Advertorial

The Big Start Season 4, Komitmen Blibli.com Majukan UKM di Yogyakarta

Kompas.com - 22/07/2019, 16:37 WIB

KOMPAS.com -  Blibli.com secara resmi membuka roadshow The Big Start (TBS), kompetisi wirausaha bagi pengusaha kreatif, termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Jumat (19/07/2019) lalu di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta.

Selain dihadiri jajaran Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, pembukaan ini juga dimeriahkan oleh 100 pengusaha kreatif. Mereka akan memamerkan produknya pada festival UMKM The Big Start, 19-21 Juli 2019.

TBS Season 4 ini merupakan wujud komitmen Blibli.com dalam memajukan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Yogyakarta.

“Inisiatif Blibli.com sangat mendukung program pemerintah dalam mendorong pertumbuhan UKM Yogyakarta melalui program TBS Season 4,” ujar Aisten Perekonomian dan Pembangunan DIY, Trisaktiyono.

Pihaknya berharap inisiatif tersebut dapat mendukung realisasi target DIY dalam meningkatkan kontribusi pertumbuhan UKM. Nantinya semua itu bermuara pada target Indonesia menjadi negara ekonomi terbesar di Asia Tenggara 2020.

Selain itu menurut Trisaktiyono, hingga akhir 2018 telah ada sekitar 258.000 UMKM di Yogyakarta yang tergabung dalam platform e-commerce.

Sementara itu, Deputry CMO Blibli.com, Andy Adrian mengatakan, pihaknya senang dan terhormat karena kepercayaan dan dukungan Pemprov DIY.

“Kami senang menerima kepercayaan serta dukungan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan merasa terhormat karena dapat berperan dalam peningkatan kompetensi pengusaha-pengusaha kreatif di Yogyakarta yang banyak dari mereka menjalankan usaha tergolong UMKM,” ujar dia.

Setia dukung UMKM di seluruh Indonesia

Blibli.com selalu setia mendukung UMKM seluruh Indonesia, termasuk Yogyakarta untuk go online sejak berdiri 2011 silam. Sekarang, telah ada sekitar 800 mitra UMKM di Yogyakarta yang tergabung di Blibli.com per kuartal dua 2019.

Angka itu meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Mereka juga menghadirkan sekitar 10.000 Stock Keeping Product (SKU) yang menunjukkan peningkatan 200 persen dibanding tahun lalu.

- -
UMKM Yogyakarta yang tergabung dalam platform Blibli.com mayoritas adalah perajin kain tenun, batik, fesyen moda, dan rumah serta dekorasi (seni kriya).

Menurut Andy, TBS yang telah masuk tahun keempat merupakan lanjutan komitmen Blibli.com untuk menyokong UMKM.

“Usaha kami sejalan dengan visi-misi program Pemerintah Provinsi Daerha Istimewa Yogyakarta untuk mendayagunakan potensi UMKM,” lanjut dia.

Seputar TBS Season 4

Kompetisi TBS Season 4 berhadian total Rp 1,3 miliar. Fokus utama kompetisi adalah empat kategori, yakni fesyen, kuliner, kesehatan dan kecamtikan (KKE), serta Kriya. Akan ada empat profesional pada setiap bidang sebagai juri.

Juri kategori fesyen adalah Founder of IKAT, Didiet Maulana, kategori KKE adalah Founder SASC Cosmetics, Priscilla Pangemanan, kategori kuliner KKE adalah Chef Marinka dari Masterchef Indonesia, dan kategori kriya adalah Founder Jakarta Vintage, Luthfi Hasan.

Nantinya peserta akan difasilitasi untuk menjawab tujuh tantangan dalam mengembangkan usah, yakni pemasaran, permodalan, jaringan, sistem teknologi, pengetahuan bisnis, pengetahuan platform online, serta kreatifitas dan inovasi.

Program TBS untuk bantu UMKM menjawab tantangan pasar:

1 Menghubungkan pengusaha kreatif dengan pasar internasional

TBS Season 4 ini akan menghubungkan pengusaha kreatif Indonesia dengan pasar internasional dengan membawa mereka ke ajang pameran luar negeri melalui kerja sama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Melalui kerja sama tersebut, Bibli.com menargetkan hadirnya UMKM Indonesia di beberapa International Expo Eropa dan AS.

2 Beri kesempatan UMKM untuk berkolaborasi dengan merek terkemuka

Para peserta TBS akan mendapat kesempatan ikut serta dalam The Creator, proyek kolaborasi yang menyatukan pengusaha kreatif dengan usaha mapan.

Akan ada 15 merek yang digandeng dengan 15 influencer, termasuk Kanva Home and Living x Hari Prast, Pipiltin Cocoa x Chef Juna, dan Chiel x Cindercella.

- -
3 Pelatihan pemasaran dan manajemen bisnis

Pendaftar TBS akan dikurasi menjadi top 100. Mereka akan masuk ke platform Blibli.com dan mendapat program pendampingan dari tim Galeri Indonesia. Selanjutnya, dipilih 20 usaha kreatif yang akan mendapat pelatihan intensif tentang berbagai keterampilan pemasaran.

Akhirnya akan terpilih empat pengusaha kreatif muda terbaik. Mereka akan mendapat hadiah sebagai modal usaha.

4 Tujuan akhir berupa peningkatan kreativitas dan inovasi

Seluruh pelatihan dan kolaborasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi produk-produk hasil usaha kreatif. Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya saing di pasar Indonesia atau internasional.

“Tidak berhenti di situ. Para peserta juga mendapat kesempatan untuk menampilkan produk-produk kreatif mereka di Galeri Indonesia, kategori khusus di Blibli.com bagi produk kreatif hasil produk lokal,” ujar SVP Trade Partnership Merchant Sales Operation & Development Blibli.com, Geoffrey L Dermawan.

TBS Season 4 ini didukung penuh Pemrov DIY, Pemprov Jawa Barat, Kemenperin, Kemenkominfo, BEKRAF, BCA, AXA Indonesia, JNE, Universitas Prasetiya Mulya, dan KontrakHukum.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com