Advertorial

Bisnis Belum Juga Berkembang? Ini yang Bisa Dilakukan Wirausaha Muda

Kompas.com - 04/07/2019, 18:58 WIB
- -

Saat ini semakin banyak orang terjun ke dunia wirausaha. Alasannya sederhana saja. Kamu yang saat ini sudah mulai merintis usaha sendiri pasti setuju bahwa berwirausaha itu menyenangkan karena kendali ada di tanganmu.

Kamu dapat bebas mencurahkan ide-ide segarmu dalam perencanaan bisnis yang akan digarap, merancang produk, dan menentukan strategi pemasarannya. Tidak ada yang membatasi kreativitas dan inovasimu.

Namun, kamu para pemilik usaha pastinya juga setuju bahwa merintis usaha tidaklah mudah. Butuh waktu, komitmen, dan motivasi yang konsisten. Begitu juga dengan mengembangkan usaha.

Banyak juga pengusaha yang semangat di awal karena bisnisnya diterima dengan baik oleh masyarakat dan produknya laris-manis tetapi di kemudian hari galau dan stres karena bisnis tidak kunjung bisa dikembangkan ke skala yang lebih besar. Padahal produk yang ditawarkan sudah berkonsep unik dan sejumlah riset pasar sudah dilakukan.

Nah, jika kamu pengusaha yang tengah menghadapi kondisi ini ada beberapa hal yang harus kamu coba lakukan.

1.        Tetap optimis dan percaya diri

Mengembangkan usaha ke level yang lebih tinggi lagi memang memerlukan proses dan kerja keras. Jadi, ketika ada halangan jangan biarkan optimisme dan kepercayaan diri luntur. Menjaga dua hal ini akan membuat kamu tetap bisa berpikiran positif serta tangguh dalam menghadapi tantangan.

2.        Kaji lagi produk dan layanan pelanggan

Coba evaluasi lagi apakah desain dan jenis produk sudah cukup menonjol dibanding produk serupa di pasar, sesuai dengan kebutuhan target pasar yang jadi sasaran, harganya sesuai dengan manfaat yang diberikan produk, kemasannya cukup baik, dan bagaimana promosinya. Kaji juga apakah layanan pelanggan mulai dari pemesanan hingga pengiriman sudah cukup baik.

3.        Perbanyak lagi relasi

Pengusaha yang sukses tidak segan untuk menjalin pertemanan seluas-luasnya, terlebih dengan sesama pengusaha di bidang yang sama. Buka diri dan jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas-komunitas pengusaha untuk mendapat informasi, tips, atau bahkan bantuan yang berguna untuk mengembangkan usahamu. 

4.        Ikut kompetisi The Big Start

Jangan takut untuk menguji keandalan konsep dan daya saing bisnismu dengan mengikuti kompetisi-kompetisi yang ditujukan bagi pengusaha muda kreatif seperti The Big Start. Ini adalah kompetisi bagi creativepreneur yang diinisiasi oleh Blibli.com. Bukan sekedar berkompetisi, jika ikut The Big Start kamu akan punya kesempatan memperkaya pengetahuan bisnismu lewat mentorship dari para praktisi bisnis.

Tahun ini merupakan kali keempat kompetisi The Big Start diselenggarakan. Ada empat kategori  usaha yang dikompetisikan dalam The Big Start Season 4 yaitu kuliner, kecantikan dan kesehatan, kriya, serta fashion. Sejumlah pelaku usaha kreatif ternama dihadirkan sebagai juri sekaligus mentor bagi para peserta.

Priscilla Pangemanan, founder brand make up SASC akan hadir sebagai juri untuk kategori kecantikan dan kesehatan. Sebagai juri untuk kategori kuliner dihadirkan Master Chef Rinrin Marinka. Sementara founder Jakarta Vintage Luthfi Hasan akan menjadi juri di kategori kriya. Pada kategori fashion Didiet Maulana, founder Ikat Indonesia akan hadir sebagai juri.

Jika kamu merupakan pengusaha muda kreatif dan merasa produkmu unik, dibuat secara lokal, dan asli hasil kreasi serta inovasimu, mengapa tidak mencoba ikut The Big Start Season 4? Jika terpilih sebagai Top 20 finalis The Big Start kamu akan punya kesempatan memperoleh pengetahuan bisnis, pelatihan, dan dibimbing agar lebih berani berkarya dan mematangkan ide-ide kreatifmu melalui mentorship dari para juri.

Kamu juga akan punya kesempatan memperkenalkan bisnismu secara lebih luas lagi karena The Big Start akan dipublikasikan ke seluruh Indonesia melalui channel Blibli.com. Baik Youtube, Instagram, hingga Twitter Blibli.com.

Kamu juga akan bertemu dengan sesama pengusaha dari berbagai kota di Indonesia dengan bidang usaha beragam sehingga relasimu lebih luas. Tidak hanya itu, Blibli.com juga menyediakan hadiah dengan nilai total Rp 1,3 miliar bagi pemenang The Big Start Season 4 yang dapat dijadikan modal usaha.

Daftarkan diri dan usahamu melalui lima langkah mudah ini. Daftarkan merek yang kamu kembangkan. Setelah itu, unggah data diri, foto, dan video profil dirimu.

Tunggu konfirmasi melalui email. Setelah mendapat email konfirmasi yang menyatakan pendaftaranmu berhasil unggah produkmu.  Terakhir, kamu tinggal menunggu pengumuman apakah dirimu terpilih menjadi Top 100 The Big Start Season 4. Nama-nama 100 pelaku usaha kreatif tersebut akan diumumkan pada September mendatang.

Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan jika ingin ikut serta dalam kompetisi ini. Kamu harus berumur 18-35 tahun dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang menunjukkan bahwa kamu Warga Negara Indonesia (WNI).

Bisnis yang kamu jalani pun harus sudah berjalan selama satu tahun dan memiliki paling tidak dua jenis produk. Produk memiliki kemasan yang layak, dan memiliki persediaan stok siap jual minimum 100 buah setiap jenis produknya.

Produk yang kamu jual haruslah asli kreasimu sendiri dan dibuat di Indonesia. Bukan produk distributor atau reseller. Jika barang tersebut berupa makanan, harus memiliki kadaluarsa lebih dari tiga bulan. Kamu juga tidak diperkenankan mendaftarkan bisnis yang menjual jasa atau produk yang tidak memiliki bentuk fisik, berupa Multi Level Marketing, franchise, atau lisensi.

Informasi lebih lengkap mengenai syarat pendaftaran The Big Start Season 4 dapat kamu peroleh di sini. Segera ambil langkah besar untuk mengembangkan bisnismu. Daftarkan dirimu di sini untuk ikut The Big Start Season 4.