaan RAM Single Channel.

Acer Aspire 3 A315-41 telah tersedia di Indonesia. Klik di sini untuk nformasi lebih lengkap tentang laptop ini.