Advertorial

Indonesia menuju SPBE, Smart City, dan Smart Province

Kompas.com - 18/07/2019, 14:25 WIB

Pemerintah melalui Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) berusaha mewujudkan  tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Penerapan SPBE ini melibatkan berbagai instansi pemerintah dari beberapa kementerian dan badan pemerintah. Di sisi lain, pemerintah daerah juga dituntut untuk menerapkan konsep smart city di wilayah masing-masing.

Dalam rangka memberikan panduan Rencana Aksi bagi pemerintah daerah, terkait pelaksanaan SPBE dan Smart City yang terintegrasi, Inixindo Jogja bersama dengan Blue Power Technology akan menyelenggarakan sebuah acara bertajuk “SIAP ( Step by Step Integrated Action Pemerintah Daerah ) Transformasi Digital”. Acara dilaksanakan pada 18 Juli 2019 di Marriott Yogyakarta Hotel.

Pada acara tersebut, Inixindo akan memberikan step by step konkret dari berbagai aspek penerapan smart city, smart province dan SPBE yaitu people, process, dan technology  sebagai kesatuan program  digitalisasi pemerintahan. Selain itu, dalam acara yang dihadiri oleh Diskominfo, Bappeda, dan Badan Kepegawaian Daerah dari pemerintah kota/kabupaten dan provinsi, peserta juga mendapatkan arsitektur integrasi smart city, smart province, dan SPBE, serta kepastian regulasi dari kementerian dan lembaga terkait. 

Dalam acara SIAP Transformasi Digital, akan dilakukan asesmen mandiri online indeks SPBE dan Indeks KAMI (Keamanan Informasi) sebagai ukuran target kinerja dan bank inovasi layanan smart city. Acara ini akan diisi oleh Direktur Egov Kemenkominfo, Kepala BPPT Indonesia, Kemenpan RB, dan Deputi bidang proteksi BSSN.

Acara terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama yaitu konsultasi mengenai apa itu SIAP atau step by step integrated action digital pemerintahan yang akan dipandu langsung oleh Inixindo bersama Blue Power Technology dan Kementrian terkait di simposium. Sesi kedua, peserta akan dibagi menjadi dua ruangan workshop yakni SPBE dan keamanan informasi, smart city, dan smart province. Selain itu peserta juga dapat melihat langsung demo yang terdiri dari platform teknologi command center, desa pintar, teknologi aplikasi multiplatform, IoT untuk smart city, dan demo digital skill untuk ASN.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com