Advertorial

Daftar Fintech Tepercaya yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

Kompas.com - 25/06/2019, 12:25 WIB
- -

KOMPAS.com - Industri finansial secara perlahan telah mengalami modernisasi dengan adanya internet. Perkenalan pertama adalah dengan dikembangkannya fasilitas mobile banking dari beberapa bank besar.

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, bisnis finansial ini tak hanya dimiliki lembaga bank saja. Saat ini, sudah banyak lembaga non-bank yang mengenalkan layanan finansial berbasis teknologi.

Layanan ini kemudian populer dengan istilah fintech (financial technology) dan menawarkan berbagai macam manfaat bagi masyarakat untuk urusan finansial. Berikut ini adalah beberapa manfaat layanan fintech:

Mudah melakukan pembayaran

Manfaat kehadiran fintech adalah penggunaan uang digital untuk transaksi. Transaksi bisa dilakukan tanpa harus membawa dompet atau kartu debit. Anda juga bebas dari biaya tambahan saat bertransaksi yang biasanya ada pada penggunaan kartu debit atau kredit.

Membantu atur cashflow

Secara sekilas, kehadiran fintech mungkin dianggap bisa membuat orang lebih boros karena mudah melakukan transaksi. Padahal, hadirnya fintech bisa membuat Anda lebih mudah mengatur cashflow karena setiap transaksi tercatat di dalamnya.

Anda bisa menggunakan fitur pembatasan saat pengeluaran mencapai limit yang ditentukan. Beberapa fintech juga menawarkan pinjaman online sehingga Anda bisa mendapat uang cash dalam jumlah tertentu untuk beragam keperluan tanpa menguras kantong dalam satu waktu.

Sarana investasi

Fintech juga menghadirkan sarana kemudahan berinvestasi. Sebelum fintech hadir, investasi cukup rumit. Itu karena ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti mendaftarkan diri ke rekening reksadana pada bank tertentu atau ke manajemen investasi.

Kini Anda tinggal memilih aplikasi fintech yang menawarkan fitur investasi, mulai dari reksadana, investasi emas, sampai peer to peer lending. Persyaratannya pun cukup mudah dan bisa dilakukan di mana saja.

Fintech tepercaya

Memang waktu untuk menyosialisasikan produk fintech ke masyarakat tidaklah singkat. Itu karena mereka perlu membangun kepercayaan masyarakat. Salah satu faktor trust yang dibutuhkan adalah izin operasi dari OJK.

Berikut ini adalah 3 daftar fintech yang tepercaya dan telah terdaftar di OJK:

1. Julo

Pinjaman online menjadi salah satu produk popular fintech. Salah satu platformnya adalah Julo yang memungkinkan pengguna melakukan pinjaman online tanpa jaminan mulai dari Rp 2 juta sampai Rp 8 juta.

Pinjaman ini menggunaka skema pelunasan cicilan mulai 3 sampai 6 bulan dengan bunga 4 persen per bulan. Syarat dokumen pun mudah, yaitu KTP, slip gaji, dan foto diri dengan kTP. Jika lolos verifikasi, Anda akan menerima pencairan dana dalam 1 sampai 2 hari kerja.

2. Akseleran

Hadir sebagai platform peer to peer lending, aplikasi ini tidak hanya untuk melakukan pinjaman online. Anda juga bisa memberikan pinjaman. Jadi, pengguna bisa berperan sebagai investor di dalamnya dan memilih campaign pinjaman yang cocok dengan profil.

Mekanisme transaksi di dalamnya juga aman dan tidak merugikan penggunanya karena sudah mendapatkan sertifikasi ISO 27001 dan izin dari OJK.

3. Traveloka PayLater

Traveloka PayLater hadir sebagai solusi pembayaran transaksi di Traveloka dengan metode cicilan online tanpa kartu kredit. Anda bisa membeli beragam produk seperti tiket perjalanan, hotel, voucher restoran, hingga tiket wisata menggunakan dana pinjaman itu.

Anda dapat melunasi pinjaman tersebut dengan skema cicilan bulanan mulai 1 hingga 12 bulan. Traveloka pun akan membantu Anda mengingatkan pelunasan dengan beragam metode, seperti SMS, email, notifikasi aplikasi, sampai telepon.

Pengingat ini berguna agar pengguna terhindar dari beban biaya keterlambatan dan riwayat kredit yang buruk.

Faktor perizinan telah terjamin karena telah didukung Caturnusa Sejahtera Finance, sebagai mitra resmi yang terdaftar dan pertama kali memiliki izin operasi dari OJK.

Privasi data pengguna adalah prioritas utama Traveloka PayLater. Traveloka menerapkan enkripsi penuh dan autentikasi unik dalam layanannya. Autentikasi ini hanya bisa diakses dan diketahui penggunanya sehingga hanya mereka yang bisa melakukan transaksi.

Pada dasarnya fintech hadir sebagai solusi finansial yang bisa dijangkau masyarakat luas. Namun, pengguna pun harus bijak dalam memanfaatkan fasilitas ini agar cashflow dapat tetap terjaga dengan baik. Selamat mencobanya!