Advertorial

Mandiri Jogja Marathon 2019 - 5 Kesalahan yang Bisa Menghilangkan Manfaat Olahraga

Kompas.com - 31/05/2019, 13:13 WIB
- -

BOLASPORT.com -Berpartisipasi dalam event lari sekelas Mandiri Jogja Marathon 2019 bermanfaat bagi tubuh kita, antara lain membantu kita memiliki tubuh ideal dan membantu meningkatkan stamina.

Akan tetapi, ada beberapa kesalahan yang juga dapat kita lakukan dalam berolahraga. Jika melakukan hal tersebut, kita berpotensi akan memberikan dampak buruk bagi tubuh sendiri alih-alih menciptakan dampak positif.

Berikut lima hal yang harus kita perhatikan:

1. Teknik salah

Ketika Anda memilih jenis olahraga yang ingin dilakukan, penting juga untuk mengetahui teknik apa saja yang dibutuhkan.

Teknik yang salah tidak hanya akan menghambat target Anda, tetapi juga meningkatkan risiko cedera.

2. Berolahraga secara berlebihan

Berolahraga memang membuat tubuh menjadi bugar, tetapi jika dilakukan secara berlebihan maka alih-alih sehat, tubuh Anda akan kelelahan.

Selain lelah, olahraga berlebihan juga dapat menyebabkan cedera pada otot. Durasi olahraga yang ideal adalah 150-250 menit per minggu atau 20-35 menit per hari.

3. Tidak memerhatikan asupan nutrisi

Olahraga sudah teratur dan teknik pun sudah benar, tetapi target masih belum tercapai atau lambat? Hal ini bisa terjadi ketika makanan yang Anda konsumsi tidak bernutrisi, cobalah untuk menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan.

Makan besar sebelum lari atau carbo loading merupakan komponen penting bagi seorang pelarih half-marathon atau marathon. Cadangan karbohidrat yang mencukupi adalah komponen kunci untuk membantu Anda ke performa terbaik.

4. Kurang istirahat

Olahraga rutin juga harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Jangan lupa untuk memberikan tubuh Anda waktu untuk beristirahat sejenak.

Istirahat diperlukan agar tubuh mampu memperbaiki sel-sel otot setelah berolahraga. Dengan begitu, tubuh Anda selalu segar dan siap untuk berolahraga lagi.

Tidur yang cukup sebelum menempuh lari jarak jauh adalah syarat mutlak agar kita bisa tampil prima di lintasan.

Menurut Active.com orang dewasa seharusnya tidur 7-8 jam per malam. Namun, Dr Amy Bender, seorang ilmuwan di Centre for Sleep and Human Performance mengatakan bahwa seorang atlet elite harus tidur setidaknya 8-10 jam.

5. Target berlebihan

Memiliki target dalam berolahraga merupakan hal baik karena menjaga kita tetap fokus dengan tujuan kita.

Namun, target yang berlebihan atau di luar kemampuan kita justru akan membuat frustasi dan jadi sulit atau malah malas berolahraga.

Buatlah target yang sesuai kemampuan, jangan memaksakan lari full marathon atau bahkan half marathon jika memang tidak siap.

#mandirijogjamarathon2019

 

Link: https://www.bolasport.com/read/311720511/mandiri-jogja-marathon-2019-5-kesalahan-yang-bisa-menghilangkan-manfaat-olahraga?page=all

Baca tentang