Advertorial

Investasi SBR007 Beli di Aplikasi digibank, Keuntungan Cair Tiap Bulan!

Kompas.com - 15/07/2019, 11:14 WIB
- -

Digibank  adalah sebuah layanan perbankan yang memberikan full digital experience mulai dari pembukaan rekening hingga segala transaksi perbankan lainnya yang memberikan kemudahan dalam mengatur & meningkatkan finansial kamu, mulai dari investasi hingga pinjaman instan yang semuanya bisa kamu akses dalam 1 aplikasi! Untuk pilihan investasi digibank, kamu cukup download dan buka Aplikasi digibank kemudian pilih investasi pasti dengan keuntungan tinggi! Deposito atau Obligasi.

Jadi kapan saja kamu mau investasi kamu cukup buka Aplikasi digibank kapan saja dan di mana saja. Apalagi PT Bank DBS Indonesia melalui digibank dipercaya oleh Pemerintah sebagai salah satu mitra distribusi (midis), yang akan mulai menjual salah satu produk government bond dengan seri SBR007 mulai 11-25 Juli 2019.

Nomor kodenya memang sama sih 007, tapi bond yang satu ini jelas lebih hebat dari James Bond yang sekadar cerita fiksi. Government bond dengan jangka waktu selama 2 tahun ini dapat bantu kamu untuk wujudkan semua ambisi kamu, misalnya jalan-jalan mewah ke luar negeri, biaya nikah di Bali invite semua family, bahkan sampai punya rumah biar gak nebeng lagi sama mertua!

Yang menarik, menurut Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sejak produk SBR dirilis di awal tahun 2019 (SBR005 dan SBR006), generasi digital dengan rentang usia 19-39 tahun menjadi kelompok yang paling banyak membeli dengan komposisi sebesar 52,41%. Jadi, tidak heran kalau government bond disebut juga sebagai produk investasi favorit kekinian. Tapi apa sih yang membuat investasi government bond ini menguntungkan buat kita dengan membelinya lewat Aplikasi digibank?

  • Kupon 7.5% per tahun, teridiri dari BI 7-day Reverse Repo Rate
  • Registrasi & beli lewat aplikasi 24/7 tanpa harus ke cabang
  • Keuntungan / pembayaran kupon cair tiap bulan
  • Pembelian mulai 1 juta rupiah

Nah setelah kamu tahu benefit Investasi SBR007, Yang perlu kamu tahu juga adalah apa sih yang bikin beda antara investasi obligasi dan deposito? Di antaranya adanya jaminan dari negara buat kamu yang investasi SBR, sedangkan deposito mendapatkan jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Selain itu, hitungan pajak SBR pun lebih rendah yakni 15% dibanding deposito yang sebesar 20%, lalu keuntungan investasi SBR lainnya yang tidak ada di deposito adalah pembayaran kuponnya setiap bulan. Nah, kupon ini akan ditransfer tiap bulannya langsung ke Tabungan digibank kamu. Sederhananya, sembari nunggu pencairan hasil investasi selama 2 tahun, kamu tetap dapetin penghasilan per bulannya. Asyik banget, kan?

Mau tahu bagaimana cara penghitungan kuponnya? Kupon akan mengacu pada perkembangan 7 Day Reverse Repo Rate yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI), dengan jaminan kupon minimal (floating with floor) sampai dengan jatuh tempo. Jadi, ada kemungkinan nominal kuponnya naik, tapi tidak bisa turun lebih rendah daripada batas minimal yang udah ditentukan.

Kemenkeu juga sudah menetapkan tingkat kupon minimal SBR007 di angka 7,50 persen per tahun. Angka ini berasal dari suku bunga acuan BI 7 Day Reverse Repo Rate sebesar 6 persen ditambah spread (tambahan selisih yang ditetapkan Pemerintah) sebesar 1,50 persen. Tingkat kupon minimal SBR007 ini berlaku untuk 3 bulan pertama, lalu akan diberlakukan penyesuaian. Tentu tingkat kupon minimal ini masih bisa naik jika angka suku bunga acuan juga terus meningkat. Dan pastinya transaksi pembelian government bond dilindungi oleh Undang-Undang (UU) APBN dan UU No. 24 Tahun 2002. Jadi, kamu tidak perlu khawatir uangnya hilang atau nilai investasinya berkurang.

Selain itu, ada juga fasilitas early redemption atau pencairan lebih awal tanpa dikenakan biaya. Masa pencairan lebih awal ini adalah pilihan dan biasanya bisa diambil setelah setahun berinvestasi. Sedangkan, jumlah yang bisa dicairkan pun maksimal hanya separuh dari investasi awal dengan sisa saldo Rp1 juta.

Nah, untuk memulai investasi obligasi, kamu perlu yang namanya nomor SID, untuk kamu yang belum punya nomor SID (Single Investor Identification), kamu bisa melakukan pendaftaran SID langsung melalui Aplikasi digibank by DBS. Berikut langkah mudahnya:

- -
Setelah mendapatkan nomor SID, kamu sudah bisa leluasa bertransaksi SBR007 di digibank.

Selain registrasi dan transaksi, memantau investasi juga bisa dilakukan di Aplikasi digibank dari mana aja dan kapan aja yang terkoneksi secara digital selama 24/7. Hal ini membuat kamu save money dan save time, sekaligus memberikan kamu pengalaman berbeda untuk memudahkan setiap transaksi perbankan. 

Dengan kemudahan berinvestasi SBR007 yang disediakan sama digibank, makin bikin digibank intelligent dalam segala hal. Semua lebih cepat, mudah, lengkap sesuai dengan yang kamu mau hanya dalam satu aplikasi. Kamu bisa dapetin info selengkapnya tentang SBR007 di sini.

Gimana, menarik bukan? Ingat, melalui investasi kamu dapat mengejar ambisi. Daripada uang kamu tidak dikelola dengan baik, mending berinvestasi di SBR007 biar masa depan lebih pasti dan tentunya dengan berpartisipasi dalam SBR007 kamu juga sudah membantu pendidikan negara #KiniUntukNanti.

Download Aplikasi digibank di Play Store dan App Store untuk dapetin berbagai fitur banking unggulan yang selalu membebaskanmu.