Advertorial

Prambanan Jazz Festival dan Segudang Apresiasi dari Masyarakat

Kompas.com - 08/07/2019, 10:18 WIB
- -

KOMPAS.com – Prambanan Jazz Festival adalah perayaan musik skala internasional yang pertama digelar pada 2015. Sejak itu, ada mimpi besar berupa kolaborasi mahakarya Candi Prambanan sebagai World Heritage dan mahakarya musik dari para musisi legendaris dunia.

Mimpi besar itu masih dijaga hingga kini. Tidak terasa gelaran yang sempat memboyong Kenny G, Rick Price, Sarah Brightman, Boyz II Men, Boyzone, dan Diana Krall ini sudah memasuki usia kelima.

Prambanan Jazz Festival 2019 akan digelar pada 5,6,7 Juli besok di Kompleks Candi Prambanan. Rajawali Indonesia dan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (TWC) sebagai promotor akan memboyong nama-nama besar tanah air dan dunia.

Beberapa nama besar tersebut di antaranya adalah Yanni, Brian McKnight 4, Anggun, Calum, dan Scott. Bahkan, Yanni mengungkapkan, dirinya sangat bahagia bisa melangsungkan tur konser “25th Anniversary Acropolis” nya di Candi Prambanan.

Ia juga senang dapat berjumpa dengan para penggemarnya di hari kedua penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival 2019, Sabtu (6/7/2019) di Roro Jonggrang Stage (Special Show).

Mimpi besar yang terus berlanjut

CEO Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alimi mengatakan, pihaknya sangat bersyukur bisa menyaksikan mimpi besar pada Prambanan Jazz bisa terus terwujud setiap tahun, hingga akhirnya festival ini bisa memasuki tahun kelima.

Dengan berbagai dinamika, seiring waktu festival yang digagasnya ini terus mendapat dukungan positif dari berbagai kalangan dan usia.

“Alhamdulillah Prambanan Jazz Festival #5 2019 bisa kami selenggarakan mulai hari Jumat tanggal 5 Juli 2019 hingga hari Minggu tanggal 7 Juli 2019,” ujar Anas.

Ia melanjutkan, setiap tahun Prambanan Jazz menjadi salah satu festival musik yang selalu dinanti masyarakat. Hal itu bisa disaksikan dari berbagai komentar di media sosial dan  yang didapat secara langsung.

“Kami sangat bersyukur Prambanan Jazz bisa mendapatkan apresiasi sebesar ini dari masyarakat,” pungkas Anas.

Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono melanjutkan, tahun ini pihaknya menjadi salah satu promotor. Sebagai salah satu BUMN, PT TWC bangga bisa menyaksikan langsung gagasan besar yang konsisten terlaksana dan mendapat apresiasi sangat besar dari masyarakat.

“Dan keterlibatan kami di sini sebagai promotor merupakan salah satu bentuk dukungan kami terhadap gagasan besar yang diharapkan bisa lebih mengangkat nama Indonesia di mata dunia,” ujar Eddy.

Ia melajutkan dukungan ini adalah bentuk nyata BUMN hadir untuk negeri. Prambanan Jazz juga diharapkan menjadi momentum untuk lebih mengenalkan Candi Prambanan kepada dunia internasional sebagai karya anak bangsa melalui media musik berkelas internasional.

Beragam bentuk kolaborasi.

Project Director Prambanan Jazz Festival 2019, Palwoto menuturkan, ada beberapa hal yang tetap dipertahankan seperti sebelumnya. Ada pula beragam inovasi yang coba diwujudkan. Pasar Kangen dan Kids Area adalah contoh dua hal yang tetap dipertahankan.

Sementara itu, tahun ini promotor memberikan sajian menarik untuk para generasi muda dengan hadirnya Panggung Millenial pada 5 Juli 2019 di Panggung Hanoman (Festival Show).

Creative Director Prambanan Jazz Festival 2019, Bakkar Wibowo menjelaskan, selain bisa menikmati sajian musik berkelas dengan latar Candi Prambanan, pengunjung pun bisa menikmati karya spektakuler dari salah satu seniman muda berbakat, Agan Harahap.

“Para pengunjung sudah bisa langsung menyaksikan bagaimana hasil respon yang dilakukan oleh Agan untuk Prambanan Jazz Festival 2019. Ini adalah salah satu upaya yang kami lakukan agar para penonton setia Prambanan Jazz selalu mendapatkan pengalaman baru setelah mereka selesai menyaksikan pertunjukan,” ujar Bakkar.

Ia melanjutkan, diharapkan apa yang didapat pengunjung bisa menimbulkan kerinduan untuk bisa kembali mengulang semua di Prambanan Jazz berikutnya.

Tahun ini, Pertamina sebagai salah satu BUMN juga ikut berpartisipasi sebagai bentuk dukungan atas event musik Indonesia berkualitas yang mampu menampilkan tematik budaya lokal guna menarik kunjungan wisatawan mancanegara.

Pertamina juga melakukan sinergi untuk sama-sama mengangkat pariwisata Indonesia dan menjadi bagian dalam gelaran musik international Prambanan Jazz Festival 2019.

Diskon 50 persen Special Show tiket On The Spot

Ada keuntungan lain bagi nasabah BRI melalui Program Promo BRI berupa diskon 50 persen untuk setiap transaksi pembelian tiket Special Show Prambanan Jazz Festival 2019. Mereka cukup menggunakan kartu debit atau kredit untuk setiap pembelian tiket on the spot.

Direktur Utama PT Melon Indonesia by Telkom Indonesia, Dedi Suherman mengatakan, selain menjual tiket secara online sejak jauh hari, pihaknya juga telah membuka beberapa ticket box bagi pengunjung yang akan pembelian tiket secara langsung.

“Kami sudah membuka ticket box dari pukul 11.00 WIB selama penyelenggaraan Prambanan Jazz. Tak usah khawatir untuk para penonton yang belum kebagian tiket secara online karena kalian masih bisa membeli tiket secara on the spot,” tutup Dedi.

Informasi terbaru seputar Prambanan Jazz 2019 dapat diikuti melalui official account Instagram, Twitter dan Facebook @PrambananJazz dengan tagar #PrambananJazz2019 atau juga melalui hotline 082226664343.