Advertorial

Perhatikan Hal Ini Agar Kembali ke Sekolah Lebih Lancar dan Menyenangkan

Kompas.com - 20/07/2019, 10:27 WIB
- -

Seiring dengan dimulainya tahun ajaran baru, kembali ke sekolah menjadi momen penting bagi anak dan orangtua. Ketika kembali ke sekolah, anak dan orang tua sama-sama menyesuaikan diri dengan rutinitas baru, terutama jika ini adalah pertama kalinya anak masuk sekolah. Karenanya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar proses penyesuaian diri bagi keduanya berjalan dengan lancar.

Mulai ajari anak untuk mandiri

Usia sekolah merupakan lembaran baru dalam kehidupan anak dan orang tua. Untuk pertama kalinya, anak akan menghabiskan waktu dan berkegiatan tanpa pendampingan orang tua. Karenanya, tak ada salahnya untuk menggunakan momen ini untuk mulai mengajari anak untuk mandiri.

Mulailah dari hal yang sederhana, misalnya dengan membimbing anak untuk bersiap-siap sekolah dengan memakai seragam dan sepatu sendiri. Jelang usia sekolah, orang tua pun bisa membiasakan anak untuk makan sendiri tanpa disuapi agar ia bisa makan siang bersama teman-temannya di sekolah. Persiapkan juga kemampuan anak untuk berkomunikasi saat ingin ke toilet (toilet training) beberapa bulan sebelum sekolah dimulai.

Kenali lingkungan sekolah anak

Lingkungan ini akan menjadi “rumah” baru bagi anak selama paling tidak lima jam dalam sehari. Orang tua perlu mengenali siapa saja yang ada di dalam ruang lingkup tersebut. Paling tidak, kenali dan mintalah nomor kontak guru atau wali kelas anak. Dengan demikan, komunikasi dua arah tentang kegiatan anak di sekolah bisa berjalan dengan lancar. Jika memungkinkan, jalin pula komunikasi dengan sesama orang tua murid untuk memudahkan koordinasi urusan sekolah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain mengenal orang-orang yang ada di sekolah,  kenali pula lingkungan sekitar sekolah anak. Perhatikan titik-titik keramaian atau lokasi tertentu yang bisa digunakan sebagai landmark.

Ajak anak mempersiapkan peralatan sekolah

Bukan hanya orang tua, anak pun bisa gugup ketika akan memulai rutinitas barunya ini. Untuk mengurangi perasaan kurang menyenangkan ini, jadikanlah sekolah sebagai kegiatan yang menyenangkan. Salah satunya dengan melibatkan anak dalam mempersiapkan kebutuhan sekolah yang akan ia gunakan.

Biarkan anak memilih sendiri tas, alat tulis, hingga aksesoris yang akan digunakannya saat sekolah. Ajari juga mereka untuk menggunakan peralatan sekolah sambil mempersiapkannya, misalnya dengan melibatkan anak saat meraut pensil atau menyampul buku yang akan ia gunakan. Buat hari sekolah menjadi lebih menyenangkan dengan membawakannya bekal makanan kesukaannya.

Pastikan seragam sekolah siap dan rapi

Hindari ‘drama’ saat bersiap sekolah dengan menjelaskan jadwal seragam sekolah yang akan dikenakan kepada anak. Pastikan juga seragam sudah siap dan dalam keadaan rapi setiap hari. Agar prosesnya lebih cepat dan mudah, gunakan setrika uap untuk menyetrika seragam. Selain lebih rapi dan cepat, setrika uap juga bisa digunakan di semua jenis bahan pakaian.

- -

Salah satu perangkat setrika yang bisa dipilih adalah setrika uap Philips EasySpeed Plus GC2145. Varian terbar dari setrika uap Philips ini membantu proses setrika lebih cepat dari awal hingga selesai berkat semburan uap yang kuat untuk menghilangkan kusut membandel. Pelat keramiknya meluncur mulus di atas kain dan dilengkapi dengan teknologi drip-stop untuk mencegah kebocoran.

Dengan daya sebesar 1200 watt, Philips EasySpeed Plus GC2145 cepat hasilkan uap panas dan bertenaga. Setrika ini mampu menyemburkan uap terus menerus sebanyak 15 gram per menit untuk membuat pakaian licin dan rapi dengan cepat. Kapasitas tangkinya sebesar 270 mililiter dan menyemburkan uap hingga 110 gram. Menyiapkan seragam sekolah pun lebih mudah karena #BerkatSetrikaUapPhilipsYangKusutJadiMulus. Dapatkan informasi lebih lengkap tentang fitur dari Philips EasySpeed Plus GC2145 di halaman ini.

Pakaian bebas kusut dengan setrika uap Philips pun bisa didapatkan melalui Go-Clean dari Gojek Indonesia. Coba langsung layanan Setrika Uap dengan Philips EasySpeed Plus GC2145 yang tersedia di area Jakarta mulai tanggal 2 Juli hingga 30 September 2019 mulai dari harga Rp 40 ribu saja. Tak hanya itu, ada berbagai hadiah yang bisa didapatkan oleh pelanggan dengan menggunakan layanan ini, termasuk grand prize berupa setrika uap dari Philips. Klik di sini untuk info lebih lanjut tentang kesempatan ini.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.