Advertorial

5 Hal yang Harus Dihindari setelah Berolahraga Lari

Kompas.com - 31/05/2019, 13:09 WIB
- -

Olahraga lari dapat membuat aliran darah lebih lancar dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, dengan berlari, tulang dan otot-otot di tubuh kita menjadi lebih kuat.

Bukan hanya saat berlari, apa yang kita lakukan setelah melahap lintasan juga akan memengaruhi kesehatan.

Kita harus berhati-hati karena ada beberapa aktivitas yang sebaiknya tidak kita lakukan setelah melakukan olahraga lari. Apa saja itu?

1. Tidak Mengganti Pakaian

Setelah berlari, ada banyak orang yang tidak mengganti pakaiannya. Padahal, tindakan ini bisa membahayakan kesehatan.

Keringat yang menempel di pakaian kita biasanya mengandung bakteri, yang bisa menyebabkan banyak jenis masalah kulit, seperti kudis atau panu.

Sebab itu, sebaiknya kita segera mengganti pakaian basah dengan pakaian yang bersih.

2. Melakukan Pekerjaan Berat

Setelah berlari, kita perlu beristirahat dan mengembalikan kondisi tubuh seperti semula.

Kita juga tidak dianjurkan untuk melakukan pekerjaan berat yang melibatkan otot-otot, seperti menangangkat benda-benda dengan beban berat.

3. Makan Makanan yang Tidak Sehat

Sehabis lari, kita juga perlu memerhatikan jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi. Makanlah makanan bernutrisi yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Duduk dalam Waktu Lama

Lari memang olahraga sederhana, tetapi cukup menguras tenaga. Meski demikian, tidak baik kalau langsung duduk setelah berlari dalam waktu yang lama.

Sebagai gantinya, kita bisa melakukan peregangan otot-otot tubuh supaya lebih rileks dan kelelahannya segera hilang.

5. Tidak Minum Air Putih

Minum air putih sangat baik untuk mengganti cairan yang hilang dari tubuh. Itu sebabnya kita perlu minum air putih sebelum dan sesudah berlari.

Dengan begitu, kita tidak akan kekurangan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Oh iya, minum air juga dapat membantu membuang racun dalam tubuh, loh.

 

#mandirijogjamarathon2019

Link: https://www.bolasport.com/read/311712118/mandiri-jogja-marathon-2019-5-hal-yang-harus-dihindari-setelah-berolahraga-lari

Baca tentang