Advertorial

Akselerasi Pemerataan Ekonomi Secara Digital, Tokopedia Luncurkan Layanan Gudang Pintar ‘TokoCabang’

Kompas.com - 12/06/2019, 18:08 WIB
- -

Perusahaan teknologi Indonesia Tokopedia hari ini (21/5/2019) mengumumkan keberadaan layanan pemenuhan pesanan (fulfillment service), yang memanfaatkan jaringan gudang pintar dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia, bernama TokoCabang, yang sudah dapat dimanfaatkan oleh penjual-penjual di Tokopedia.

Head of Fulfillment Tokopedia, Erwin Dwi Saputra, menjelaskan, “Dengan TokoCabang, penjual di Tokopedia bisa menitipkan stok produknya di gudang-gudang pintar yang tersedia dan kami akan membantu menangani pesanan yang masuk, mengemas pesanan, hingga menyerahkannya ke kurir pengiriman. Saat ini, TokoCabang tersedia di Jakarta, Bandung dan Surabaya, dan akan terus bertambah hingga menjangkau seluruh penjuru di Indonesia.”

TokoCabang akan sangat mempermudah penjual memenuhi pesanan, terutama di musim dimana penjual diguyur pesanan berlipat seperti halnya Ramadan. Ditambah lagi, tahun ini Tokopedia kembali menggelar Ramadan Ekstra, tradisi belanja terbesar dengan sederet nilai tambah, seperti gratis ongkos kirim, kupon Tokopedia Hadiah Ramadan (THR) berupa cashback jutaan rupiah, undian paket umrah gratis, hingga beragam promo official store.

- -

Saat ini, penjual bisa memanfaatkan layanan TokoCabang secara gratis selama 30 hari, lalu cukup membayar biaya jasa layanan Rp 3.000 untuk setiap barang yang terjual. Keberadaan TokoCabang memungkinkan penjual di Tokopedia menjangkau lebih banyak pembeli dengan menitipkan stok produk di TokoCabang di berbagai daerah, terutama di wilayah dimana permintaan produk penjual yang bersangkutan cenderung tinggi.

Erwin menambahkan, “Dengan layanan pemenuhan pesanan yang profesional, pemilik toko kini tidak perlu lagi pusing memikirkan isu operasional pemenuhan pesanan, apalagi ketika menghadapi kenaikan pesanan. Layanan TokoCabang akan membantu siapapun untuk bisa mengembangkan bisnisnya dengan lebih mudah. Hal ini membuat kami selangkah lebih dekat dalam mewujudkan misi besar untuk Indonesia, yaitu pemerataan ekonomi secara digital.”

Ia juga mengungkapkan bahwa kedepannya, Tokopedia akan mengembangkan teknologi analitik yang dapat membantu memberikan informasi yang lebih kepada penjual untuk menempatkan stok barang di lokasi dimana permintaan produk yang dijual cenderung tinggi.

Di sisi lain, dengan TokoCabang pembeli bisa membeli barang kebutuhan dari toko favoritnya dan barang pesanan akan dikirim dari gudang penyimpanan terdekat. “Adanya TokoCabang memungkinkan pembeli di berbagai daerah di Indonesia bisa mendapatkan lebih banyak pilihan barang yang dapat diterima lebih cepat dan dengan ongkos kirim lebih murah,” tutup Erwin.