Advertorial

Digital Transformation 2019 Indonesia, Upaya Bisnis Tetap Lancar di Era Digital

Kompas.com - 08/07/2019, 19:49 WIB
ABeam Indonesia Managing Director Takeya Mochizuki sedang memberikan sambutan dalam acara Digital Transformation Day 2019 Indonesia, Jumat (05/07/2019) di Fairmont, Jakarta. - ABeam Indonesia Managing Director Takeya Mochizuki sedang memberikan sambutan dalam acara Digital Transformation Day 2019 Indonesia, Jumat (05/07/2019) di Fairmont, Jakarta.

Revolusi Industri 4.0 sudah ada di depan mata. Industri generasi ke empat ini merupakan perubahan sektor industri di dunia yang dipengaruhi oleh maraknya perkembangan teknologi serta internet. Indonesia pun, mau tidak mau, akan menghadapi revolusi ini.

Pada generasi ini, teknologi digital memiliki peran yang sangat penting, apalagi di dunia bisnis. Digitalisasi ini akan berpengaruh pada meningkatnya investasi atau pun permintaan dari pelanggan.

Namun, masih banyak perusahaan yang merasa begitu susah untuk bertransformasi ke digital. Padahal kemudahan dan keuntungan yang akan didapatkan akan berlipat ganda.

Sejalan dengan hal tersebut, sebenarnya, sudah banyak teknologi digital yang dapat digunakan oleh para pelaku usaha untuk bertransformasi ke digital. Namun, beberapa dari teknologi tersebut belum dikenal luas oleh para konsumen.

Maka dari itu, Abeam Consulting mengadakan acara bertajuk “Digital Transformation Day 2019 Indonesia” yang diadakan pada Jumat, (05/07/2019) di Hotel Fairmont Jakarta. Dalam kesempatan ini, ABeam Consulting memiliki solusinya dengan membantu mempertemukan para konsumen atau pelaku usaha dengan perusahaan penyedia teknologi digital.

Acara ini merupakan bagian dari roadshow ABeam yang telah diadakan di Kuala Lumpur. Setelah di Jakarta, selanjutnya akan diadakan di Bangkok dan Singapura. Melalui acara ini, secara global, ABeam ingin menyampaikan pesan mengenai distrupsi digital.

Tak hanya mempertemukan konsumen dengan penyedia teknologi digital, dalam acara ini juga ABeam akan membantu klien mendapatkan solusi, mulai dari artificial intelligence (AI), marketing, hingga robotik.

Acara dibuka dengan sambutan dari ABeam Indonesia Managing Director Takeya Mochizuki. Ia menyatakan bahwa acara ini bisa menjadi salah satu cara penting untuk meningkatkan hubungan dengan konsumen.

Bicara mengenai transformasi digital, ia percaya semua model bisnis perlu bertransformasi sedemikian rupa, termasuk ke digital.  “Saya percaya model bisnis di semua industri perlu bertransformasi sedemikan rupa, suka atau pun tidak. Transformasi ini adalah hal yang perlu diperhatikan oleh manajemen . Jadi saya harap seminar ini bisa membantu Anda untuk memperkuat hubungan dengan konsumen,” ujarnya dalam sambutan kepada peserta yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut, Yoris Sebastian didapuk menjadi keynote speaker . Yoris membagikan kisahnya dalam bertransformasi, mulai dari menjadi General Manager Hard Rock Café Indonesia pada usia 26 tahun, lalu mendirikan Hard Rock FM pertama di dunia, hingga kini menjadi entrepreneur dan membuat aplikasi Inspigo.

“Menurut saya, digital itu harus. Anda juga harus berhati-hati. Maka dari itu, kita butuh strategi. Jika orang-orang membuat aplikasi, saya juga membuat aplikasi, Inspigo. Mengapa Inspigo sebuah aplikasi karena mereka (konsumen) dapat menggunakan sehari-hari dan setiap saat,” ujar Yoris.

Peserta Digital Transformation Day 2019 Indonesia sedang mendengarkan penjelasan di booth exhibition mengenai penerapan aplikasi digital dalam bisnis. - Peserta Digital Transformation Day 2019 Indonesia sedang mendengarkan penjelasan di booth exhibition mengenai penerapan aplikasi digital dalam bisnis.

Di Indonesia sendiri masih banyak perusahaan yang belum bertransformasi ke digital. Banyak yang beranggapan bahwa digital merupakan sesuatu yang besar dan susah digapai, tetapi mengaitkannya dengan aplikasi sehari-hari tentu menjadi lebih mudah dipahami.

“Misalnya dari robotik, mungkin banyak yang berpikir benar-benar robot, mesin yang memiliki tangan, padahal penerapannya lebih kepada software yang digunakan. Jadi, kami mencoba menarik perhatian mereka bahwa yang dilakukan itu mudah, lebih sederhana, dan membuat orang lebih mengerti apa itu transformasi digital,” ujar Manager Strategy & Operations ABeam Indonesia Aldi Poli.

Dalam seminar ini dibahas delapan topik yang akan membuat para peserta lebih mudah memahami mengenai transformasi digital, yaitu “Digital Transformation Journey”,” Smart Finance and Quick way to go SAP S/4HANA”,” Data Driven Manufacturing Quality”, “AI Credit Scoring and AI Lead Targeting”, “Digital Labor- Robotics Process Automation”, “Talent Management”,” Ride on Wearable Trend for Your Business”, dan “Financial Industry Transformation”.

Di masing-masing delapan topik pembahasan tersebut, ABeam Consulting memberikan solusi terbaiknya untuk bertransformasi ke digital. Tak hanya seminar, dalam acara ini juga terdapat booth exhibition yang merupakan solusi dari ABeam Consulting. Terdiri dari sepuluh booth yang memvisualisasikan bagaimana digital mudah digunakan dalam bisnis, antara lain Optimalisasi Proses Berbasis Data, Robotic Process Automation, Smart finance, Data Driven Manufacturing (IoT), dan ABeam Lightstream.

Ke depannya, ABeam Consulting akan terus mengadakan acara-acara serupa untuk memperkenalkan produk digital yang dimilikinya kepada konsumen sehingga dapat memberikan solusi.  Informasi lebih lanjut mengenai ABeam Consulting, silakan klik di sini.