Advertorial

Lenovo Yoga 530 bertenaga AMD Ryzen Mobile: Laptop Convertible Handal untuk Content Creator dan Gaming!

Kompas.com - 30/05/2019, 10:33 WIB
- -

Kini, laptop telah  menjadi rekan kerja andalan bagi semua orang karena mampu berfungsi selayaknya PC desktop. Selain handal, desainnya pun kompak sehingga bisa dibawa bepergian untuk mengerjakan berbagai aktivitas di luar rumah. Agar pekerjaan lancar, laptop pun harus dibekali dengan prosesor dan kartu grafis yang tangguh untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Sementara itu, AMD Ryzen di kenal dengan kemampuan processing handal dan dukungan grafis dalam melakukan berbagai pekerjaan dengan cepat. Karenanya, Lenovo menyematkan teknologi Ryzen™ mobile pada produk Yoga 530 yang memberikan pengalaman terbaik dalam setiap kegiatan komputasi.

AMD Ryzen Dirancang untuk komputasi yang paling efisien, sejalan dengan teknologi pemrosesan multi-threaded AMD terbaru yang memberikan kinerja yang sangat cepat saat bekerja atau bermain. Sementara itu, kartu grafis Radeon Vega memberikan kinerja multimedia dan gaming terkini untuk menghadirkan grafis yang cepat dan bertenaga. Efisiensi dayanya pun lebih baik. Prosesor mobile AMD Ryzen memberikan efisiensi daya yang lebih maksimal dan menghadirkan daya tahan baterai yang lebih lama.

Lenovo Yoga 530 adalah laptop convertible, sehingga bisa digunakan laptop ini dalam berbagai mode untuk memudahkan aktivitas, baik di dalam maupun luar ruangan. Tidak seperti laptop convertible lainnya yang hanya mengandalkan desain, Lenovo Yoga 530 ditenagai oleh Ryzen™ 5 2500U dan Radeon™ Vega Graphics. Hasilnya adalah performa tinggi, termasuk dalam bermain game terkini dan editing tanpa hambatan.

Uji render grafis dengan Ryzen™ Mobile 5 2500U dan Radeon™ Vega 8

- -

Setelah mengetahui spesifikasi dari laptop Lenovo Yoga 530, saatnya membuktikan performa laptop ini melalui uji aplikasi produktivitas, gaming, serta aplikasi benchmark. Ada dua versi driver berbeda yang diuji, yakni driver bawaan Radeon™ Software Crimson serta driver terbaru Radeon™ Software Adrenalin versi 18.8.1. Pengujian dengan dua driver ini bertujuan untuk menampilkan seberapa besar peningkatan yang ada pada driver versi terbaru. Pengaturan power plan pun telah diubah mode high performance untuk memaksimalkan performa.

Dalam aplikasi benchmark Cinebench, baik dalam pengujian single thread maupun multi thread menghasilkan skor yang sama. Hal ini wajar mengingat pengujian ini terfokuskan kepada pengujian performa CPU saat digunakan untuk render grafis 3D. Berbeda halnya dengan benchmark Cinebench OpenGL yang menggunakan kartu grafis Radeon™ Vega untuk proses render grafis 3D, terjadi peningkatan sekitar 22 persen saat menggunakan driver terbaru dibandingkan versi sebelumnya. Sedangkan dalam pengujian Geekbench dengan menggunakan driver terbaru, terjadi optimalisasi yang berdampak kepada peningkatan nilai skor hingga 7 persen lebih tinggi.

- -

Dalam pengujian benchmark 3DMark, Lenovo Yoga 530 bertenaga Ryzen™ 5 2500U dan Radeon™ Vega 8 kembali menghadirkan peningkatan performa di driver terbaru hingga 3 persen lebih baik dibandingkan versi sebelumnya.

Sementara pada benchmark Unigine Heaven yang menguji performa grafis 3D real time, terlihat juga peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan driver versi sebelumnya. Pengujian lain, yakni Unigine Valley yang kurang lebih serupa dengan Unigine Heaven, memperlihatkan peningkatan performa lebih merata di driver terbaru, mencapai hingga 10 persen.

Selain melakukan pengujian melalui aplikasi benchmark terkenal, dilakukan juga pengujian melalui aplikasi Blender 3D yang sudah sudah akrab dengan pembuat konten. Dalam pengujian ini, driver Radeon™ Software Adrenaline terbaru memberikan peningkatan performa hingga 2 persen lebih baik dibandingkan versi sebelumnya.

 Uji performa saat bermain game

Untuk para gamer, ketahuilah bahwa saat bermain game Rise of Tomb Raider di resolusi 720p didapatkan performa mencapai 30 FPS. Artinya, game dapat dimainkan dengan nyaman pada pengaturan yang disesuaikan. Selain itu, pengujian juga dilakukan pada game GTA V. Pada pengaturan normal dan resolusi HD 720p, game ini bisa dimainkan dengan lancar di 30 FPS.

- -

Kesimpulan

Lenovo Yoga 530  ditenagai oleh processor Ryzen™ Mobile dengan kartu grafis Radeon™ Vega terkini yang handal serta efisien. Dengan media penyimpanan data super cepat, SSD M.2 NVMe, performa multitasking pun semakin responsif dan cepat. DItambah dengan layar sentuh FHD 1080p dengan panel IPS yang jernih dan Radeon Software Adrenaline, produktivitas pun semakin tinggi.

Berdasarkan pengujian, Lenovo Yoga 530 mampu menyuguhkan performa yang handal untuk beragam kegiatan, mulai dari bekerja di aplikasi pembuat konten hingga bermain game terkini dengan lancar. Hal ini berkat dukungan teknologi muktahir dari prosesor Ryzen™ Mobile dan Radeon™ Vega Graphics yang sudah terbukti menyuguhkan performa kelas atas yang hemat daya dengan harga terjangkau di kelasnya. Ditambah dengan ragam mode yang bisa digunakan serta layar sentuh dukungan terhadap stylus, Anda semakin bebas mengekspresikan diri.

Lenovo Yoga 530 kini telah tersedia di Indonesia. Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang laptop ini.