Advertorial

Rawan Kejahatan Siber, Jutaan Orang Masih Gunakan Kata Sandi 123456

Kompas.com - 31/05/2019, 13:38 WIB
- -

KOMPAS.com - Menurut data wearesocial.com, ada sekitar 4,4 miliar pengguna internet dan 3,5 miliar pengguna media sosial. Sebanyak kurang-lebih 3,3 miliar orang menggunakan media sosial melalui perangkat seluler.

Namun, dari miliaran kata sandi yang ada di internet, Troy Hunt menemukan lebih dari 23 juta kata sandi dengan kombinasi “123456”. Studi ini bekerja sama dengan National Cyber Security Center (NCSC) yang berbasis di Inggris.

Hanya 15 persen orang yang tahu bagaimana melindungi akun mereka secara online, terkait dengan perilaku perlindungan saat ini. Menurut blog NCSC, 21 April 2019 lalu, kurangnya kesadaran sangat menonjol di kalangan orang tua.

Menurut penelitian NCSC, sebanyak 70 persen orang percaya bahwa mereka kemungkinan akan menjadi korban, setidaknya satu jenis kejahatan dunia maya selama dua tahun ke depan. Sebagian besar mereka merasa akan ada dampak pribadi yang besar.

Ancaman kejahatan dunia maya

McAfee memperingatkan konsumen bahwa penjahat dunia maya terus mengakses informasi pribadi melalui kata sandi yang lemah, email phishing, berbagai hal yang terhubung, aplikasi jahat, dan jaringan Wi-Fi yang tidak aman.

McAfee juga berkomitmen untuk membantu konsumen mengambil langkah-langkah tertentu untuk melindungi berbagai hal penting melalui kiat-kiat yang terhubung.

Sementara itu, konsumen sering memilih kata sandi sederhana untuk beberapa akun yang mereka gunakan setiap hari. Mereka tidak sadar jika memilih kata sandi yang lemah dapat membuka pintu bagi pencurian identitas.

Perusahaan keamanan, McAfee menyarankan agar pengguna memakai kata sandi yang kuat, mencakup huruf besar dan kecil, angka, serta simbol.

"Jangan menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun. Sederhanakan hidup Anda dengan menggunakan pengelola kata sandi untuk melacak login dan membuat kata sandi yang kuat yang sulit diretas," saran peneliti McAfee.

McAfee juga sudah bekerja sama dengan Acer dan AMD dalam program “Pasti AMD”. Program ini menawarkan paket komplet Laptop yang langsung siap pakai.

Pengguna akan mendapatkan Laptop Acer dengan prosesor AMD + Office 365 Personal + McAfee Total Protection + Mouse. Program ini menerapkan harga hemat hingga Rp 1.234.000.

Paket lengkap dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Laptop

Gratis

Acer Aspire 3 Ryzen 5

McAfee Total Protection 1 tahun, Microsoft Office 365, WMM 1850

Acer Aspire 3 Ryzen 7 

McAfee Total Protection 1 tahun, Microsoft Office 365, Bluetooth Mobile Mouse 3600

Acer Swift 3 Ryzen 5

McAfee Total Protection 1 tahun, Microsoft Office 365, WMM 1850

Nitro 5 Ryzen 7  

McAfee Total Protection 1 tahun, Microsoft Office 365, Mouse Cestus 300, Headset Gaming

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program “Pasti AMD’, Anda dapat mengunjungi tautan berikut ini bit.ly/PastiAMD