Advertorial

Mandiri Jogja Marathon 2019 - Tips Menjaga Muka Bagi yang Suka Olahraga Lari

Kompas.com - 31/05/2019, 13:33 WIB
- -

BOLASPORT.com - Aktivitas lari seperti di Mandiri Jogja Marathon 2019 tak dipungkiri akan membuat kita berurusan dengan cuaca panas dan juga lembab.

Tubuh penuh keringat dan terpapar sinar ultraviolet lambat laun bisa menyumbat pori-pori wajah dan memunculkan jerawat.

Risiko pun meningkat untuk munculnya bintik hitam, kerutan, dan garis halus. Alhasil, sangat penting bagi kita untuk mengetahui perawatan wajah bagi kita yang sering berolahraga lari, terutama para peserta event seperti Mandiri Jogja Marathon 2019.

Membersihkan wajah sebelum lari

Saat berlari, tentu saja kita akan memproduksi banyak keringat. Penting untuk memastikan pori-pori kulit wajah dalam kondisi yang bersih.

Pastikan tidak ada kotoran yang terjebak bersama keringat sehingga tidak memicu munculnya jerawat. Oleh sebab itu, sebaiknya bersihkan wajah sebelum lari. 

Gunakan serum

Untuk menjaga kulit agar tetap lembap dan terhidrasi, pelari sebaiknya menggunakan produk yang lebih ringan dibanding krim, losion atau balm.

Pilihlah produk perawatan seperti serum karena cepat diserap oleh kulit. Walaupun perlindungannya tidak sebaik pelembap, namun serum mampu melindungi kulit dari racun dan bakteri di luar ruangan. 

Seringkali kita dianjurkan untuk menggunakan pelembap dan tabir surya (SPF) yang ada dalam satu produk. Namun sebaiknya, pelari disarankan menggunakan dua produk spesifik dengan fungsi yang terpisah.

Bila sudah menggunakan serum, maka lapisan berikutnya hanya perlu menambah tabir surya yang ramah dengan aktivitas olahraga. Sebab, paparan sinar matahari langsung dapat menyebabkan munculnya bintik hitam, kerutan, garis halus dan memicu kanker. 

Bersihkan wajah dengan tisu pembersih

Setelah berolahraga, sangat penting untuk segera membersihkan wajah agar terhindar dari penyumbatan pori-pori. Pilih tisu pembersih dengan bahan yang lembut agar kulit tidak  kering.

Gunakan krim malam 

Selain menggunakan tabir surya dengan SPF, perlu juga menambahkan perawatan krim malam retinol. Retinol adalah turunan vitamin A yang membantu memerangi tanda-tanda penuaan.

#mandirijogjamarathon2019

Baca tentang